02; ㅡ✦ candi prambanan

2.5K 535 171
                                    

ㅡ

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

ㅡ

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

"saya disini cuma ngikutin kemana kalian pergi lho, ya." ujar hyunjin. dia nengok ke jisung, "saya cuma dimintai tolong kakak kamu buat memandu perjalanan kalian."

begitu denger kalo jisung sama minho mau liburan ke jogja, brian rewel banget. pengen ikut tapi ada jadwal manggung. jadilah cowok itu nitipin adiknya ke hyunjin, temennya semasa kuliah dulu.

"kita keliling tempat wisata sekitar prambanan aja, mas." jawab minho. "konsepnya kan ngetrip sehari gitu, hehe."

"keliling sini aja, ya, berarti?" tanya hyunjin. cowok itu menimang-nimang sebentar. "berarti yang pertama, kita ke candi prambanan dulu. nggak jauh, kok. cuma 5 menit dari halte ini."

di perjalanan mereka menuju candi prambanan, hyunjin mulai jelasin secara singkat tentang candi prambanan. tentang lokasi, sejarah berdirinya candi, sampai mitos yang beredar luas di masyarakat.

"oiya mas, sebelumnya saya mau tanya, nih." ujar minho. "saya tuh bingung pas googling kemaren. web a bilang candi prambanan masih masuk yogyakarta, tapi web b bilang udah masuk daerah klaten, jawa tengah. yang bener yang mana?"

hyunjin ketawa. "pertanyaan kamu persis kayak pertanyaan saya ke bapak-bapak tour guide pas saya piknik zaman sma dulu."

cowok tinggi itu melanjutkan, "dua-duanya bener. candi ini ada di kecamatan prambanan, kabupaten sleman, daerah istimewa yogyakarta. tapi juga ada di kecamatan prambanan, kabupaten klaten, jawa tengah. persis di perbatasan provinsi jawa tengah dan daerah istimewa yogyakarta."

"candi prambanan ini letaknya di daerah administrasi desa bokoharjo, prambanan, sleman, diy. sementara pintu masuk kompleknya ada di desa tlogo, prambanan, klaten, jateng." hyunjin terkekeh ngelihat ekspresi minho dan jisung. dua cowok yang usianya terpaut jauh dibawahnya itu melongo. antara amazed sama confused sama penjelasan hyunjin.

"gampangnya, candi prambanan ini ada di tengah-tengah gitu. nggak usah dipikir serius gitu, ini bukan soal utbk." gurau hyunjin.

sesampainya di loket tiket, hyunjin memulai penjelasannya lagi. sembari menunjuk candi prambanan yang nampak kecil, dia berujar, "ini dia candi prambanan. buka 24 jam. harga tiketnya berkisar antara 40.000 buat dewasa dan separuh harga buat anak-anak. buat turis asing, harganya jauh lebih mahal. sekitar $18 buat dewasa, $9 buat anak-anak."

temple tour ➳minsung✓Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang