Genre Science Fiction

15 2 0
                                    

🦋MATERI SCINCE FICTION🦋

👇MATERI YANG DIBAHAS👇

-APA ITU SCI-FI DALAM ANIME
-CIRI TERTENTU GENRE SCI-FI

***

🦅APA ITU SCI-FI DALAM ANIME? 🦅

Sebenarnya Sci-Fi mencakup tema-tema yang luas dan mempunyai subgenre-subgenre yang mengakibatkan sulit untuk didefinisikan secara jelas. Sci-Fi sendiri adalah salah satu genre dari cerita fiksi (fiction) yang mempunyai ciri khusus yaitu elemen imajinasinya berkaitan erat dan mempunyai kemungkinan untuk dijelaskan menggunakan science atau kemajuan teknologi yag berdasarkan pada hukum alam yang dituangkan pada postulat-postulat science (kalo bahasa awamnya sih hukum-hukum fisika, kimia, biologi dll yang kita pelajari di sekolah tapi udah dalam tingkat advanced).

Banyak juga kisah Sci-Fi yang menentang fakta yang ada saat ini, tetapi masih berdasarkan kemungkinan yang dapat terjadi mengacu pada banyaknya hal yang masih belum dapat dijelaskan sampai saat ini, atau menceritakan kemungkinan yang dapat terjadi apabila fakta dan sejarah yang ada tidak terjadi/salah.

🦅Dalam film sendiri genre Sci-Fi ditandai oleh beberapa ciri tertentu, diantaranya:🦅

➡Seting futuristik, kejadian berbeda dengan fakta dan data yang mempunyai efek besar (alternate history).

➡Setting luar angkasa, di dunia lain (makhluk yang tidak dikenali manusia), atau melibatkan alien.

➡Berkaitan dengan teknologi atau prinsip science yang bertentangan dengan hukum alam yang diketahui.

➡Berkaitan dengan penemuan atau penerapan dari prinsip science yang baru diketahui seperti mesin waktu (time travel), nano tech, robot, perpindahan melebihi kecepatan cahaya/teleportasi dan lain sebagainya.

_____

FORMAT QnA

Nama = Zhe Zhang Geum S.L.D
Pertanyaan = Kak kan materinya tentang Sci-fi dalam anime, ok kalo misalkan kita ingin buat cerita sci-fi latarnya isekai dan bersifat khayalan apa dengan itu kita buat cerita yang beda dari orang lain ?
Kesan dan pesan: Terimakasih banyak kak atas materinya, semoga sehat selalu dan semangat menyampaikan materi.

Maaf kak kalo pertanyaan saya gak nyambung, kakak pasti faham

Jawaban: terimakasih telah bertanya, ya bisa saja dan itu akan membuat cerita kamu beda dari yang lain, tapi ingat dalam cerita itu harus tetap ada tema/gambaran tentang fiksi ilmiah atau science ficton.

_____

Nama : Nabila Saskia
Pertanyaan :Sub genre dari genre Sci-fi, apa aja kak?
K

esan dan pesan: Alkamdulillah materinya mudah dipahami, namun ada beberapa penjelasan yang saya kurang paham🙏
Terimakasih materinya kak🙏

Jawaban: kamu tanya soal sub genre? Bukan kah seperti nya materi ini sudah diberikan ah kamu lupa atau memang tidak menyimak saya tidak tahu yang jelas kamu bertanya jadi akan berikan kembali:

Ada beberapa sub-genre dari novel fiksi ilmiah/Sci-Fi.

1. Invasi makhluk luar angkasa
Ceritanya akan seputar mahluk asing yang memiliki kecerdasan lebih tinggi dari umat manusia, datang ke bumi untuk menginfasi kehidupan dan merebut bumi. Atau dalam beberapa tema, manusia malah dijadikan bahan makanan

2. Dunia alternatif (dunia paralel)
Novel akan berkisah tentang kehidupan di dunia selain dunia nyata (bumi), bisa dalam bentuk sebuah pulau yang belum pernah diketahui, dan kadang muncul kadang hilang (karena berada di dimensi lain) atau keseluruhan dunia yang benar-benar berbeda.

Genre Republik Wattpad TeamTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang