Notulensi Seminar Bersama Ila dira💛

403 45 2
                                    

1 Juli 2020

MATERI

KONSISTEN DALAM MENULIS

Baca tema kali ini, apa yang terlintas dalam pikiran kalian?

Konsisten adalah konstan, tidak berubah-ubah. Artinya tetap. Kalau ambil contoh misalnya semua sekolah di Indonesia setiap tahun hanya ada dua semester.

Nah, untuk mempersingkat waktu di sini gue akan ngasih beberapa tips konsisten dalam menulis.

1. Tentukan ide.

Kalau kalian mau menulis, pastinya harus ada ide cerita. Mau angkat kisah apa? Alurnya gimana? Tokohnya berapa? Siapa aja? Endingnya gimana?
Kalian harus punya ide itu dulu baru setelah itu bisa menuang imajinasi ke dalam tulisan.
Saran gue, ada baiknya kalian ketika bangun tidur jangan langsung cek HP. Mending diam dulu sebentar, pikirin tulisan yang akan lo bikin atau ide baru.

2. Segera atasi blockwriter!

Jika kalian sedang buntu, blockwriter gak nanggung-nanggung sampe bikin kalian pengin nyerah. Jangan buru-buru. Kalian ambil waktu istirahat, liburan atau hang out sama temen-temen. Pikiran akan kembali segar setelah memanjakan diri. Trik ini yang gua jalani sampe sekarang, kalau udah mulai mumet, gua akan cari waktu buat manjain diri sendiri. Kalo gak ada waktu liburan, gue ke saloon atau belanja di mall. Setelah itu pikiran jadi fresh dan ide-ide baru bermunculan.
Kalau kalian nggak berhasil melakukan yang tips itu, kalian bisa juga konsultasi sama temen atau penulis lain. Hindari berkonsultasi sama orang yang nggan mendukung kalian. Bukannya pikiran makin segar, kalian malah makin drop. Jadi males dan insecure, ngerasa nggak pantes dan banyak kekurangan.

3. Catat.

Pas di sekolah atau di kantor, ide tiba-tiba terlintas padahal belum sampe tahap itu. Misal kalian baru nulis prolog, tapi ide buat ending udah ada. Baiknya kalian catat, gengs! Lu tulis di HP, laptop atau coret-coretan di buku juga nggak masalah. Yang penting lo catet biar nggak lupa, karena kalo pas ide muncul langsung tuangin, fell-nya lebih dapat daripada inget-inget setelah beberapa waktu. Nanti kalian tinggal revisi dikit-dikit aja. Gua juga sering gitu, kok. Masih prolog tapi ending udah ada. Atau kedua tokoh belum kenalan tapi gua punya ide kedua tokoh lari-larian di gunung misalnya, langsung gua catet. Nanti tinggal merangkai semuanya.

4. Gunakan waktu luang.

Misalnya dosen belum datang, ada rapat guru. Lagi idtirahat tapi males ngumpul sama temen. Lagi rebahan setelah pulang kerja. Waktu-waktu berharga itu baiknya kalian gunakan untuk mikirin ide atau paragraph pembuka tulisan lo. Buat sebagian orang mungkin menyepelekan ini. Tapi, hal spele ini bisa bikin lo mandek alias buntu. Bingung mau nulis apa duluan di paragraph pertama. Kalau kalian pernah ngalamin duduk sampe berjam-jam di depan laptop tapi nggak ada tulian di laman word, berarti kalian buntu. Ide cerita sih udah ada, tapi memulainya itu bingung mulai dari mana. Kalau kalian udah mikirin itu dari jauh-jauh hari, udah mempersiapkan di waktu luang, gue yakin lo akan lancar menulis.

5. Produktif

Paling susah itu adalah bagian ini. Gampang sih ngelakuin semua tips di atas, cuma nggak bisa tiap hari. Besok udah lupa, besoknya nggak ada waktu, males atau sibuk. Akhirnya nggak jadi-jadi. Ide yang tadinya ngalir lama kelamaan nggak berkembang.
Terus nggak jadi nulis deh. Nggak jadi lanjutin, nggak ad aide lagi pas udah ada waktu senggang.
Sering nggak gitu? Sebagian besar orang pasti gitu sih hehe.
Coba deh produktif. Nulis misalnya satu jam dalam satu hari di malam hari sebelum tidur. Atau pas pulang sekolah, nggak usah main HP-HPan dulu. Nggak usah stalk mantan dulu, mantan udah bahagia sama cewek barunya. Nggak usah ngiler liat mukbang.
Matiin data kalau lo ngga tahan godaan sama notifikasi, itu juga kalau ada yang ngechat ya! Kalau cuma notif dari grup chat sih nggak usah buru-buru ngecek HP. Nggak ada yang nyariin lo.
Lebih baik abaikan semua itu, lu fokus nulis selama 1-2 jam dulu. Setelah itu lo bebas mau guling-guling main HP.

6. Target
Selain dari ke lima itu, lo juga harus punya target. Misalnya dalam satu hari waktu lo nulis cuma 1-2 jam aja. Lo harus bisa kelarin misalnya 2 part.
Kalian harus punya tekad buat ngelarin itu dalam 2 jam. Kalau bisa kelarin 3 part lebih bagus lagi. Anggap aja bonus yang akan bikin diri lo sendiri bangga tentunya.
Kalau misal hari ini kalian nggak berhasil kelarin target, lo harus punya tekad besok harus selesai semua. Anggap itu adalah utang yang ahrus lo bayar.
Jadi hari ini cuma 1 part dalam 2 jam. Besok harus bisa 3 part dalam 2 jam. Persiapkan aja diri lo sendiri supaya targetnya tercapai.

Nah, itu dia tips dari gue. Sebenernya masih banyak lagi, tapi ini aja yang kalian terrapin pasti kalian bisa konsisten kok.

~Ila Dira

Seminar KepenulisanTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang