Hari ini, mama papanya Jaehyun sudah resmi berpisah secara agama dan negara.
"Jae?" Panggil Mamanya yang sadar kalo Jaehyun ngelamun.
"Iya ma?" Sadar Jaehyun.
"Gapapa. Semuanya udah selesai." Mamanya senyum. Senyum yang bikin hati Jaehyun makin sakit. Karena gaada sedikit kebahagiaanpun di sana.
"Ma maaf ya? Sedikit banyak, Jaehyun tetep salah."
"Nak, engga. Ga sama sekali. Udah, kamu berhenti salahin diri kamu." Mama bawa Jaehyun ke pelukannya.
"Setidaknya dari semua ini, mama punya kamu. Walaupun gabisa selamanya sama papa kamu, seenggaknya mama punya bagian dari papamu yang mama siap buat sayang selamanya." Lanjut mamanya.
Jaehyun tenggelam dalam tutur kata lembut mamanya. Ada beberapa yang harus diikhlaskan dan dimaafkan memang.
"Nanti malam, papa janji mau habisin waktu bareng kita. Ada acara ga kamu?"
Jaehyun kaget. "Ma?"
"Udah lama engga kan? Yuk. Gapapa at least for the last." Mamanya senyum lagi.
Jaehyun cuma ngangguk.
------
Tepat pukul 7 malam, bel apartemen mama Jaehyun bunyi. Dengan semangat, mama menuju pintu. Lain sama Jaehyun yang sama sekali ga gerak dari kursi meja makan.
"Jae, papamu dateng nih"
Demi apapun rasanya kaya mimpi, udah lama sejak terakhir dia denger mamanya ngomong gitu.
Jaehyun terpaku liat mamanya salim ke papanya, seolah ga terjadi apa apa.
"Ga mau salim dulu sama papanya?" Lelaki paruh baya itu senyum ke arah Jaehyun.
Dengan ragu ragu Jaehyun ikutan salim.
"Yaudah, yuk makan dulu. Ini mama udah siapin masakan kesukaan papa." Gaada sedikitpun raut wajah sedih. Bener bener kaya gaada apa apa.
Persis seperti beberapa tahun lalu. Papanya pulang, disambut mamanya. Terus makan bersama pake sop ayam bikinan mamanya. Bahagia. Jaehyun ga pernah ngerasa sebahagia ini. Walaupun sekejap dia inget kalo ini yang terakhir. Mama, papanya keliatan bahagia banget.
"Hei, ayo dimakan nak" Papanya senyum.
Senyum yang udah lama gaada buat Jaehyun.
Jaehyun ngangguk.
"Kuliahmu gimana? Sudah hampir semester akhir ya?" Tanya Papanya disela sela makan malam.
"Iya pa, doain lancar sampe lulus ya" Respon Jaehyun.
"Aamiin" mamanya senang.
"Aamiin" Sahut papanya juga.
Akhirnya makan malem yang diselingi beberapa obrolan ringan itu selesai.
"Jaehyun, kamu tau kan sekarang mama sama papa gimana?" Papanya memulai ulang obrolan yang kali ini lebih serius.
Jaehyun gasuka pertanyaan ini.
"Sekarang, mama sama papa kasih waktu kamu. Omongin semuanya. Memang udah telat, tapi papa sama mama udah bicarain ini sebelumnya. Hari ini kamu boleh salahin mama, kamu boleh salahin papa. Bilang semuanya." Yakin mama Jaehyun.
Papanya ngangguk.
Jaehyun ambil nafas, lalu dibuang pelan.
"Pa, I need you to know. Aku gapernah bener bener benci sama papa. Gapernah. Selama ini aku selalu salahin diri aku sendiri. Aku minta maaf kalo gabisa jadi apa yang papa mau. Sedikitpun aku gapernah mau ngecewain papa. Tapi pa, bukan cuma papa yang punya rasa kecewa. Aku juga punya. Maaf kalo selama ngomong sama papa, aku selalu bantah bantah papa, bikin papa tersinggung. Tapi papa juga harus tau, aku juga bisa tersinggung. I'm just like you. Sama sama punya harapan, sama sama punya perasaan, sama sama bisa sedih, sama sama bisa marah. Anak, orang tua, kita sama sama manusia." Ungkap Jaehyun panjang.Mamanya diem dengerin semua kata kata Jaehyun.
"Dan mama, aku minta maaf. Sedikit banyak semua permasalahan ini, aku penyebabnya. Jangan bilang "engga" cuma buat nenangin aku. Maaf ya ma, I know how much you love papa. Kalau bisa milih, kalau bisa ulang, aku mau ulang semuanya. Walaupun mungkin nantinya ceritanya gabakal sama." Jaehyun natap mamanya dalem.
Hening, papanya nunduk. Mamanya nyeka air mata.
"Pa, jawab jujur. Papa mau nikah lagi kan sama tante Sarah?" Tanya Jaehyun to the point.
Ragu ragu papanya ngangguk.
Jaehyun senyum. "Mama jangan sedih ya? Nanti kalo mama mau juga, gapapa kok" Canda Jaehyun,tapi ga lucu.
"Pa, semarah apapun nanti sama anak papa, termasuk Kevin. Hati hati yah pa ngomongnya? Jangan sampe ada Jaehyun Jaehyun yang lainnya. Jangan sampe kata kata papa bikin anaknya benci, nyalahin dirinya sendiri seumur hidupnya." Pesan Jaehyun.
"Jae. Papa minta maaf. Bener kata mama kamu, kamu ga salah. Papa yang egois, papa yang gabisa ngerti kamu. Maafin papa ya. Ma, maafin papa juga. Selama ini papa gapernah jujur sama mama. Selalu bikin hati mama sakit. Harusnya papa jujur, harusnya papa ga egois. Sekarang ada Sarah, Sarah hamil anak papa. Dan semua ini berantakan emang gara gara papa. Papa ga cukup baik buat jadi suami mama yang sebaik ini. Papa gacukup baik buat jadi ayah buat Jaehyun yang sehebat ini. Terimakasih semuanya. Mungkin semua kata maaf papa gaada apa apanya. Tapi papa harap, mama sama Jaehyun mau maafin papa" Sesal papanya.
Ternyata semua sudah sejauh ini. Papanya, udah jadi papa orang lain. Jaehyun cuma bisa senyum miris. Mau nangis rasanya udah habis tiap malem ditangisin.
"Mas, nanti aku diundang yah kalo nikah sama mamanya Kevin?" Mamanya memecah suasana.
Jaehyun heran banget, hati mamanya terbuat dari apa.
"Mau ketemu Kevin dulu ga ma? Aku udah ketemu dong" Jaehyun nambahin.
Seolah makin menyayat hati papanya. Bikin papanya ngerasa makin gapantes lagi buat mereka.
"Boleh, ajakin main ke sini. Dia kan calon adek kamu juga" Respon mamanya.
"Pa, aku mau ketemu tante Sarah boleh? Cuma mau kenalan. Aku gamau setelah ini, hubungan aku sama papa jadi gabaik lagi." Jujur Jaehyun.
"Boleh aja, kapanpun kamu mau, silahkan ke rumah. Itu tetep rumah kamu." Yakin Papanya.
"Tapi kamar aku dikasih ke Kevin" Celetuk Jaehyun.
"Sementara, kamar bawah lagi direnov. Sekarang ditempatin Kevin. Jadi, kamar itu tetep kamar kamu." Jelas Papanya.
"Pa, ma. Makasih buat malem ini. Aku gamau ada bertengkar lagi abis ini. Semoga ini semua bisa jadi jalan tengah buat kebaikan mama sama papa"
"Buat kamu juga. Jangan pernah lupain diri kamu sendiri" Sahut mamanya.
Jaehyun peluk mama papanya. Kalau ini mimpi, Jaehyun gamau bangun.
✨✨✨
Got some inspirration. And here.
Maaf gaada Jaerosenya dulu🥺🥰
KAMU SEDANG MEMBACA
Support System × Jaerose
FanfictionPlease, panggilin Rose sekarang. Currently slow update! Sorryyy.