Jangan Main-Main dengan Jamur Ajaib
===========•••===========Aku kira para net citizen itu hanya berguyon tentang yang satu ini. Setelah lampu ajaib, karpet ajaib, dan kerang ajaib, rupanya ada juga yang namanya jamur ajaib.
Dimulai dari aku yang membaca salah satu postingan di internet. Ada topik seru tentang tanaman yang memiliki spora dan tanaman itu bisa tumbuh di kotoran sapi. Bahkan sebutannya di Indonesia adalah jamur ta* sapi.
Sebenarnya jamur ini memiliki banyak nama, diantaranya; Wong Kalung dan Sacred Mushroom, tetapi yang paling dikenal namanya adalah Magic Mashroom.
Magic Mashroom tergolong dalam Psilocybin Mashroom yang mana jenisnya ada banyak sekali. Sampai ratusan jenis.
(i.pinimg.com)
Bentuknya serupa jamur payung, memiliki tinggi kurang lebih tujuh senti meter, berwarna putih untuk jamur yang masih muda, dan akan berubah warna menjadi cokelat abu-abu sampai dengan cokelat tua; kalau digoreng dengan omelette, warnanya berubah menjadi biru.
Jika dipotong tudung atau batangnya, akan keluar sejenis getah berwarna biru/hitam yang menjadi ciri khas dari jamur ini. Kalau getahnya berwarna merah dan berbau busuk, maka jangan coba-coba dimakan karena biasanya jamur dengan ciri seperti itu adalah jamur yang beracun.
Wait, apakah magic mahsroom bisa dimakan? Tentu. Menurut pengakuan orang yang pernah memakannya, magic mushroom memiliki rasa yang pas untuk cemilan krispi dengan cara digoreng dengan tepung seperti membuat gorengan. Rasa yang luar biasa mengingat tempat di mana jamur ini tumbuh.
Sumber lain mengatakan magic mashroom memiliki rasa yang pahit. Mungkin tergantung bagaimana mengolahnya sehingga rasa pahit tersebut bisa tersamarkan. Anyway, bukan hanya rasanya yang lumayan enak saja, yang membuat orang mau mencicipinya.
Tidak sedikit orang yang penasaran dan ingin mencoba sensasi berhalusinasi setelah mencoba magic mushroom.
Menurut informasi yang kubaca, setiap orang akan merasakan sensasi halu yang berbeda. Jika dilihat dengan kasat mata, orang yang memakan magic mushroom akan terlihat seperti gila dalam beberapa saat.
Panca indera seseorang akan merasakan hal-hal yang belum pernah dirasakan sebelumnya. Bisa dalam rentang waktu beberapa menit sampai dengan beberapa jam, tetapi tidak pernah lebih dari satu hari.
Sesuai dengan namanya, magic mashroom memiliki efek magic.
Halusinasi yang dirasakan oleh pengonsumsi magic mashroom adalah seperti berikut:1. Panca indera menjadi berlipat-lipat lebih peka. Contohnya dalam suatu kasus, pandangan mata berubah menjadi 360 derajat. Artinya, seseorang bisa melihat orang yang ada di belakangnya tanpa harus balik badan atau menoleh ke belakang.
2. Peningkatan kreativitas, logika, konsentrasi, fokus, dan detail.
3. Melihat benda mati bergerak-gerak, berubah bentuk, atau menjadi hidup dan berbicara padanya. Tidak bisa membedakan khayalan dan kenyataan.
4. Berubahnya efek visual pada pengelihatan seperti warna menjadi pastel, solid, blur, atau bahkan melihat bentuk menjadi terlalu pendek atau terlalu panjang.
5. Halusinasi yang dirasakan sesuai dengan situasi psikologis pengonsumsi. Inilah yang menyebabkan sensasi yang dirasakan pengonsumsi jamur ajaib ini berbeda-beda, karena pada dasarnya kondisi psikologis setiap manusia itu berbeda.
6. Emosi yang membuncah. Merasa terlalu tenang, santai, atau mood bahagia yang berlebihan, seolah lupa dengan semua masalah hidup yang sedang dialami. Namun ada juga yang sebaliknya, merasa menderita, berkeringat, pusing, disorientasi atau linglung, kejang, serangan panik, ketakutan atau paranoia; merasa berada di tempat yang tidak menyenangkan. Bahkan ada yang bilang dapat merasakan sensasi bertemu 'Tuhan'. Tentunya perasaan-perasaan seperti itu tidaklah nyata.
7. Efek magic mashroom lain pada tubuh adalah mati rasa, tekanan darah dan detak jantung meningkat, mulut kering, mual, muntah, otot lemas, kedutan, panas tinggi, menggigil, dan tidak bisa mengendalikan kapan harus buang air kecil.
Yang menjadi pertanyaan sekarang, apa yang menyebabkan halusinasi tersebut dapat terjadi?
Jawabannya adalah zat psilokibina (psilocybin) dan psilocin yang terkandung di dalamnya. Kedua bahan kimia tersebut tergolong obat kelas A ilegal di Inggris. Wow, si jamur ajaib terlarang di Inggris.
Namun beda halnya di Republik Ceko dan Spanyol, magic mashroom malah legal untuk dibudidayakan. Wew. Kenapa bisa begitu, ya? Aku pun belum tahu mengapa.
Di Indonesia sendiri, psilocybin mashroom termasuk dalam narkotika golongan I berdasarkan Undang-Undang Narkotika Nomor 35 Tahun 2009. Penjual dan penggunanya dapat dipidana. Karena itulah, jangan pernah mencoba jamur ini hanya karena kepo.
Jangan ikut-ikutan netizen di media sosial yang 'katanya' sudah pernah menelan magic mashroom. Dari ribuan pernyataan mereka, yakinlah tidak semuanya benar. Boleh jadi 99%-nya hanya dongeng alias bualan saja. Karena faktanya jamur ini merupakan salah satu jenis narkoba yang dilarang untuk dikonsumsi.
Mengonsumsi magic mashroom dapat menyebabkan seseorang kebal terhadap psilocybin. Efek halusinasi akan berkurang. Jadi, pemakai harus menambah porsi jamur yang lebih banyak untuk dapat merasakan sensasi halusinasi seperti pertama kali mencoba. Berikut adalah hal-hal yang dapat terjadi pada orang yang sering mengonsumsi magic mashroom menurut hellosehat.com:
1. Pola pikir berubah menjadi kacau dan tidak teratur.
2. Fungsi kognitif otak menurun.
3. Menimbukan perilaku impulsif yang berisiko dan tidak pikir panjang.
4. Perubahan suasana hati yang drastis dan tidak terduga.
5. Kematian karena tindakan sembrono dan berbahaya
Manteman, sampai di sini dulu infomasi yang bisa kuberikan tentang magic mashroom. Sampai jumpa di chapter berikutnya dengan topik yang berbeda. Oh, ya, coba klik multimedia. Di situ ada video yang menggambarkan pengelihatan dari sudut pandang pengonsumsi magic mashroom.
♡(> ਊ <)♡
Sumber:
https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/efek-magic-mashroom/ Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
https://reportasenews.com/khasiat-magic-mashroom-dapat-me-reset-otak-agar-tidak-depresi/ Ditulis oleh: HS Gautama
https://id.quora.com/apa-itu-magic-mashroom Ditulis oleh: Widyo
Topik tentang Narkotika dipublikasikan tanggal 6.6.2020
KAMU SEDANG MEMBACA
Mini Riset! - Topik Acak Menarik
Não FicçãoDalam rangka memenuhi program RAWS Batch 2 RAWS Authorship dan Festival: Authorship Celebration - 2020 - #AuthorNote : If you reading this story on any other platform OTHER THAN WATTPAD, You're very likely to be at risk of a MALWARE ATTACK. If you w...