80. Fakultas Syariah

208 22 1
                                    

*Fakultas Syariah & Hukum dan Darul Musthofa*

━━━━━⊰✿🌹✿⊱•━━━━━

🕌 Selain Ribat Tarim yang telah masyhur keberkahannya, ternyata di Tarim juga terdapat dua lembaga yang tak kalah populer di telinga masyarakat indonesia.

🕌 Dua lembaga tersebut adalah Fakultas Syariah dan hukum yang merupakan cabang fakultas dari Universitas  Al-Ahqaf yang bermarkaskan di Mukalla, ibu kota Hadramuat.

🕌 Itu yang pertama. Dan yang kedua adalah pondok pesantren yang terkenal dengan nama Darul Mustafa. Sebuah pondok yang dibangun oleh anak keturuan as-syahid al-habib Muhammad bin Salim bin Hafidz bin as-Syekh Abu bakar bin Salim.

🕌 Sekedar informasi singkat tentang dua lembaga ini, bahwa fakultas yang mencakup prodi Syariah serta Syariah & Hukum ini memulai penerimaan mahasiswa barunya pada tahun 1996/1997 M.

🕌 Fiqh imam Syafi'i, bahasa Arab dan bidang ilmu lainnya diajarakan langsung oleh para ulama Hadramaut, khsusnya para masyaikh yang berada di kota Tarim.

🕌 Adapun Darul musthafa, tepatnya dibangun tanggal 29 Dzulhijjah tahun 1416 H oleh keturunan al-habib Muhammad bin Salim bin Hafidz, seperti al-habib Ali Masyhur bin Hafidz dan al-habib Umar bin Hafidz.

🕌 Sengaja mereka bangun Darul musthafa ini pada tanggal tersebut untuk memperingati akan diculiknya ayah mereka al-habib Muhammad bin Salim bin Hafidz oleh para kaum komunis pada saat itu.

━━━━━⊰✿🌹✿⊱•━━━━━

*📝 Telah kami nukil informasi ini dari kitab ad-Dalilum Qawim, karya al-habib Hamid bin Muhammad bin Syahab.*

*Sumber : tarim.history

TAREEMTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang