Notulensi Seminar Risma Ridha💚

162 18 0
                                    

4 Agustus 2020

NOTULENSI

Seminar Online Kepenulisan Bersama Kak Risma Ridha Annisa dengan Tema "Kiat Menembus Penerbit Mayor"


Materi

Cara naskah kita bisa terbit di mayor itu ada dua nih:

1. Kompetisi menulis

Nah, kalo ini biasanya udah ada tema dan syarat ketentuannya. Kadang ada yg deadline nya sebulan doang. Jadi kalo kita ngga punya naskah yang udah kelar, maka kita akan dimarahin bang Roma irama yaitu BERGADANG KEBUT SEMALAM. Dikerjain ala bikin tahu bulat, alias DADAKAAAAAN!
Aku pernah nyoba cara sistem kebut seminggu, ya kelar sih naskahnya. Tapi hasilnya g maksimal. Hoho. Cuman yaaa, aku seneng aja karena kalo ikut lomba tuh, naskah kita pasti ada yg akhirnya selesai. Coba kalo g punya deadline, sampe bulu ketek Hulk gondrong pun, ga bakal kamu kelarin tuh. Lumutan doang di laptop.

2. Via reguler.

Nah via reguler ini juga bisa lewat dua jalur. Penerbit ngehubungin kamu langsung, untuk meminang naskah km yg ada di wattpad. Kadang naskahnya belum kelar pun udah ada penerbit yang Nge DM. Atau cara yang kedua, kamu yang menawarkan naskah kamu ke penerbit. Nah, kalo versi yang ini, naskahmu harus selesai dulu gesss di wattpad.

Trus apa aja yang perlu disiapin sebelum kirim naskah ke penerbit?

1. Sama kayak pembaca sih, penerbit juga punya selera masing-masing. Kadang ada yg di penerbit A ngga lagi nyari naskah horor. Otomatis naskah bakal ketolak. Tapi jangan putus asa, coba kirim lagi ke penerbit lain. Kemungkinan penerbit lain lagi nyari naskah genre yg sama dengan naskah kamu.

2. Selesaikan naskah kamu di wattpad, lalu DM penerbit lewat Instagram, tawarin naskah kamu. Pokoknya jangan berhenti buat usaha dan usaha. Kalo ditolak, revisi lagi, edit lagi sampe lebih sempurna.

3. Kalo kamu ikut lomba, jangan sampe melenceng dari tema yang udah ditentukan sama penerbit ya.
Lakukan self edit sebelum kamu kirim❤️

***

Pertanyaan:

1. Nama : Fanca

Pertanyaan : Gimana cara nanggepin buat readers yg sllu nge judge kita kak? katanya cerita yg kita bawa tu sama seperti penulis A 'yg mmg karyanya sdh terkenal seluruh Indonesia' kita tu plagiat padahl cerita kita blm selesai,dan mmg ada sebagian cast yg sama,setelah ditelusuri padahal karya yg kita bikin itu berdasarkan pengamatan kita,lingkungan kita dan bahkan itu kisah pribadi kita tapi kita modif dikit. apakah itu akan dilirik juga sama penerbit? niat awal pake cast itu supaya kena sama karakter yg kita bawain.

Jawab: Coba kamu cermati lagi naskah kamu. Karena kadang, penulis nggak sadar kayak kebawa gaya bercerita, alur, atau apa pun itu dari penulis kesayangannya.
Setelah dicek ulang dan km bener2 yakin kalo cerita kamu g mirip sama cerita yang bersangkutan, yaudah lanjut aja.
Selama kamu g salah, ga usah pedulikan omongan orang yang g suka sama kamu. Tapi mgkin km perlu minta suggest dari temen terdekat kamu, suruh baca cerita kamu, biar dia bisa nilai. Kira2 cerita kamu terlalu mirip ga sih, sama cerita yang udah udah


2. Nama: Nurma

Pertanyaan: Hai Kak Risma 😄. Saya izin bertanya, kalau kita sudah memiliki naskah yang sudah selesai dan menawarkan naskah tersebut ke penerbit, biasanya yang pertama kali penerbit nilai untuk kelayakan naskah apa sih kak? Misal dari sinopsis kah atau dari 3 bab awal cerita kita? Lalu cara agar membuat penerbit suka dengan cerita yang kita buat itu bagaimana?

Seminar KepenulisanTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang