Belum Saatnya [2]

199 49 16
                                    

   Pelan tapi pasti, mataku ngerjap. Ngenyusuain cahaya yang masuk kepenglihatanku, dengan gerakan malas yang luar biasa aku ambil posisi duduk dan mulai regangin badan sampai bunyi.

Mataku ngelirik ke arah jam dinding yang udah nunjukkin pukul sepuluh siang. Gawat, ibu pasti marah. Ini emang hari libur atau lebih tepatnya hari dimana aku dijadikan babu dadakan sama ibu cerewetku itu. Aku udah jadi babu aja masih tetap dimarahin, apalagi aku telat bangun? Hancur sudah perabotan rumah.

"Yunaaa!"

Aku tutup kuping, mataku mandang pintu dengan was-was. Takut kalo misalnya benda itu kebuka dan nampilin ibu dengan dua tanduk bantengnya, uh serem.

"Yuna!"

Tepat setelah Ibu teriak lagi, pintu kamarku kebuka. Keningku ngernyit pas liat Ibu yang malah senyum-senyum gak jelas yang buat aku merinding.

"Ibu kesurupan peri?" tanyaku sedikit ragu.

"Kenapa kamu gak bilang kalo udah punya calon?"

Aku natap Ibu dengan mata berkedip cepat, sambil ngomong, "calon? Calon babu apa calon pembantu?"

Sedetik kemudian geplakan manja dari tangan gempal ibuku membelai manis pipi.

"Ganteng gitu mau kamu jadiin babu? Lama-lama otakmu tambah gak bener."

Bibirku ngerenggut, ngusap pipi yang rasanya panas banget. Ibu jahat, nampol anaknya gak main-main. Aku ngerasa kayak anak tiri disini.

"Aku gak tau Ibu ngomong apa, aku jijik sama ibu, aku jijik!"

Mata ibuku langsung melotot, tangan beliau juga udah siap buat jewer kupingku kalo misal aja ayah tiba-tiba gak masuk. Ah jadi makin sayang sama ayah.

"Sonya, kebiasaan kamu main tangan," peringat ayah.

Ibuku melotot sebentar ke arahku, sebelum beliau ngehentakkin kaki dan ngedeketin suaminya itu. "Anakmu itu, dibilangin pake mulut gak bisa. Bisanya buat emosi aja, dasar perawan tua."

Mataku langsung melebar, wah-wah Ibu kayaknya beneran ngajak perang sama aku. Enak aja dibilang perawan tua.

"Ibu, aku gak perawan tua. Jangan kolot bu, ini bukan jaman Ibu dulu yang lulus sekolah langsung nikah. Ibu lama-lama kalo dibiarin makin ngelunjak, selama ini aku udah sabar buat gak ngebales omongan Ibu."

"Kamu gak tau perasaan Ibu, Ibu sakit hati kamu dibilang gak laku, perawan tua, dan ini itu sama tetangga. Ibu sakit hati Yun."

Pas ngelihat Ibu ngomong sambil nangis, rasa bersalah langsung hinggap dihati.

"Jangan dengerin omongan tetangga yang otaknya belom diupgrade dan masih terpatok sama budaya jaman dulu," ucapku sambil bangkit dari kasur, ngedeketin ibu dan peluk beliau seerat mungkin.

"Ibu gak bisa, kamu gak ngerti perasaan Ibu."

Aku ngehela napas kecil, ngelepasin pelukanku pada wanita yang udah ngelahirin aku itu. "Aku bakal nikah bu, tapi bukan sekarang. Aku belom siap, aku juga gak mau kalo rumah tanggaku rusak karena alasan itu. Aku masih sayang sama profesiku yang sekarang, belum siap kalo harus temenan sama dapur."

"Tapi itu emang udah tanggung jawab kamu sebagai perempuan, Ibu mohon ... terima lamaran calonmu itu."

"Lamaran? Calon? Sebenarnya apa yang terjadi?" Mataku natap Ayah dan Ibu secara bergantian.

"Jimmy Indrawan Lakusono, dia datang buat ngelamar kamu." Bapak yang daritadi diem aja akhirnya jawab pertanyaanku.

Seolah waktu terhenti, aku mematung. Memproses ucapan yang baru saja Ayah lontarin. Mataku ngerjap pelan, seolah udah paham apa yang Ayah maksud. Aku langsung lari ke ruang tamu.

Gotcha, dugaanku betul. Disana ada Jimmy yang lagi senyum sok ganteng, bikin aku tambah muak.

"Ngapain kamu kesini?" tanyaku sinis dengan mata yang ngelirik sekilas meja yang penuh sama sesuatu, yakin banget kalo itu semua dari Jimmy.

"Ngelamar kamu," jawabnya santai.

Aku langsung melotot, kepalaku yang tadinya pusing sama omongan Ibu jadi tambah pusing karena Jimmy. Astaga, hari libur yang sangat-sangat menyebalkan.

"Jangan bercanda, sana pulang ke habitatmu."

"Gak sopan kamu sama calon." Tanpa balik pun aku udah tau kalo itu suara Ibu.

"Dia bukan calonku Bu, kapan sih Ibu ngertiin aku? Aku capek bu diginiin terus, gak ada yang coba buat paham sama kondisi aku." Kayaknya faktor datang bulan juga jadi pemicu aku meledak kayak gini.

"Sudah Yuna, dia Ibu kamu." Tangan Ayah ngusap alus pundakku.

Nyatanya, elusan Ayah gak berhasil buat aku tenang. Aku masih mau ucapin unek-unek yang selama ini aku pendam. "Aku capek, aku belum siap nikah. Aku masih pingin hidup bebas dan nikmatin hasil kerja kerasku, mau sampai kapan sih aku bilang kalo aku tuh belum siap nikah. Tolong jangan paksa aku lagi."

"Yuna ... maksud Ibu baik."

"Aku tau Bu, tapi apa maksud kebaikkan Ibu itu nantinya buat aku bahagia? Sedangkan aku sendiri aja belum siap nerima itu." Satu tetes air mata berhasil buat basah pipiku.

"Maaf, sepertinya kedatangan saya kesini hanya membuat kekacuan dipagi hari. Sekali lagi saya minta maaf."

Aku cuma bisa mejamin mata ngedenger omongan Jimmy, gak tau lagi harus respon gimana karena kenyataanya emang seperti itu.

"Tidak Nak, Yuna memang kadang suka ngedrama seperti itu."

Ibu tetaplah Ibu, masih egois dengan pendiriannya sendiri tanpa mau mikirin perasaan anaknya. Boleh gak sih aku tuker Ibuku sama yang lain?

"Tidak Bu, ini memang salah saya. Mungkin memang saya datang diwaktu yang kurang tepat, saya benar-benar minta maaf. Buat Yuna, saya gak maksa kamu buat nerima lamaran itu, saya paham sama posisi kamu. Tapi saya gak nyerah, saya bakal balik lagi kesini dengan niat yang sama."

Maaf Jimmy, kamu laki-laki baik yang dengan bodohnya mau ngejar perempuan kayak aku. Jujur aja aku seneng dengar omongan kamu yang bakal balik lagi, tunggu aku Jimmy.

"Maaf membuatmu tak nyaman Nak," ucap Ayah.

Kulihat Jimmy bangkit dan berjalan ke arah orang tuaku, kayaknya dia mau pamit.

"Maaf, tunggu aku ya. Aku harap kamu udah siap pas aku balik lagi kesini, gak usah takut. Aku bakal tetap jadi Jimmy yang kamu kenal, Jimmy yang bakal selalu ngejar kamu."

Tubuhku langsung merinding denger bisikan Jimmy yang sekarang berdiri disampingku. Tanpa nunggu jawabanku dia jalan begitu aja menuju pintu utama.

Aku ngehirup napas sebanyak mungkin, sebelum bersuara, "Jimmy!"

Langkah Jimmy langsung berhenti, dia balikkin badan dan natap aku lagi dengan senyuman khasnya itu. Gak tau kenapa, dia keliatan ganteng.

Dengan hati yang berdegup cepat dan tangan bergetar aku bilang, "aku bakal mantepin hati dan nunggu kamu dateng lagi kesini! Maaf, aku belum bisa nerima kamu sekarang."






“Mungkin memang belum saatnya, karena sesuatu yang dipaksakan tidak akan berakhir dengan baik.” — Yuna Meelan Wicaksono.







End


Gak tau gak tau, gak tau aku buat apa. Semoga kalian terhidur dengan ini👀

Sampai jumpa diproject selanjutnyaa~

OUR SECRET >> ENDTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang