Hari ini adalah hari pertama Matsama bisa dibilang Masa Taaruf Siswa Madrasah. Hari pertama matsama kita diwajibkan memakai nametag untuk seluruh perserta matsama dan panitia osis. Nametag gua berisi kan nama, tanggal lahir, asal sekolah dan foto 3×4. Oh iya nama gua Aiqillah Apata Shohan, tanggal lahir 23 Agustus 2006, asal sekolah SDI Anugerah Insani. Dihari pertama sampe terakhir matsama gua dan seluruh peserta matsama mengikuti aturan dengan baik sampai hari ketiga matsama seluruh peserta matsama wajib mengikuti semua kegiatan yang ada dijadwal matsama. Dihari ketiga kami melaksanakan matsama di buper cimandala, seluruh peserta matsama jalan kaki menuju buper setengah perjalanan kami berhernti untuk beristirahat. Setelah kurang lebih satu jam kami berjalan dari MTs ke buper cimandala, semua peserta dan panitia matsama di berikan waktu lima belas menit untuk beristirahat di lapangan cimandala. Ketika azan ashar berkumandang semua peserta, pantia dan dewan guru yang ikut serta dalam kegiatan matsama pun sholat berjamaah, bagi yang berhalangan menunggu dibawah sambil menatakan barang barang punya kelompoknya. Tak kerasa ternyata sudah magrib selepas azan magrib ada kultum sambil menunggu azan isya, selepas sholat isya semua peserta atau pun panitia berkumpul di lapangan buper untuk mempersiapkan pentas seni. Mereka sudah makan malam dan sudah selesai dengan acara pentas seni mereka pun pergi ke ruangan mereka masing masing yang sudah ada beberapa kelompok. Seluruh peserta diharapkan tidur dan bangun jam 03:00 untuk melakukan tahajud di lanjut witir beserta kultum untuk menyambut subuh. Selepas semuanya solat kami selurih peserta, panitia dan dewan guru pun ikutan olah raga bersama TNI-Darat, dilanjut games, setelah game mereka pun persiapan untuk upacara penutup. Upacara pun selesai kami pun di persilahkan untuk pulang kerumah masing masing. Dan bertemu kembali hari senin memakai seragam putih-biru.
Pada pukul setengah tujuh MTs sudah mulai ramai oleh peserta didik baru tahun ajaran 2018/2019, seluruh siswa siswi MTs. Sirojul Athfal mulai melaksanakan rutinitasnya dipagihari tadarus quran pagi juz 30. Setelah selesai membaca juz 30 seluruh siswa siswi baru diumumkan kelasnya, dan gue satu kelas sama temen temen kelompok matsama. Padahal gua berharap satu kelas sama cowo yang gua taksir dari awal matsama. Gue, Cherrybel, Pasya, Ardi dan Haikal, kita masuk di kelas 7-1. Wali kelas kami pun datang untuk memberikan jadwal, aturan sekolah dan tata tertib yang harus dilakukan selama kami bersekolah di MTs. Sirojul Athfal. Setelah satu bulan kami bersekolah di MTs. Sirojul Athfal ada acara tahun di bulan agustus yaitu lomba menghias kelas, 17 Agustusan, Lomba kebersihan kelas dan Lomba memasak antar kelas. Pada saat pemotong hewan qurban seluruh siswa-siswi diwajibkan untuk masuk dan mengambil hewan qurban untuk kelasnya masing masing. Hari H tiba dimana seluruh siswa-siswi MTs. Sirojul Athfal mulai sibuk menata kelasnya agar mendapatkan nilai terbaik. Setelah selesai acara semua siswa siswi MTs. Sirojul Athfal diwajibkan untuk membersihkan kelasnya kembali agar bersih seperti semula, selesai membersihkan kelas semua siswa siswi di perbolehkan pulang.
Selama tiga bulan kami belajar di MTs sekarang tiba saat nya kami perang untuk Penilaian Tengah Semester ganjil (PTS-GANJIL) kami pun mengisi dengan jawaban yang singkat padat dan jelas, tetapi ada saja yang membawa contekan. Setelah satu minggu kami melaksanakan ujian tengah semester, seluruh siswa dan siswi di wajib kan untuk mengikuti kegiatan PGE (Pelantikan Gabungan Ekstrakulikuler) selama dua hari satu malam di buper cimandala, seluruh peserta PGE dibangun kan pukul dua lewat lima belas. Pelantik dilakukan dengan eskulnya masing. Setelah selesai jurit malam seluruh peserta PGE melaksanakan sholat tahajud dilanjut subuh berjamaah. Kami pun sarapan pagi dilanjut senam pagi, game, bersih bersih lapangan cimandala dan upacara penutupan PGE Maksa Bakhti 2018/2019 ditutup. Seluruh peserta PGE dipulangkan ke rumahnya masing masing.
Gue pun kembali ke sekolah seperti biasanya, rutinitas di pagi hari tadarus quran dilanjut upacara bendera. Selesai upacara di lanjut KBM seperti biasanya dari jam 07:30 sampai dengan 14:15 siswa siswi MTs sudah dipulangin ke rumah nya masing masing. Pada hari minggu temen yang selalu ngedukung gua sama cowo yang gua taksir pada saat matsama ternyata dia nusuk gua dari belakang. Gua kira dia temen yang baik buat jadi tempat curhat namun gua salah dia jahat, dia puny perasaan yang sama terhadap cowo yang selama ini gua suka dan lebih parahnya lagi dia ngejelek jelekin gua, gua emang ngerasa satu minggu belakangan ini dia ngejauh dari gua gak pernah kontak gua lagi disitu gua nyesel pernah cerita sama pengkhianat seperti dia.
Di hari selasa si penghianat datang ke kelas gua hanya menanyakan tentang si cowo itu masuk rumah sakit apa gak, karena gua juga ingin tahu gua tanya ke teman kelas cowo nya kenapa dia gak masuk karena apa ternyata dia sakit dirawat udah empat hari. Disitu gua berusaha untuk bodo amatan tapi hasil nihil gua gak bisa bodo amatan ke cowo sebaik dia, setelah dia sembuh gua harus ngejauhin dia. Tepat di hari gua dan teman teman gua ngomongin dia kalau besok dia gak ada, dan ternyata kamis malam di masuk UGD pukul 11:00 WIB. Keesokannya sahabat les gua ngabarin kalau dia udah gak ada untuk selamanya, dan saat di sekolah satu kelasnya langsung menangis begitu juga gua, gua gak nyangka kalo dia emang udah gak ada untuk selama.