"Jaranan"
Sedikit cerita gengs tentang awal mula berkecimpung di sebuah kesenian asli tanah Jawa yg berbau mistis dan makhluk astral.
Pertama kali ikut pada tahun 2015 tepatnya kelas 1 SMK mengikuti jalur dari Alm. Bapak yg jauh sebelumnya memiliki riwayat seniman jaranan juga.
Pada awalnya saya bergabung di kesenian Bantengan (dhayangan) sebuah kesenian asli dari Jombang yg menari menggunakan kepala banteng namun berupa replika kayu dengan tanduk asli (Sumu).
Awalnya hanya menjadi penonton dan tukang gamel (tukang main alat gamelan) karna pada saat itu msh mempelajari tentang kesenian ini dari awal hingga akhir. Dari bagaimana menari, irama musik dan kerasukan.
Setelah dapet semua hal-hal yg berbau kesenian Bantengan tersebut akhirnya di pertengahan tahun 2015 meniatkan hati ikut terjun menjadi penari Bantengan dengan menggunakan Bantengan milik Alm. Bapak saya.
Waktu demi waktu latihan menari hingga luwes dan kemudian akhirnya ada sebuah pementasan.
Pertama kali pementasan demam panggung yaa seperti pada umumnya seseorang namun ketika keluar dari belakang panggung dan menari alangkah terkejutnya badan ini menari sendiri tanpa instruksi serasa ada yg menggerakkan hingga irama musik semakin naik dan suara slompret (terompet kuda lumping) semakin menjadi badan ini seperti terombang-ambing pikiran semakin ga karuan namun satu hal pesen Alm. Bapak ketika di kondisi seperti ini yaitu tetep tenang dan fokuskan pikiran di satu titik.
Akhirnya mata tak lagi melihat gelap gulita seperti orang buta, badan serasa tegang dan pikiran hilang. Tiba2 saja aku seperti dikendalikan oleh seseorang yg aku tak tau.
Bisa sih denger kata2 orang tpi gabisa ngendalikan badan, sampai akhirnya disadarkan oleh pawang. Aku liat video pementasan aneh sih rasanya ngeliat pertama kali kesurupan namun ga ada reaksi berlebih seperti seniman lainnya dan aku tanya ke Alm. Bapak beliau bilang msh pertama kali lama2 km akan tau sendiri irama nya.
Vakum di tahun 2016 dengan 1x pementasan (hehe karna msh junior)kemudian akibat PKL dan fokus terhadap UN hingga tahun 2017 baru bisa kembali memulai itu semua lagi. Namun kali ini mencoba hal yg berbeda yaitu menjadi penari kepang/jaran dan kebetulan Mbah ku mencari penari dan aku ikut paguyuban nya.
"Turonggo Sakti Mudho Budoyo" paguyuban pertama yg aku ikuti dan kaget dengan kata2 dari mbah saya sendiri, 3 bulan km harus belajar nari dan itupun bila km memiliki bakat didalamnya. Serta tantangan selama latihan 3 bulan harus berpuasa dan diakhir setelah 3 bulan harus ke petilasan. Dan setelah 3 bulan, ternyata aku punya bakat dan orang2 bilang km akan menjadi penari muda yg akan menjadi saingan seniormu nanti, ga percaya sih karna msh junior hehe dan selama puasa bener2 siksaan batin banget karna dalam menjalaninya banyak hambatan. But semua udh tercapai dan terakhir ke petilasan makam Kutai lama, kata orang sih ziarah kubur tpi ini beda yaitu harus tengah malam.
Awalnya takut beneran gengs malam2 ke kuburan tanpa LAMPU dan semedi disana sampai selesai. Niat didalam buat kuat jalani ini semua ternyata tetep gabisa karna banyak hal2 aneh, tiba2 angin berhembus ga lama ada bayangan putih dan yg bikin takut sampe aku lari ketika kain kuning yg menyelimuti kuburan menyala kayak lampu 😭😭 mw lari tpi badan gabisa gerak kaku kek patung. Dan ketika kain sdh ga bernyala nyala seketika tak ada angin tak ada hal2 aneh malah seperti nampak biasa aja.
Sumpah gengs bangkit dari duduk geter2 kaki ku wkwkwkwk.. pulang kerumah niat mw tidur tapi gabisa tidur karna kepikiran mulu dengan kejadian diluar nalar itu.
Ga lama lusa nya pementasan dan pertama kali jga aku dandan kayak cewe hehe tpi beda banget kek dandan2 cewe. Pupurnya ada kembang, dan pensil alis bau nya minyak srimpi dan pas mw dandan ada do'a nya. Karna takut salah2 akhirnya minta di dandanin dan yg dandanin mas jadmika atau mas koko, sdh dandan, pake baju lengkap dan akhirnya siap nari.
Demam panggung sih karna pertama kali jga dan ketika pecut/cambuk udh di bunyikan dan keluar nari kaget geleng2 kepala karna yg kuliat bukan penonton biasa melainkan orang2 desa pada zaman kerajaan dan semua orang didalamnya persis sama kayak dijaman kerajaan.
Selama nari kurang lebih 35 menitan dan itu ga ada rasa cape sama sekali, kami dikasih minum air kembang. Setelah itu, baru masuk ke sesi kesurupan dan lagi2 sebelum kesurupan tepat diatas atap panggung ada Buto dengan ukuran besar dengan lidah yg panjang tpi aneh nya aku malah seperti menyembah tpi bukan menyembah beneran melainkan nyuwun sewu, atau permisi dan ketika kesurupan percaya atau ga percaya itu ibarat nyawa ditarik dari raga.
Ketika sdh ditarik km bisa melihat tubuhmu sendiri yg sedang kesurupan. Dan kembali seperti kejadian diatas sebelumnya, gelap gulita bisa denger tpi gabisa jawabin, gabisa ngendalikan badan.
Entah apa aja dimakan selama pementasan aku gatau dan selepas sadar badan lemes, muntah2 darah dan gabisa apa2. Pulang pun diantar dan seharian gabisa apa2 diem dikasur sambil beberapa kali muntah darah.
Tak lama ada Mbah ku kerumah jenguk kondisi ku. Dan beliau tersenyum dan bilang gini "Km seperti Alm. Bapakmu menari dengan luwesnya, kesurupan dengan sakralnya dan yg melihat kagum dengannya" (translate dari bahasa Jawa yo) dan nanya ke Mbah kenapa aku gini, Mbah cman bilang itu gpp wajar kok. Ga lama ada temen berkunjung kerumah dan ngasih liat video semalam, alangkah kagetnya semalam makan dupa, ular sawah dan diakhiri dengan ayam hidup.
Ngeliat nya bener2 ngeri dan ketika kesurupan pun 5 pawang yg nyoba buat aku kesurupan. Pulang dengan Deming lagu "Pantai Selatan" yg didenger bikin merinding sendiri. Setelah sehat aku coba tanya ke Alm. Bapak tentang kejadian lalu dan beliau cman berpesan "jaga yg ada didalam mu karna itu warisan leluhur dia baik dia adalah temenmu".
Ga percaya dengan kata2 itu dan lusanya dia masuk ke mimpi ku, sebuah prajurit dengan harimau dan bilang "aku temanmu dan km adalah tuanku". Seketika bangun dan ga lama denger suara2 harimau, mencoba nyari tpi ga ketemu. Mungkin segini aja dulu gengs hehe, next cerita kita bahas lebih dalam.
🎬🎬🎬
Hello, author comeback😱
Btw, jangan lupa vote dan komen yaa
Biar author semangat updatenya ❣
Enjoy reading gess 🥰Cerita disampaikan oleh :
Saudara Edo
KAMU SEDANG MEMBACA
MISTIS (Kisah Nyata!)
HorrorCerita ini diangkat dari kisah nyata pengalaman teman-teman yang mengalami kejanggalan dan hal-hal aneh yang tidak semua orang akan mengalaminya. Ada yang hanya bisa merasakan keberadaannya, Namun ada juga yang bisa berkomunikasi langsung dengan mer...