- Ditengah runyamnya kehidupan diharuskan untuk terus maju didunia yang asing dan disuasana baru-
- Berharap ditempat yang baru menemukan inspirasi dan semangat untuk terus bangkit dari keterpurukan emosional dan berharap menambah pelajaran hidup yang baru entah itu baik atau buruk-
- Teruntuk teman-teman ku semasa kuliah dimanapun kalian berada aku doakan sukses selalu, dilancarkan rezeki nya, dan dilancarkan setiap langkah kalian, Aamiin-
Lembaran baru di kota baru gue berharap menemukan hal yang baru yup benar terjadi!. Kata netizen kehidupan perkuliahan itu tidak seindah di sinetron ternama, teman kuliah itu toxic, kehidupan perkuliahan itu seperti pertarungan egoisme, dan gue mencari semua asumsi itu selama di bangku perkuliahan apakah benar asumsi netizen ? atau hanya segelintir netizen yang merasakan nya?.
Drama perkuliahan gue sebenarnya cukup menguras emosional secara internal (keluarga). Hingga akhirnya gue kuliah dijurusan yang bagi gue cukup menantang, karena gue lintas konsentrasi (jurusan). Dulu gue anak IPA pas kuliah masuk jurusan anak IPS. Selama gue kuliah dijurusan ini, gue bingung banget harus belajar dari mana, bagaimana memulainya. Gue juga merasa nyesel banget kenapa dulu ga merhatiin guru sejarah, sosiologi, dan ekonomi wkwk. Gue selalu ketiduran dipelajaran sejarah, bawaan nya boring mulu kalau belajar sosiologi, dan bawaan nya emosi mulu kalau belajar ekonomi sampe suatu waktu gue berdebat perihal perhitungan pajak dengan guru ekonomi gue hahaha.
Nasi sudah menjadi bubur, gue belajar mengulang pelajaran SMA yang berbau IPS supaya tidak ketinggalan diperkuliahan. Akhirnya gue bisa mengikuti perkuliahan gue walaupun sedikit gugup. Akhirnya gue bisa melalui perkuliahan gue sampai lulus walaupun banyak drama diakhir kelulusan wkwkwk.
Diakhir cerita kehidupan perkuliahan gue, sepertinya gue disayang sama dosen pembimbing. Gue mengakui kalau fenomena skripsi gue ini agak sentimen dan agak susah dicari datanya, harus bisa ngulik sana sini bak intel. Tapi disitulah drama skripsian benar adanya. Capek cari data sampai minus mata nambah, kesana kemari walaupun hasil nya nihil, dan Alhamdulillah gue dipertemukan oleh salah satu mahasiswa yang belajar di negara yang gue teliti dan beliau berkenan untuk gue wawancarai.
Teruntuk Bapak Ibu dosen yang saya cintai, terima kasih telah membimbing dan memberikan motivasi saya selama saya kuliah di jurusan yang saya rasa cukup menantang. Ga mudah bagi saya dapat terus berjalan dijurusan ini. Kalau bapak ibu baca tulisan saya ini saya sangat bersyukur.
Oiya, gue kuliah di salah satu universitas swasta di kota Cimahi, mengambil jurusan Ilmu Hubungan Internasional. IDK why .. kalau gue ditanya sama orang "kamu kuliah jurusan apa?" gue jawab dengan sedikit malu-malu "hubungan internasional pak/bu", pasti lawan bicara gue itu ternga-nga. Gue tanya kok ekspresi mereka sumringah gitu ketika tau gue ambil jurusan itu, mereka memberikan jawaban yang cukup mengejutkan bagi gue "jurusan itu tuh bagus banget neng/mba, banyak dicari orang syukur-syukur kalau jodoh bisa jadi diplomat mba pokok nya jurusan nya neng/mba mantul lah". Wadidaaaww :))
Ternyata jurusan yang gue ambil keren juga untuk menunjang kesombongan duniawi wkwkwk (bercanda yaa ...). Bagaimana pun gue selalu bersyukur bisa masuk jurusan yang kata nya nih jurusan anak-anak gaul, necis-necis pakaian nya, dan anak nya tuh update banget sama berita-berita sampai mancanegara ga kelewatan juga update gosip-gosip mancanegara nya juga.
Orang-orang lihat kami selalu foya-foya, main kesana kemarin. Padahal mah itu tuh lagi riset sosial asal kalian tau yaa wkwk. Anak-anak nya pada santai kuliah nya, emang kami kalau kuliah selalu santai kalau dibawa beban ya nanti stres :)). Jadi ya dibawa enjoy aja. stres nya kami tidak terlihat oleh mata to mata, tapi terlihat oleh otak to otak kalau kalian lihat kami skripsian duhh pasti tuh kelihatan otak kami lagi ngebul wkwk.
Ada hal menarik lagi nih, katanya kalau kuliah diluar kota tuh pasti ketemu pacar/jodoh entah itu satu kampus/jurusan atau satu wilayah perantauan. Kayak nya enggak deh bagi gue, sampe gue lulus gue cuma dapat teman cowo sekedar teman aja ga lebih wkwkwk. Justru gue mendapatkan kebenaran yang selama ini gue cari-cari, kalian baca aja ya di bab "kemal yang diperkenalkan oleh senja" hehehee.
Teman satu kuliah apa bener pada toxic? hmmm ....
Cerita dark perkuliahan nya di bab selanjutnya yaa ... ini mah cuma awalan nya aja hehe.
KAMU SEDANG MEMBACA
Anak Pertama (Bukan Buku Biografi)
Phi Hư CấuCerita aku, kamu, dan dia. Ada orang asing menjadi dekat, ada orang asing menjadi boomerang, ada orang asing yang mengada-ngada. That's my life :)