🕋 Haji Wada'

310 7 0
                                    

Sirah Nabawiyah 28; Haji Wada'.

Hari Sabtu, empat hari sebelum habisnya Zulkaidah 10 Hijriah, Rasulullah berkemas untuk pergi ke Mekah guna melaksanakan haji wada (haji terakhir pada masa beliau). Mendengar Rasulullah akan berhaji, orang-orang berbondong-bondong turut bersama beliau.

Selepas zhuhur, beliau berangkat dan sampai di Dzul Hulaifah sebelum ashar mengambil miqat untuk umrah dan haji. Sesampainya di Mekah Rasulullah Saw melaksanakan rukun-rukun haji. Di Arafah, sudah berkumpul sekitar 124.000 sampai 144.000 orang. Beliau berkurban 63 unta, disembelih dengan tangan beliau sendiri dan 100 ekor disembelih Ali bin Abi Thalib.

Pada hari Tasyriq, beliau menyampaikan khutbah lalu turunlah wahyu terakhir yang artinya, "Pada hari ini telah Aku sempurna-kan bagi kalian agama kalian dan telah Kucukupkan kepada kaliarn nikmat-Ku dan telah Aku ridhai Islam itu jadi agama bagi kalian." (QS Al Maidah, 5: 3).

Mendengar khutbah perpisahan Rasulullah, para sahabat tidak sanggup menahan air mata. Kemudian, Bilal melantunkan azan dan disusul iqamat lalu Rasulullah mendiri-kan shalat dhuhur. Setelah Bilal melantun-kan iqamat lagi, beliau melaksanakan shalat ashar tanpa dijeda dengan shalat apa pun. Selanjutnya, Rasulullah melanjutkan pekerjaan haji hingga selesai.

Pada hari Nafar kedua atau 13 Zulhijjah, Nabi saw. melakukan nafar dari Mina hingga tiba di kaki bukit perkampungan bani Kinanah. Beliau berada di sana menghabiskan sisa hari itu dan malam harinya.

Jadi, beliau shalat zuhur, ashar, maghrib, dan isya di sana lalu tidur sejenak, untuk kemudian meneruskan perjalanan menuju Ka'bah dan melakukan tawaf wada. Beliau juga memerintahkan para sahabat untuk melakukan tawaf tersebut.

Setelah seluruh manasik haji dilaksanakan, beliau memerintahkan untuk kembali ke Madinah tanpa mengambil waktu untuk istirahat agar perjuangan ini terasa murni karena Allah Swt. dan di jalan-Nya.

➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖

Analisis Peta 28; Peta Perjalanan Rasulullah Saw Untuk Menaikkan Haji.

Analisis Peta 28; Peta Perjalanan Rasulullah Saw Untuk Menaikkan Haji

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

Tahun 10 Hijriah, Rasulullah saw. bersama kaum muslimin melaksanakan haji wada (haji perpisahan), berangkat dari Madinah dan berjalan sampai di Arj. Kemudian, melanjutkan perjalanan melalui Bi'ru Shalih, Abwa, Rabagh, Al Juhfah (Miqat penduduk Syam), Amaj, Asfan, Saraf, dan sampailah di Mekah.

Selanjutnya,beliau dan kaum muslimin memasuki Masjidilharam langsung menuju Hajar Aswad di Ka'bah dan melakukan tawaf. Lalu, beliau melakukan sai antara Bukit Shafa dan Marwah. Selanjutnya, singgah di A'la Mekah dan mendirikan kubah.

Hari Tarwiyah Rasulullah menuju Arafah melalui Thariq Dhab dan berhenti di Mina. Kemudian, menuju kaki Jabal Rahmah di Arafah, tempat wuquf. Dilanjutkan ke Masy'aril Haram melalui Thariq Mazamin, lalu ke Mina, ke Ka'bah, kembali ke Mina, dan kembali lagi ke Mekah. Selanjutnya, beliau kembali ke Madinah.

🎀🎀🎀🎀

ATLAS Dakwah Nabi Muhammad SAW (Terbit) ✓Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang