Bumi Seribu Benteng, Negeri Khalifatul Khamis
===========•••===========
This area when viewed in the map, located at one of the foot from the island who shape be similiar to the letter K.
Peta Sulawesi - Google Map
Be one of its legs that seemed to the step forward. Like a step my journal will also start the stories and memories, that will surely fill one side of the heart which also be lesson.
===========•••===========
(Di atas adalah kutipan indah dari video berjudul Beauty of SouthEast Sulawesi.)
Kota Baubau menyimpan catatan sejarah akan kebesaran tanah air di masa lalu. Di sana terdapat kampung adat yang masih dijaga dan dilestarikan budayanya hingga saat ini. Tiga kilometer dari pusat kota, kampung adat Wolio terletak di dalam kompleks Benteng Keraton Buton.
Pada masa pemerintahan Raja Murhum (1491-1537), pengaruh Islam telah masuk di Buton dan sedikit demi sedikit mengubah tatanan kehidupan yang sesuai dengan nilai-nilai Islam. Hinduistik perlahan menghilang. Era Raja ke-6 ini merupakan era peralihan status dari bentuk kerajaan menjadi bentuk kesultanan. Raja Murhum juga dikenal sebagai Raja terakhir dan Sultan pertama di Buton.
Bendera Longa-Longa - Wikipedia.com
Kalimat berbahasa Arab dalam bendera tersebut bertuliskan gelar bagi Sultan Buton: Sultan Kaimuddin. Sultan Buton juga memiliki gelar Khalifatul Khamis yang artinya Sultan Buton sebagai Khalifah kelima yang akan melanjutkan perjuangan para sahabat Nabi Muhammad shalallahu alaihi wasallam dalam memperjuangkan agama Islam.
Hikayat Negeri Buton.
Setiap daerah memiliki legendanya sendiri-sendiri. Ada satu legenda terkenal di Buton yang dikisahkan ke dalam teks Hikayat Negeri Buton. Legenda ini bercerita tentang seorang gadis yang ditemukan di dalam buluh gading (bambu kuning) yang tumbuh di atas bukit Lelemangura. Anda tidak salah membaca ada gadis di dalam pohon bambu. Ingat, ini hanya legenda, jadi jangan diambil serius.
KAMU SEDANG MEMBACA
Mini Riset! - Topik Acak Menarik
NonfiksiDalam rangka memenuhi program RAWS Batch 2 RAWS Authorship dan Festival: Authorship Celebration - 2020 - #AuthorNote : If you reading this story on any other platform OTHER THAN WATTPAD, You're very likely to be at risk of a MALWARE ATTACK. If you w...