Pengabdian

161 10 0
                                    

"dan Tuhanmu sekali-kali tidak akan membinasakan negeri-negeri secara zalim, sedang penduduknya orang-orang yang berbuat kebaikan. Jikalau Tuhanmu menghendaki, tentu Dia menjadikan manusia umat yang satu, tetapi mereka senantiasa berselisih pendapat. kecuali orang-orang yang diberi rahmat oleh Tuhanmu. dan untuk Itulah Allah menciptakan mereka. kalimat Tuhanmu (keputusanNya) telah ditetapkan: Sesungguhnya aku akan memenuhi neraka Jahannam dengan jin dan manusia (yang durhaka) semuanya."

-QS. Hud: 117-119-

...

Tiga bulan adalah waktu yang cukup panjang bagi Nandita dan rekan rekannya satu fakultas. Mungkin juga satu Universitas, karena setahu Nandita, PKM dilaksanakan serentak satu universitas.

Hari ini diadakan rapat PKM bagi mahasiswa/i fakultas Kedokteran sebelum dua bulan lagi mereka akan diberangkatkan ke tempat tempat yang ditentukan oleh kampus dan dosen mereka pun dari proposal yang mereka ajukan.

"Eh.. eh.. tau nggak, rapat sekarang bakal dibantu sama kating kita yang baru lulus tahun kemarin tau" cerocos Sari

"Seriusan?? Berarti ada Kak Dito dong"

"Kak Dito siapa??" Ujar Dita

"Itu lho.. kakak tingkat kita yang kemaren dapet gelar cumlaude waktu kelulusan kemarin ih. Masa nggak tau?" Tambah Anggi

"Ng.. gak tau tuh, emang kenapa kalo dibantu mereka?"

"Ish masih gak paham aja, dia itu pinter banget, baik juga."

"Jangan lupa ganteng" serobot Ayu

"Astagfirullah... giliran ganteng aja digibahinnya panjang bet" tukas Dita

"Ah lu juga kalo udah liat mah bakal kesemsem dah" ujar Ayu

"Halah.."

Suasana kampus siang hari yang begitu panas membuat mereka, Dita, Ayu, Anggi, Rafi dan Ilham berlama lama di kantin kampus.

Allahuakbar Allahu Akbar!!

"Eh adzan tuh! Kuy sholat kuy!"

"Gue lagi dapet ah!" Tukas Anggi

"Lu mau ikutan dapet juga?" Ujar Ayu pada Ilham

"Eh.. kagak kagak, gue mau sholat kok! Raf, jagain si Anggi noh! Tar disabet buta ijo sedih lu"

"Gampang. Udah sono ibadah!"

Rafi adalah satu satunya umat Protestan diantara mereka berlima. Namun toleransinya terhadap umat beragama lainnya begitu besar. Baginya, tanpa toleransi, hidup tidak akan ada artinya, pun tiada warnanya. Dari Rafi kita akan banyak belajar tentang toleransi.

Nandita, Ayu dan Ilham beranjak dan pergi ke mesjid kampus yang juga menjadi poros tengah kampus mereka. Nandita bersama Ayu masuk melalui sisi kanan masjid sekaligus mengambil air wudhu. Sedangkan Ilham masuk melalui sisi kiri masjid dan juga mengambil air wudhu.

Kemudian mereka sholat berjama'ah.

...

Kegiatan telah selesai, dan kini saatnya mahasiswa/i semester 6 fakultas kedokteran itu berkumpul di aula yang terletak di ujung Utara kampus tersebut.

TAKE ME WITH YOU TO JANNAH (TAMAT)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang