ryujin dan empat lainnya dibawa ketempat lain yang ngga begitu jauh dari kelompok mereka. dipisahin.
udah mau nangis aja tapi ngga jadi karena bisa-bisa nasibnya makin parah. gitu pikirnya.
kelima maba ini berjejer di depan kak changbin sambil berdiri. dimulai dari jeno di paling kiri dan ryujin di paling kanan.
"gua kasih waktu 3 menit buat kalian untuk merenungkan apa kesalahan kalian masing-masing. nanti gua bakal tanya satu-satu. ngerti?" kata changbin memulai. "oh ya, gua gaperlu teriak-teriak lah ya kayak yang lain. lo pada pasti kedengeran kan?"
ngga ada yang berani jawab.
"yang paling kanan, kedengeran kan apa yang gua bilang tanpa harus teriak-teriak?"
ryujin kalang kabut. apasih tadi katanya harus ngerenungin kesalahan, sekarang malah disuruh jawab pertanyaan.
"i-iya kak kedengeran."
"oke bagus."
satu menit
dua menit
tiga menit
dan ryujin ngga yakin kesalahan dirinya sendiri itu apa.
"oke mulai dari lee jeno, tau kesalahan lo apa?"
serius deh, padahal jarak ryujin sama jeno tuh jauh karena tiap maba jaraknya lumayan renggang. tapi suara kak changbin ((yang katanya ngga teriak)) kedengeran banget di telinga ryujin.
ryujin merhatiin keempat anak lainnya karena dia giliran terakhir. siklusnya tuh gini, kak changbin nanya-maba menjawab-kak changbin ngomel di depan muka abis abisan-maba ngga ada kesempatan buat membela diri karena emang salah.
kalo lee jeno, kesalahannya karena ke toilet ngga minta izin ke kak changbin. btw, lee jeno ini salah satu dari 3 orang yang ryujin ajak kenalan di hari pertama ospek. yang diinget ryujin dengan nama jono. ganteng sih anaknya.
han jisung dan choi beomgyu, kesalahan mereka karena dateng telat saat ospek. jisung hari pertama dan beomgyu hari kedua.
kalo choi lia, yang ryujin baru sadar kalo dia satu kos sama gadis itu, karena ketauan pake liptint. kena sama kakak panitia yang jaga gerbang dan dilaporin ke kak changbin.
"nah yang terakhir, shin ryujin lo tau kesalahan diri lo apa?"
ryujin menggumam ragu. "gara-gara tadi mau makan roti pas narasumber udah mulai ngomong?" ryujin malah nanya balik.
"kok nanya gua? yang buat kesalahan kan lo sendiri."
"iya itu kak...kesalahan saya yang saya sebut tadi."
"duh terlalu polos sama ngga sadar diri tuh beda tipis ya."
ryujin dalam hati cuma :( :( :(
"masa harus gue yang sebutin sih?"
ryujin gigit bibir bawahnya. masih berusaha nyari kesalahan dirinya sendiri tapi ngga nemu-nemu. kayaknya seharian ini dia ngikutin semua peraturan yang ada.
"masih ngga tau juga? iya?"
changbin ngehela nafas, "lo gua perhatiin ngobrol mulu sama anak kelompok sebelah. kan udah dikasih tau, hargain narasumber yang lagi ngomong di depan! lo semua tuh udah jadi mahasiswa, masa masih ngga tau caranya ngehargain orang?!"
"iya kak saya minta maaf," ujar ryujin yang ngga berani natap muka changbin di depannya.
"lagipula gua tanya nih, lo ngga akrab sama kelompok lo sendiri? sampe gua perhatiin dia mulu yang lo ajak ngomong."
ryujin mau membela diri sendiri juga ya gimana. ini emang salah dia. tapi bukan ryujin doang kok yang mulai ngajak ngobrol, hyunjinnya sendiri juga kadang mulai duluan.
"kelompok ini tuh keluarga pertama lo di kampus! kalo ngga kenal ya kenalan lah. punya mulut kan? udah gede kok ngga berani."
kalo ada yang zoom muka ryujin, bisa dilihat udah ada genangan air di matanya. bibirnya juga udah melengkung ke bawah.
"berlaku juga buat semuanya ya, saling koreksi diri sendiri! paham ngga?"
huft. kalo ryujin masih lanjut dimarahin, kayaknya tangis gadis yang masih nundukin kepalanya ini bakal pecah detik itu juga.
semuanya ngangguk. dan setelah puas nyemprot adek-adeknya, lima orang ini disuruh balik ke kelompok sama changbin buat gantian sama giliran selanjutnya.
muka ryujin udah ngga karuan sekarang. nahan nangis, pucet, dan bete gara-gara abis dimarahin.
***
kegiatan eval udah selesai dan kelompok ryujin yang udah kembali lengkap anggotanya lagi dengerin kak changbin ngomong perihal kelanjutan ospek.
"pada megang buffalo kan? coba angkat buffalonya masing-masing."
untung aja ketemu renjun tadi pagi.
"udah pada buat kelompok buat ospek fakultas?"
ada yang nganggukin kepala, ada yang ngegeleng, ada yang diem aja kayak ryujin. baru inget dia kan baru berdua doang sama hyunjin.
"oke gapapa sih, karena ospek fakultas masih hari kamis dan buffalonya juga digunain buat ospek fakultas nanti," jelas kak changbin.
tiba-tiba ada maba yang angkat tangan, si beomgyu. "kak maaf, terus kenapa harus dibawa sekarang ya buffalonya?"
pertanyaannya menyuarakan isi hati ryujin. ngga terima lah dia udah panik setengah mati demi selembar buffalo yang nyatanya bakal dipake buat hari kamis. bercanda kali nih kak changbin.
"bagus pertanyaannya. tujuannya supaya lo semua tuh patuhin perintah. gua tau pasti ada yang mikir 'ah cuma selembar doang'. tapi kalo hal sepele aja kalian gampangin, gimana nanti kedepannya? ngerti kan?"
"ngerti kaaak."
"shin ryujin, kamu kenapa ngga jawab?"
fak
"jawab kok kak tadi," alibi ryujin.
"saya tau kalian semua capek, tapi tolong ya hargain yang lagi ngomong di depan kalian."
ryujin yang masih dalam mode bete gara-gara eval tadi cuma iya iyain penjelasan changbin. ngga lama changbin menutup kegiatan hari ini dan ngingetin lagi buat ospek hari ketiga.
"oke kalian boleh pulang. besok jangan lupa pakai pakaian olahraga, cewe baju item dan cowo baju putih. dan tolong banget saling mengakrabkan diri kalian ya."
sindir aja terus kak changbin.
***
btw kalo alurnya agak kelamaan maaf ya guys soalnya emg buku ini aku buat untuk nyeritain kehidupan mereka sebagai maba mulai dari ospek sampe di perkuliahan nanti.
enjoy bersama mereka ya!
KAMU SEDANG MEMBACA
new chapter
Fanfictionsemuanya berawal di bulan agustus. dimana ryujin yang gampang panik dan sering clueless bisa temenan sama hyunjin yang santuy parah. hwangshin's daily life as a college students.