ㅡ
"orang-orang kalo berkunjung kesini biasanya ngapain aja, mas?" tanya minho di sela kegiatannya foto-fotoin jisung.
"banyak," jawab hyunjin. "buat photo hunting, prewed, sampai temple running kayak angelina jolie di angkor wat di film tomb rider. buat yang mau sepedaan juga bisa. mau merenung, bersemedi, mengasingkan diri juga bisa karena tempat ini, kan, jauh dari keramaian."
"tuh, kamu cocok banget main ke sini." ujar minho ke jisung. jisung mengernyit bingung. perasaan dia diem aja. masih aja disenggol, "kenapa emangnya?"
minho senyum. buat orang yang ngelihat sih senyum ganteng. tapi buat jisung ini senyum ngeledek, "kamu suka overthinking, kan? ini tempatnya cocok banget buat overthinking."
ngeledek banget.
"solimi banget," cibir si cowok paling muda di antara mereka bertiga itu. dia mengalihkan pandang ke hyunjin, "selain itu ada apa lagi, mas?"
"selain itu buat yang mau kulineran bisa banget ke prambanan gallery resto. tempatnya nggak kalah sama hotel berbintang dan harganya pun terjangkau." jelas hyunjin. "oiya, sunset di sini paling bagus pas bulan agustus sampai september karena matahari bakalan tepat ada di tengah-tengah candi."
"mas, kalo di prambanan kan ada sendratari ramayana tuh. nah, kalo di sini ada nggak kayak pagelaran-pagelaran seni gitu?" tanya minho.
"ada," hyunjin menyahut sambil angguk-angguk. "namanya festival candi kembar. festival ini belum lama kok, baru diadakan sekitar tahun 2016-an."
"iiih, seru banget," seru jisung. "mas hyunjin pernah ke festivalnya?"
"pernah, tahun lalu saya ke festival ini sama tunangan saya."
duh, ekhem.
"ceritain dong, mas!"
"jadi, festival ini diadakan setiap satu tahun sekali. sekitar akhir agustus sampai awal september," jelas hyunjin. "kayak festival budaya kebanyakan, tema yang diusung ya tentang tradisi dan kuliner lokal. di pembukaan ada tari tradisional kayak tari kebyok anting-anting, tari kijang, kanya ringgang dan masih banyak lagi. jujur, saya nggak inget semuanya." dia meringis.
"di hari kedua ada penampilan tari lagi. ada tari papua, tari payung, manuk zapin, dan masih banyak. penarinya adalah anak-anak warga sekitar yang secara khusus mempersiapkan diri buat tampil di festival ini."
"loh, jadi festivalnya tuh nggak cuma sehari?" tanya minho terkejut terheran-heran.
"wow keren banget," celetuk jisung. "mas, kalo semisal ada mahasiswa jurusan tari yang mau ikut ngisi acara disini, itu boleh?"
hyunjin angkat bahu ragu, nggak yakin sama jawaban yang bakal dia lontarkan. "setahu saya, panitia festival candi kembar bakal mengadakan kerjasama sama mahasiswa ISI surakarta dan ugm. denger-denger sih gitu. tapi saya kurang tau juga yang sebenernya gimana."
KAMU SEDANG MEMBACA
temple tour ➳minsung✓
Fanfictionminho mengajak jisung berkeliling candi-candi di yogyakarta. katanya sih wisata sejarah. katanya. [ another story from paduka-cokiber's universe ; one day trip series ]