Sore itu, merupakan sore yang terindah bagi Fajar. Sore di tanggal 16 November 1999 adalah sore yang spesial karena hari itu dia memiliki seorang adik laki-laki yang sangat amat tampan dan mungil. Tangisan bayi tersebut membuat Fajar yang berusia 4 tahun tersenyum lebar namun ia merasa kebingungan juga karena bayi tersebut tak kunjung diam.
"Yah, Adeknya ga bisa diem ih masa nangis mulu." Kata Fajar sambil melihat kondisi adiknya yang masih menangis.
"Maklum Jar, adek kan masih bayi. Jadi yaa cuma bisa nangis aja, lagian kamu juga dulu sama kayak adek loh. Cuma kamu lebih berisik nangisnya haha" Sahut Ayah sambil mengusap kepala Fajar.
"Emang Fajar dulu nangis mulu ya yah? Ih Fajar cengeng yaa dulu Yah hehehe" Fajar tertawa saat mendengar perkataan Ayah saat ia masih bayi.
Tiba tiba Ayah jongkok untuk menyampaikan sesuatu kepada Fajar. Fajar menatap lekat lekat mata Ayah.
"Jar, kamu sekarang punya tanggung jawab. Kamu udah jadi Aa buat adik kamu, kalo Ayah udah ga ada ya kamu yang jadi tanggung jawab buat adik kamu. Kamu jagain adik kamu, kamu sayangin adik kamu, kalo udah gede nanti Ayah cuma mau kalian bisa akur yaa! Ayah percaya sama Fajar, Aa pasti bisa jalanin semuanya kan? Pelan pelan nanti Aa bakal paham sama semua ini kok." Fajar mendengar kata Ayah kemudian tersenyum dan berkata,
"Asyik! Fajar jadi Aa dong yeyy! Fajar janji yah! Fajar mau jadi Aa yang baik dan sesuai kata ayah hehe! Fajar sayang adek hehe." Kemudian Fajar menatap sosok bayi kecil yang berada di tempat tidur khusus bayi.
"Bunda, Fajar jadi Aa yaa sekarang! Fajar mau tau nama adeknya siapaa? Siapaa bun?" Tambah Fajar sambil bersandar pada Bunda yang berada di kasur.
"Namanya Muhammad Shohibul Fikri, Aa Fajar bisa panggil adek apa aja deh suka suka Aa"
"Bun, Fajar mau panggil dedek Ibul ajaaa yaa! Lucuuu soalnya hehe" Fajar tersenyum lebar ke arah Bunda dan memeluk Bunda erat.
"Bun, Fajar sayang Bunda, Ayah, sama dek Ibul!" Tambah Fajar sambil memeluk Bunda.
Kemudian Fajar turun dari kasur Bunda dan menuju tempat tidur Ibul.
"Ibul, cepet gede ya kamu! Biar Aa ada temen main sepeda. Aa sayang Ibul!" Fajar menatap sosok bayi yang sedang tertidur pulas karena kelelahan menangis.
"Aa janji jagain Ibul, Aa mau nemenin Ibul terus, Aa mau ikutin Ayah yang harus tanggung jawab sama Ibul. Adek makan yang banyak yaa biar cepet gede" Tambah Fajar.
Dan hari itu Fajar sudah memiliki tugas yang lumayan berat namun Fajar bukanlah seorang anak laki-laki yang mudah menyerah, tugas tersebut bukanlah beban baginya. Menurut Fajar tugas tersebut adalah misi yang memang Tuhan beri untuknya di dunia ini.
KAMU SEDANG MEMBACA
Brother Complex
Hayran Kurgu"Kalo Aa udah ga bisa jagain lu, lu bisa jaga diri sendiri kan dek?" - Fajar Alfian, 24.