setelah kejadian mark dan hussein yang bertengkar di pinggir lapangan. mark, hussein maupun sena menjadi buah bibir seantero sekolah.
apalagi untuk kejuruan farmasi dan tkj. bisikan demi bisikan selalu terdengar kala mark, hussein atau sena lewat di depan mereka, para penggosip.
"udah ga usah di dengerin." amel mengusap punggung sena, menggenggam tangan yang dingin itu karena seketika selalu gelisah setiap mendengar namanya disebut oleh orang yang bahkan tidak ia kenal.
sena mendudukkan diri di kursinya. badannya ia sender kan ke dinding yang dingin di pagi hari ini.
suasana semakin dingin ketika hussein memasuki ruang kelas dengan wajah kusut dan babak belur.
hussein duduk di tempatnya, menumpu kan kepalanya di atas meja, auranya begitu gelap dan dingin. tidak seperti biasanya.
akhirnya bel tanda masuk berbunyi. wali kelas sena memasuki kelas dengan wajah berseri nya. memberi salam dan semangat untuk anak-anak muridnya.
"anak-anak berhubung nanti sekitar pukul sepuluh ada rapat masal guru, hari ini kalian akan dipulangkan lebih cepat. jadi kita beres-beres kelas saja ya."
setelah mengucapkan kalimatnya. bu anya keluar dari kelas meninggalkan anak-anak muridnya yang kelewat senang.
"temen-temen, gue bagi tugas ya. gue, rudi, sena nyapu-nyapu kelas. sasa, amel—"
dean mengarahkan teman-temannya untuk bagi-bagi tugas dengan bijak. tidak ada yang protes, mereka langsung melaksanakan tugas saat nama mereka disebutkan.
sena bangkit dari kursinya perlahan. wajahnya lemas saat menerima sapu yang disodorkan dean. "jangan lemes-lemes sena." dean menatap sena khawatir lalu pergi ke belakang kelas, mulai menyapu kelas.
sekitar dua setengah jam berlalu. akhirnya kelas sudah bersih. sena dan teman-temannya puas karena kerja sama mereka.
tak lama bel berbunyi dengan nyaring. siswa-siswi dengan sigap langsung keluar dari kelas, hendak pulang ke rumah atau main bersama teman-teman.
tapi, sena masih berdiam diri di depan kelasnya, menunggu hussein yang setia berdiam diri di dalam kelas.
kepala sena menyembul di pintu kelas, melihat hussein yang sekarang sedang meringis memegangi lukanya. lalu mata mereka bertemu. "hussein gak mau pulang?" sena berdiri tegap, merasa tertangkap basah karena mengawasi hussein sedari tadi.
hussein hanya terdiam, lalu mengangguk. "iya, ini mau pulang." katanya lalu pergi meninggalkan sena.
sena menggigit bibirnya. merasa sakit ketika tidak diacuhkan. namun, seperdetik kemudian netranya menangkap mark lee disana. melihat sena dengan tatapan sendu.
kaki sena berjalan lurus menuju kelas mark yang sudah sepi. di sini, sena berdiri di depan mark. menatapnya merasa bersalah ketika melihat luka-luka di wajah mark. "kak, maaf buat kemarin. maaf atas perlakuan hussein yang bikin kakak jadi luka-luka gini."
sena menunduk, air matanya hampir lolos dari kelopak matanya. mark yang melihat hanya tersenyum tipis. tangannya mengusap rambut sena. "gakpapa santai." ujarnya begitu lalu pergi meninggalkan sena sendiri.
sena yang ditinggal meneteskan air matanya. lalu kepalanya ia tegakkan. melihat sosok mark lee yang belum pergi sepenuhnya, sena merasa sesak bukan main.
hatinya meneriaki nama mark lee.
"kak mark!"
sena berteriak di suasana yang sunyi ini. langkah kaki mark berhenti tapi, badannya tidak berbalik untuk memandang wajah sena yang sudah memerah. mulut mark bagaikan dikunci, tak bisa mengeluarkan kata-kata.
"saya gak tahu kenapa saya bisa begini. saya gak tahu kenapa saya suka sama senyum kakak."
sena mengepalkan tangannya. "saya tahu kakak orang baik. jadi selalu nolong orang banyak. tapi, waktu kakak nolong saya di depan ruang guru—— itu, jadi bikin saya suka sama kakak."
"maaf, kalau selama beberapa bulan saya liatin kakak secara diem-diem. saya ... se kagum itu, sama kakak."
sena menghela napasnya. pikirannya sudah melayang entah kemana.
"mark lee, can you tell me how to love, you?"
----
mark lee
how to love-;Hai teman-teman.
aku up hari ini karena takutnya minggu aku ga bisa up. dikarenakan senin aku udah ujian huhuhuhu.
makasih semua yang udah vote dan komen cerita ini. aku lope lope banget sama kalian aw aw ❤✨
dan do'ain juga bulan ini aku mau pkl hehe. jadi kemungkinan bakal jarang update 🙏
semangat buat semuanya. Happy nice day uwuww ❤✨🍑
jum, 06 maret 20
KAMU SEDANG MEMBACA
How To Love; Mark Lee [√]
Short Story❝can you tell me how to love?❞ started: 6 Ags 2019 end: 26 maret 2020 lowercase;-!