Tema: Tips agar karya menarik minat pembaca
Sesi Q & A
1. Nama: Myhesa
Pertanyaan: Kak Mel mau tanya tips dong kak,supaya blurb yang kita buat dapat langsung menarik minat para pembaca ,mohon tips nya ya kak🙏Jawaban:
1. Pilih kalimat yang berkesan yang merupakan khas dari ceritamu.
2. Gunakan bahasa yang singkat tapi jelas. Jangan bertele-tele.
3. Akhiri dengan pertanyaan yang membuat orang penasaran.2. Nama : Nesya
Pertanyaan: Kak gimana sih bikin deskripsi cerita yg menarik? Soalnya aku suka uring"an cuma buat bikin itu doang, apalagi kalau soal prolog.Jawaban : Untuk deskripsi sama dengan blurb ya. Kalau prolog, jika memang sudah gak udah dikasih dulu ga masalah kok. Tapi buatlah 3 bab - 5 bab pertama yang membuat pembacamu terus ingin membaca karya.
3. Nama : Angel
Pertanyaan: Cara membuat kejutan di setiap part itu gimana kak? Aku kadang bingung, gimana buat pembaca ngerasa WOW gitu sama karya aku. Makasih kak.Jawaban : Sama seperti kamu memberi kejutan ke orang. Bikin penasaran dulu, jawab pelan-pelan. Kalau bisa yang tidak terduga. Memang tidak mudah. Butuh jam terbang dan perenungan yang lama :) banyak banyak cari referansi dan dimodifikasi
4. Nama : Syifa
Pertanyaan: Cara agar pembaca tetap setia dengan cerita kita gimna ya ka. Makasih mohon di jawab ya, Kak.Jawaban : Yang pertama harus kita ingat, kita gak bisa bikin orang setia selamanya. Akan ada yang datang dan pergi. Sama dengan bacaan kita. Usaha-usaha yang bisa dilakukan yaitu bikin seru ceritamu :) sama kalau kita lihat drama berepisode.
5. Nama : Nisa
Pertanyaan: Jika kita sudah yakin bahwa cerita yang kita tulis sudah sangat menarik dan bagus,namun peminatnya masih saja sedikit itu gmn ya kak?Jawaban: Nulis aja. Kita harus tahu tujuan menulis kita apa. Pembaca itu sama kayak rezeki datangnya. Yang jelas kalau kita hanya memikirkan apresiasi manusia, kita gak akan enak melakukannya. Jadi penulis, ga ada yang baca gak jadi. Jadi penyanyi, gak ada yang suka, gak jadi. Jadi nulis ya nulis aja buat kebahagiaan. Soal rezeki pembaca dan penghasilan udah ada yang menentukan :)
6. Nama : Nia
Pertanyaan: Halo, Kak Mel. Salam kenal. Mohon izin mau tanya kak. Biasanya kan readers tertarik buat baca yang di first ranking meskipun nggak terlalu bagus cover nya. Juga tertarik untuk baca karya penulis terkenal meskipun di awal"nya biasa aja. Jadi gimana cara kita branding nama dan mencapai rangking tinggi kak? Terimakasih.Jawaban: Hay, gak ada loh yang langsung ranking satu. Gak ada loh yang langsung punya nama. Mereka mulai dari kata memulai kalau mau jadi kayak mereka ya mulai. Kalau aku pribadi daripada fokus nulis cerita biar banyak yang baca, lebih baik fokus ke memperbaiki tulisan dan manfaat apa yang bisa dibagi. Karena kalau cari popularitas gak akan seneng lakuinnya. Yang ada malah tertekan.
7. Nama: Bulanydwn
Pertanyaan: Malam kak, saya mau tanya. Untuk membuat cover yang menarik itu bagaimana? Menurut Kakak apakah harus mengikuti tren model cover yang sekarang, atau bagaimana? Terima kasih.Jawaban : Iya. Kalau saya lebih baik beli :). Nyatanya cover itu berpengaruh. Kalau mau Sekarang zamannya canggih. Banyak tutorial, coba aja.
NOTE:
Buat teman-teman semua. Gak salah kok kalian punya mimpi punya karya yang disukai banyak orang, tapi jangan lupakan manfaatnya ya.
Beneran akan nyesel kalau kita nulis demi popularitas tapi tulisan kita malah memberikan dampak buruk. Senengnya sesaat.Pengalaman aku. Waktu aku mengharapkan karyaku ranking satu dan disukai banyak orang, malah gak ada pembaca yang datang. Namun saat aku fokus memperbaiki tulisan dan punya tujuan yang lebih baik dari sebelumnya, pembaca malah berdatangan.
Yang dikejar, kadang malah lari.
Satu yang aku percaya dalam pengalamanku sangat ajiab. Sampai-sampai ceritaku yang belum apa-apa akan difilmkan adalah DOA.
LAKUKAN AJA DULU! USAHA AJA DULU! DOANYA HAJAR TEROOOS!
Mohon maaf saya banyak kurangnya.
Wassalamu'alaikum.Terimakasih sudah bergabung^^