ceramah

14 2 1
                                    

assalamualaikum gyus.....

Jangan lupa vote dan comen

________________
Sudah hampir seminggu reya mondok,dan perkembangan nya sangat banyak ia sudah pandai mengaji dan juga sudah menghapal surah surah pendek.
Setelah selesai sekolah para santri pulang ke asrama masing-masing.tepat jam 15.00 wib para santri belajar fikih di aula.mereka duduk di lantai dan mendengarkan ustazah Dila dengan khidmat.kali ini mereka membahas tentang shalat.

"Jadi kali ini kita akan membahas tentang shalat.

Shalat adalah rukun kedua dari rangkaian lima rukun-rukun Islam, dan shalat adalah rukun yang paling ditekankan setelah dua kalimat syahadat.

Shalat adalah permohonan atas perkara-perkara yang penting dan pencegahan dari perbuatan-perbuatan keji dan munkar. Allah Ta’ala berfirman:

وَاسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلَاةِ

Dan mohonlah kalian dengan kesabaran dan shalat.

Dan dalam sholat kita harus khusyu'.

Khusyu’ dalam shalat adalah adanya kehadiran hati, dan penjagaan terhadapnya termasuk dari sebab-sebab masuk surga. Allah Ta’ala berfirman (yang artinya), “Sesungguhnya beuntunglah orang-orang yang beriman, (yaitu)orang-orang yang khusyu’ dalam shalatnya, dan orang-orang yang menjauhkan diri dari (perbuatan dan perkataan) yang tiada berguna, dan orang-orang yang menunaikan zakat, dan orang-orang yang menjaga kemaluannya, kecuali terhadap istri-istri mereka atau budak yang mereka miliki; maka sesungguhnya mereka dalam hal ini tiada tercela. Barangsiapa mencari yang di balik itu maka mereka itulah orang-orang yang melampaui batas. Dan orang-orang yang memelihara amanat-amanat(yang dipikulnya) dan janjinya, dan orang-orang yang memelihara shalatnya. Mereka itulah orang-orang yang akan mewarisi, (yakni) yang akan mewarisi Surga Firdaus. Mereka kekal di dalamnya.” (QS. Al-Mukminuun 1-11)

Sangat lah rugi bagi seorang hamba yang meninggalkan shalat secara sengaja."

Reya termenung memikirkan ucapan sang ustadzah iya merasa hina karna banyak melanggar aturan Islam.

"Ya Allah gue merasa dosa gue banyak banget,apa Allah masih terima tobat gue gak ya"

Reya menoleh kesamping karena merasa pundaknya di pegang.

"Kamu ngapai ngelamun?"
"Eng-enggak ko sania"
"Yuk ke mushola sholat ashar"
Reya berjalan berdampingan ke musholla dengan sania, dijah dan Tania sudah duluan kesana.selesai shalat mereka berzikir dan membersihkan diri juga pesantren.
_________

"Kamu kenapa ngelamun Rey?"
Dijah, sania,juga Tania menghampiri reya yang duduk termenung sendiri di kursi halaman depan asrama.mereka melihat reya yang murung.ia tertunduk dalam.ia menangis dal diam.
" kalau kamu ada masalah kami siap ko dengernya" Sania mengelus lengan reya lembut
"Iya Rey Kita kan teman.jadi harus saling berbagi kesusahan dan kesenangan"timpal Tania.

"Gu-gue hisk me-me hiks"reya sesegukan tak bisa berbicara.

"Tarik napas buang,tarik napas buang"dijah mengintruksi sambil menarik turunkan tangannya.
"Kamu tenang dulu"
Reya mengangguk dan mulai meredakan tangisnya.matanya sudah bengkak, hidungnya juga sudah memerah.

"Gue nyesel banget pernah ninggalin sholat.gu-gue merasa berdosa banget, gu-gue takut Allah gak bakalan ampuni gue"reya sesenggukan dan menatap intens teman-temannya.mereka sangat iba melihat kondisi reya.

"Udah Rey yang penting sekarang   kamu mau tobat.allah maha pengampun insyaallah kamu pasti diampuni."dijah mengusap lembut punggungnya.
Reya berulang kali mengaguk
"Iya.gue pasti gak akan ninggalin sholat lagi,tapi kalian mau kan ngajarin aku sholat,soalnya aku gak pernah tau niatnya" reya terkekeh di akhir.

Mereka tertawa bersama dan masuk ke asrama.

________________

Terus ikuti aku ya😁😀

Titik KemenanganTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang