Rasanya ada yang kurang dibuku ini jika tidak menceritakan sosok Bunda. Seorang wanita kuat, mandiri, dan penyabar. Gue akui gue tidak sebesar sabar nya Bunda, waktu yang mengajari arti kesabaran *kata bunda. Berkat kesabaran bunda, ayah bisa membeli ego nya dengan uang walau bunda selalu menahan keinginan bunda sendiri & tidak memaki ayah. Berkat kesabaran bunda pula, bunda menjadi wanita yang kuat.
Sebelum ke inti cerita, alangkah lebih baik kenalan sama Bunda.
Hi! Nama saya Tamara Sri Rahayu, saya lahir di desa terpencil disalah satu Kabupaten Klaten Jawa Tengah, saya anak bungsu dari 6 bersaudara, dan saat ini saya berusia 50 tahun.Jika ada yang bertanya sama gue, siapa sosok yang menginspirasi dalam hidup lu? Gue selalu akan menjawab "Bunda".
Usia 17 tahun, Bunda ikut dengan Paman gue mengadu nasib (mencari uang) di salah satu daerah yang berada di Provinsi Banten. Sejak saat itu hidup Bunda berubah. Surat menyurat dengan orang tua dan pacar dan mengirim uang lewat wesell pos. Rumit ya ternyata sebelum ada teknologi seperti sekarang ini. Harus banyak bersabar menunggu 😅.
Kata bunda, jika waktu bisa diulang kembali. Bunda ingin memilih pasangan hidup bunda, yaitu pacar bunda yang setia menunggu bunda. Tapi Bunda berfikir kembali, Bunda tidak bisa ketemu kamu jika Bunda tidak menikah dengan Ayah mu. Hmmm ... manis.
Seiring bertambahnya umur pernikahan Bunda & Ayah. Bunda menyadari ada nya rasa bosan terhadap Ayah, begitu juga dengan Ayah ke Bunda. Sayang nya, Ayah gue ini lebih memilih sibuk bekerja ketimbang harus memperbaiki rasa bosan dengan Bunda.
Bunda tipikal orang yang diam kalau sedang marah, tidak banyak nuntut ini itu karena sadar akan kapasitas.
Bunda, terima kasih sudah melahirkan & membesarkan aku hingga hari ini. Benar kata peribahasa, kasih ibu sepanjang masa kasih anak sepanjang galah. Kasih sayang Bunda selamanya, tapi kasih sayang seorang anak kepada Bunda nya berbatas. Semoga aku bisa menjadi Ibu seperti Bunda, ibu yang kuat & mandiri 🙂
KAMU SEDANG MEMBACA
Anak Pertama (Bukan Buku Biografi)
Non-FictionCerita aku, kamu, dan dia. Ada orang asing menjadi dekat, ada orang asing menjadi boomerang, ada orang asing yang mengada-ngada. That's my life :)