Sepuluh menit kemudian bel pun berbunyi. Teng ... teng … teng ….
"Wah, ga terasa ya kita main takrawnya. Udah masuk aja. Kita kelas yuk." ajak Izdan.
"Ok. yuk. Jangan lupa cuci tangan ya sebelum masuk kelas." kata Feri mengingatkan.
"Oh iya, yuk. Nah di sana ada wastafel. Kita cuci tangan dulu ya." kata Farel.
Mereka bertiga berbaris dengan tertib yang disusul dengan murid lain.
Di dalam kelas Izdan ... para murid melakukan aktivitas kesukaan mereka sembari menunggu guru datang. Ada yang bernyanyi, membaca buku dan bersendau gurau.
Tak lama kemudian, Bu Puji tiba di kelas Izdan.
"Good morning, class." ujar Bu Puji membuka percakapan di kelas.
"Good morning, mom." jawab para siswa serentak.
"Ok, before studying, let's pray to Allah first. Who is to want leader pray together?" tanya Bu Puji.
"Me, mom." jawab Wildan mengangkat tangan.
"Ok. You can lead pray, Wildan." ujar Bu Puji mempersilakan.
"Thank you mom." ucap Wildan bersemangat.
"Ok friends, before studying let's pray to Allah. The pray begining." pimpin Wildan sambil menundukkan kepala.
Tak lama kemudian Wildan memberi aba-aba lagi
"Ok friends, our pray finish." kata Wildan.
"Thank you, Wildan. Sit down, please." kata Bu Puji mengambil kursi di dekatnya.
"You're welcome, mom." ucap Wildan dan kembali ke tempat duduknya.
"Ok, class. Today, Missis Lili can't go to school. So, as replace her, I wanna give you game question about history art of Islam. Are you ready?" ujar Bu Puji membuka-buka buku.
"Ok, mom. We are ready." jawab para murid serentak.
"Well, what do you mean about Aswaja?" tanya Bu Puji.
Izdan mengangkat tangan
"Yes, Izdan. Go it." kata Bu Puji.
"Excuse mom, can i answer it with Indonesia?" tanya Izdan ragu.
"Ok, silakan Izdan." jawab Bu Puji.
"Menurut saya, Aswaja adalah sebuah aliran yang mana kaum mayoritas mengikuti segala perbuatan dan perkataan baik dari Rasulullah maupun sahabatnya." ujar Izdan penuh semangat.
"Ok, nice. Ada lagi yang mau jawab?" tanya Bu Puji memberi kesempatan kepada para murid.
Fira pun mengangkat tangannya.
"Saya, Bu." kata Fira antusias.
"Ya, silakan Fira." ucap Bu Puji mempersilakan Fira untuk menjawab.
"Aswaja adalah pengikut nabi Muhammad yang mana para pengikutnya mengikuti Al-qur'an dan sunnah-sunnahnya, Bu." jawab Fira yang tak kalah semangatnya dengan Izdan.
"Waaahh … luar biasa jawabanmu, Fira." ujar Bu Puji.
"Ok, siapa lagi yang mau jawab?" tanya Bu Puji penuh semangat.
Teng … teng … teng … bel istirahat berbunyi.
"Sudah waktunya istirahat ya? Baiklah, kita istirahat dulu. Setelah ini, kalian masih ada pelaran lagi ya?" kata Bu Puji.
"Setelah ini kita olahraga, Bu." jawab Fia.
"Oh ya, baiklah. Selamat bersenang-senang." kata Bu Puji tersenyum sambil mengemasi buku-bukunya.
YOU ARE READING
Izdan Anak Jalanan
SpiritualSeorang anak yang ditinggal pergi keluarganya lantaran ombak besar tsunami yang menghantam rumah dan seluruh keluarganya.