السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Keistimewaan Hadhramaut dan Tarim
قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : أَتَاكُمْ أَهْلَ اْليَمَن هُمْ أَرَقُّ أَفْئِدَةً وَأَلْيَنُ قُلُوْبًا اَلْإِيْمَانُ يَمَانٌ وَالْحِكْمَةُ يَمَانِيَّةٌ .
( صحيح البخاري )Rasulullah ﷺ bersabda :
“Datang kepada kalian penduduk Yaman, mereka lebih ramah perasaannya dan lebih lembut hatinya, iman adalah pada penduduk Yaman, dan hikmah kemuliaan ada pada penduduk Yaman.”
[Shahih Al Bukhari]Jika Fitnah berlaku pergilah ke Yaman dan Negara yang didoakan Rasulullah ﷺ.
Tarim merupakan salah satu kota di negeri Yaman, tempat belajar menuntut ilmu, adab dan akhlak. Negara Yaman adalah tanah yang penuh berkah, di sana terlahir wali wali besar dan juga buminya para cucu Nabi yang sangat kita cintai. keistimewaan Yaman ini sesuai dengan hadits Rasulullah ﷺ dan bumi Yaman adalah salah satu bumi yang pernah di doakan oleh baginda ﷺ.
"Ya Allah Ya Tuhanku! berkatilah negeri Syam kami, Ya Allah Ya Tuhanku! berkatilah negeri Yaman kami."
Mereka (para sahabat) berkata, "wahai Rasulullah! (Do'akanlah) juga negeri Najd kami."
Baginda ﷺ (terus) berdoa, "Ya Allah ya Tuhanku! berkatilah negeri Syam kami, Ya Allah Ya Tuhanku! berkatilah negeri Yaman kami."
baginda ﷺ bersabda, "Padanya (Najd) (berlaku) gempa bumi, fitnah, dan tempat munculnya tanduk syaithan."Siapakah yang tidak ingin untuk menjejakkan kaki ke bumi yang pernah didoakan oleh penghulu segala Anbiya' dan Mursalin, sayyiduna Rasulullah ﷺ?
Di dalam hadits yang lain baginda ﷺ bersabda :
"Sesungguhnya aku mendapati nafas 'ar-Rahman' dari sebelah sana." Dan baginda ﷺ mengisyaratkan ke arah Yaman.Di dalam riwayat lain baginda ﷺ bersabda :
"Sesungguhnya aku menemukan nafas 'ar-Rahman' dari arah Yaman."Yaman yang dikabarkan oleh baginda ﷺ
Mengenai sifat ahlinya, yaitu :
"Telah datang kepada kalian orang orang Yaman. mereka ini adalah orang-orang paling halus sanubarinya dan paling lembut hatinya. Keimanan itu ada pada orang Yaman dan hikmah itu ada pada orang Yaman."Dan di dalam riwayat yang lain disebutkan :
"Keimanan itu ada pada orang Yaman, fiqih itu ada pada orang Yaman, dan hikmah itu ada pada orang Yaman."Di dalam kitab al-Fadhoil al-Yaman, seorang ulama hadist yaitu al-Hafidz al-Quraisyi menyebutkan, Sayyiduna Abu Dzar Al-Ghiffari RhadiAllahu'anhu, meriwayatkan, Rasulullah ﷺ bersabda : "Jika timbul fitnah, hendaklah kalian (tinggal) di Yaman, karena (tempat) itu diberkati."
Dalam sebuah hadits lain disebutkan : "Sebab penduduknya (orang-orang Yaman) bersifat pengasih, tanahnya diberkati, dan ibadah di sana pahalanya besar."
Dan di dalam kitab Wasilatul Muta'abbidin, tercantum sebuah hadits dari Sayyidina Jabir bin Abdullah al-Anshari, Rasulullah ﷺ bersabda : "Sepertiganya keberkatan dunia kembali ke Yaman. Barangsiapa yang ingin lari dari fitnah hendaklah dia lari ke Yaman...."
Demikianlah sedikit tentang Keistimewaan bumi Yaman sebagaimana yang terdapat dalam riwayat :
"Qolbu (hati) Yaman itu adalah Hadramaut, manakala Qolbu (hati) Hadramaut adalah Tarim..."Keutamaan Hadhramaut
1. Diriwayatkan bahwasanya dulu Raja yang mulia, Abdullah bin Rasyid berkata :
“Di negriku (Hadhramaut), ada 3 perkara yang aku banggakan dari pada negeri-negeri lain, yaitu : Yang pertama, tidak didapati di dalamnya hal yang haram. Yang kedua, tidak ada pencuri (maling). Yang ketiga, tidak ada orang yang membutuhkan, yaitu karena mereka saling berhubungan dan saling rukun.”2. Habib Ali bin hasan Al-Atthas berkata, “Hadhramaut utama dari selainnya sebab 4 hal, yaitu : sebab ziyarah NabiyAllah Hud 'alaihissalam, banyaknya ahlul bait, menghidupkan Ramadhan, & musim gugur.”
3. Dikatakan kepada Syaikh Abdullah bin As’ad al-Yaafi’iy tatkala mengarang kitabnya (Roudhurroyyahin) :
“Sungguh telah engkau sebutkan kebanyakan para ulama dari berbagai penjuru sedangkan engkau tidak menyebutkan ahli hadhramaut?” Beliau menjawab, “Aku meninggalkan mereka (tidak menyebutkan mereka) hanyalah karena banyaknya mereka dan terkenalnya mereka.”4. Al-Maghriby berkata dalam perjalanannya ke Hadhramaut dan ziyarah kepada tokoh-tokohnya, “Sesungguhnya mereka lebih menyerupai malaikat.” Habib Ali bin Muhammad al-Habsyi berkata, “Andaikata ia mengetahui hakekat mereka, pastilah mereka itu lebih agung dari pada malaikat, adapun malaikat makshum dengan nash al-Quran.”
Keutamaan Tarim
1. Tarim disebut MADINATUSSHIDDIQ RadhiAllahu'anhu (kotanya Sahabat Abu Bakar ash-Shiddiq RadhiAllahu'anhu) karena pegawai beliau, Ziyad bin Labid al-Anshory tatkala mengajak untuk membaiat Sayyidina Abu Bakar ash-Shiddiq RadhiAllahu'anhu, yang pertama kali menjawab adalah penduduk Tarim, dan tidak berselisih salah satupun dari mereka. Lantas ia menulis surat kepada Sayyidina Abu Bakar ash-Shiddiq RadhiAllahu'anhu. Maka Beliau berdoa kepada Allah untuk mereka dengan 3 doa : “Semoga Tarim menjadi makmur, diberkahi pada airnya, dan banyak sholihin di dalamnya.”
2. Syekh Abdurrahman bin Muhammad as-Seggaf berkata kepada putra beliau, Syekh Umar al-Muhdhor : “Sungguh telah dimakamkan di Zambal (nama pemakaman di Tarim) 10.000 wali dan 80 diantaranya mencapai tingkat Quthb.” [kalam Habib Alwi bin Syihab]
4. Mereka berkata : “Jalanan Tarim adalah guru dari pada orang yang tidak memiliki guru.” [biografi Habib Ahmad al-Atthas]
5. Habib Abdul Qodir bin Quthban berkata : “Sesungguhnya Syekh al-Adni tatkala mengetahui bahwa beliau akan meninggal di selain Tarim, beliau menangis.” [kalam Habib Alwi bin Syihab]
Dikutip dari kitab Fawaid Mukhtarah