Bila saja waktu memutar pertemuan kita. Aku rasa, tidak akan kehilanganmu? Menikmati hari-hari dengan bayangan tidak pernah dimengerti sebelumnya. Entah mengapa kamu hadir didalamnya? Padahal sudah lama aku memutuskan untuk tidak hadir. Namun perasaan itu tetap saja ada, walaupun kota yang disinggahi tidak pernah sama, bagaimana bisa aku melupakanmu? Seorang mencintaiku dengan ungkapan penuh perasaan, tetapi bukanlah dia. Melainkan kamu yang selalu membanyangi di setiap kehidupan. Lalu bagaimana bisa menggenyahkanmu? Sungguh aku ingin menghilang dalam bayanganmu walau sehari saja.
Sejujurnya aku tidak mengerti tentang perasaan yang kumiliki, karena ini menakutkan tentang ada dan tiada dirimu. Tapi bagaimana bisa seorang dirimu, aku jauhi sebelum rasa itu hadir dan membuatku lebih mencintai dari seharusnya. Lalu apakah aku ada di matamu? Tidak seharusnya memutuskan meninggalkanmu, itu tidak akan pernah memberatkan hatiku. Namun apa dayaku saat terjebak dalamnya cintamu. Sungguh, tidak pernah tahu bila takdir mengukir kisah seperti ini.
Aku penasaran dengan dirimu seperti apa? Dua belas tahun lamanya aku tidak melihatmu, entah mengapa bertahan diantara bayangan yang tak pasti dari seorang dirimu. Apakah pernah kamu pikirkan bagaimana bisa aku mengalah pada takdir yang menyiksa sisi batin, aku tidak pernah mengerti macam apa cinta sesungguhnya. Dan kamu tidak akan tahu bagaimana aku merindukan sosokmu, yang terus saja mengeluti malam kesepian. Aku tidak pernah berpikir mencari kepastian darimu, karena aku begitu takut bila kamu tak ada untukku. Aku juga tidak mau menyimpan perasaan tidak pasti oleh siapa diperjuangkan. Dengan demikian, aku menunggu waktu dimana saatnya tiba. Toh, bila kita berjodoh akan ada hari dan waktu yang tersisa untuk kita habiskan bersama.
Kisah ini bermula dari seorang anak desa yang meninggalkan kasihnya untuk menempuh pendidikan lebih baik, tetapi takdir mempermainkan perasaan diantara keraguan bahwa cintanya dipupuk dari bayangan seorang programer. Bermula kesaksian kosong bahwa ada perasaan kesepian yang dialaminya, setelah meninggalkan seorang yang diharapkan. Aku berpikir bahwa itu sebuah lelucon yang tidak pernah nyata, bahwa cinta berbalik mencintainya. Sesulit itukah menyatakan cinta? Tapi bagaimana bisa seorang gadis yang mengutarakannya. Itu ilusi belaka, terbangun dari bayangan yang tidak pasti. Sekalipun pria tersebut nyata dalam bayangannya, seorang yang selalu menghibur diantara kerinduan hati walaupun tak terbalas dengan nyata. Pada nyatanya dia sedang membangun takdirnya agar menjadi nyata.
Bahwa penyiksaan bayangan akan mengungkap sebuah fakta. Pria programer akan datang menghampiri waktunya. Tapi bagaimana bisa seorang yang tidak memiliki kendali waktu mampu menghadirkan dari ketidaknyataan menjadi sesuatu hal yang disebut takdir sesungguhnya. Permainan macam mana menjadi drama dikedua belah pihak. Seorang terlahir tidak sempurna dapat menyempurnakan banyangan cukup indah dan sangat nyata. Sesungguhya, dasar takdir hanyalah Tuhan yang memiliki, tidak akan ada yang kuasa bisa mewujudkan atas kehendak-Nya. Tetapi dia bernegosiasi dengan kehendak Tuhannya dan bertambah tidak masuk akal bila terjadi di dunia nyata.
Namun Tuhan mampu mewujudkan harapan kosong yang tak pasti kepada siapapun yang dikehendakinya. Maka langkah kita sebagai manusia hanyalah mampu berusaha dari apa yang tidak pernah terjadi menjadi mungkin terjadi. Karena Tuhanlah yang mampu menghendakinya, atas siapapun yang memintanya dengan sungguh-sungguh.
Bukti nyata perjuangan cinta berawal dari banyangan biasa, mampu menjadi pelajaran. Cinta tidak dapat disembunyikan dengan kata-kata, tetapi do'alah yang mampu menyingkap siapapun menjadi jodoh diakhir hidup kita. Memang dia tidak pernah pasti untuk hadir namun ketahuilah siapapun mampu mengunggkap tabir tidak nyata menjadi nyata, seperti itulah kuasa-Nya. Kita hanya menunggu giliran waktu yang di tetapkan-Nya. Tidak semua digesa-gesakan menjadi nyata. Usahamulah adalah ikhtiar, yang mampu menolongmu dari kehendak Sang Agung.
Pernahkah kamu menyulusuri lorong kosong dan hampa? Seperti itulah cinta berawal, ia tidak pernah pasti kepada siapa yang dikehendakinya. Tetapi bermula sangat pasti, ada kehendak yang memilikinya. Karena cinta bermula dari sebuah permainan nama tak pasti menjadi keluhan hati menyakiti. Lalu bagaimana bisa manusia seperti kita berbuat sesuka hati dari nurani menuju kebencian yang tidak habis hitungan jari. Caci-mencaci menjadi lebih nyata dibandingkan dengan bertutur kata yang baik.
Perlukah cinta mengandung rasa sakit yang teramat dalam dari sang pemiliknya. Apakah cinta selalu menyakitkan dari yang memilikinya? Bukankah kehadiran cinta lebih nyata, membawa indahnya aliran yang menikmatinya. Siapakah berjalan dihamparan pasir kusam? Menitikkan air mata ditengah malam sunyi, bersembunyi dibalik selimut kedinginan. Dan bagaimana bisa kamu katakan cinta kepada seorang yang kamu sakiti hatinya. Bisakah kamu menyembuhkan dari semua yang telah kamu lukai?
Dia pernah menggatakan bahwa banyangan hitamnya lebih menyulitkan dibandingan dengan cinta suci yang dibangunnya. Tetapi mimpi itu tidak memberikan tabir warna menyakinkan, bagaimana bisa aku percaya padamu? Kamu tidak pernah hadir disisiku apalagi berada dekat denganku, bagaimana bisa aku mengenalimu dalam sekejap? Dialah pria yang menjadi programer dihidupku. Menghabiskan waktu dengan cara yang diperbuat atas kehendaknya seakan-akan akulah pilihan seorang gadis yang menjadi istrinya di masa depan.
Gadis itu adalah dirimu Reyna, Reyna Aditya Nirmasha. Seorang diciptakan karena kehadirannya dipersembahkan kepada pria programer sepertiku, Erlangga Satria Nino. Nino, Aku berada dibanyanganmu.. ! yang tidak pernah nyata tersentuh. Tetapi kehadiranku, bukanlah sebuah kesengajaan karena ingin bertemu denganmu, tetapi nyata dari lubuk terdalam bahwa aku telah siap berada dekat denganmu. Sejauh ini, aku mempersiapkan segalanya. Kemungkinan tetap saja akan terjadi di antara kita, dengan begitu aku menunggu. Agar kamu Pikirkan segalanya, bahwa ini tidak cukup tentang aku dan kamu, tetapi lebih nyata dari semua yang aku miliki sebelumnya. Tidak ada yang bermula dari kebetulan. Segalanya sudah terencana amat sempurna, kita meninggalkan jejak tersembunyi yang belum bisa kita sentuh. Takdir seorang manusia tercipta dari segala cinta pemiliknya.
Kita selalu membicarakan dari siapa dan siapa banyangan itu tanpa memikirkan cinta itu tumbuh dikedua belah pihak? Tanpa memikirkan bagaimana permulaan takdir itu mengatakan bahwa ada kejutan, sekarang memulailah dari tidak pernah mengerti menuju mengerti. Karena waktu membawamu lebih matang untuk memikirkannya, siapapun dapat memprogramkan segalanya. Walaupun tanpa kendali yang nyata, dengan begitu kehendak Tuhan lebih nyata.
KAMU SEDANG MEMBACA
SYAIKA FALLING IN LOVE "Yang Terdalam"
Historia CortaKamulah seorang yang menjadikan ruang rindu menghiasi hati sang gadis kesepian. Merefleksikan dalam ungkapan diksi berbuah karya untukmu, kak Ai; aku persembahkan.. Catatan kecil yang tidak dapat aku sampai namun membisikannya diantara kata (rindu)...