PENGALAMAN MENERBITKAN CERITA
Hai semua, kenalin nama aku Ni Kadek Pingetania, dengan nama pena Kadek Pingetania, dan kalian bisa manggil aku Ping. Aku lahir 20/10/2003 jadi umurku sekarang udah mau 17thn. Aku masih pelajar kelas 12 SMA di denpasar Bali. Akun wattpadku @kdk_pingetania dan disitu udah ada beberapa cerita wattpad yang aku buat.
Nah, di sini aku nggak bawain materi tentang kepenulisan, melainkan aku bakalan ceritain pengalamanku nerbitin cerita. Aku di sini semacam sharing ke kalian tentang apa aja yang udah pernah aku alamin. Jadi maaf ya kalau misalnya ilmu yang kalian dapet dari aku itu sedikit, karena aku hanya membagikan apa yang aku ketahui dan aku alami, tanpa research dulu🥺
Aku gabung di wattpad karena suka baca cerita-cerita. Jadi dari kelas 3 SD aku suka bacain novel. Terus mulai dari situ aku mulai nulis-nulis cerita, awalnya cuma cerpen-cerpen doang, terus berlanjut ke cerbung dan akhirnya aku nyoba nulis novel di sekitaran kelas 3/4 aku lupa. Nah aku nulis semacam KKPK gitu dan tulisanku selesai pas kelas 5 SD. Di situ aku mutusin buat kirim naskah cerita aku ke penerbit KKPK yaitu Mizan. Tapi mungkin karena tulisannya masih kacau, jadinya cerita aku ditolak sama penerbitnya.
Nah itu singkat cerita tentang pengalaman ditolak penerbit pas SD. Aku udah sering cerita tentang pengalaman itu, kalian juga bisa baca lebih lengkap di 'Celotehanku' aku bakalan drop linknya di sini.
https://my.w.tt/G9Tx4wIGd8
Karena fokus utama kita itu pengalaman nerbitin novel, aku nggak mau detail nyeritain pengalaman yang di atas, supaya nggak kepanjangan. Langsung aja ya ...
Awal aku bisa nerbitin cerita itu karena cerita kedua yang aku buat di wattpad dengan judul 'Kakak Kelas' banyak banget yang baca. Awalnya aku juga kaget karena ceritaku bisa banyak yang baca dan ada di rank 1 teenfiction selama beberapa bulan. Padahal ceritaku yang itu EYD nya masih berantakan🥺 tapi aku seneng banget karena orang-orang baca ceritaku dengan antusias, sampe aku bisa update tiga kali sehari.
Nah setelah cerita itu selesai, jelang beberapa harinya, ada satu penerbit yang nawarin aku untuk nerbitin cerita di penerbitannya dia. Aku yang saat itu masih kelas 1 SMP bener-bener ngerasa campur aduk. Seneng, kaget, gatau harus jawab apa, dan banyak lagi. Dan akhirnya aku iyain aja, tanpa mikirin apapun lagi. Terus aku lanjut chat di WA sama penerbitnya.
Abis itu penerbitnya nyuruh aku ngirim naskah yang udah dimasukin ke word dengan ketentuan-ketentuan. Aku juga disuruh ubah ceritanya biar beda sama versi wattpad. Nah setelah itu aku kirim ke si penerbit dan beberapa bulannya, aku nggak inget pasnya kapan, intinya dia kirimin surat kontrak. Terus proses penerbitannya lama banget, sekitaran 6 bulan lebih kayaknya, sampai aku udah naik ke kelas 8 SMP. Aku juga sempet ngira itu penipuan.
KAMU SEDANG MEMBACA
Celotehanku
SachbücherBerisikan tentang keluh kesah dan pengalaman sang penulis. *** Celotehanku Copyright © 2020 by kdk_pingetania