Materi Sastra

1 0 0
                                    

PENGERTIAN SASTRA

Sastra adalah ungkapan ekspresi manusia berupa karya tulisan atau lisan berdasarkan pemikiran, pendapat, pengalaman, hingga ke perasaan dalam bentuk yang imajinatif, cerminan kenyataan atau data asli yang dibalut dalam kemasan estetis melalui media bahasa.

Pengertian di atas diperkuat oleh Sumardjo & Saini (1997: 3) yang berpendapat bahwa Sastra adalah ungkapan pribadi manusia yang berupa pengalaman, pemikiran, perasaan, ide, semangat, keyakinan dalam suatu bentuk gambaran konkret yang membangkitkan pesona dengan alat bahasa.

Mengapa bentuknya dapat berupa imajinasi atau justru data real secara bersamaan? Karena terdapat jenis Sastra non-imajinatif atau non-fiksi. Kategori ini mengambil data real berupa berita atau sejarah, lalu mengemasnya dalam tulisan estetis agar lebih menggugah pembacanya.

Sementara itu, meskipun suatu karya tulisan adalah fiksi, ia tetap dapat mencerminkan kenyataan. Seperti pendapat Saryono (2009: 18) bahwa sastra mempunyai kemampuan untuk merekam pengalaman yang empiris-natural maupun pengalaman yang nonempiris-supernatural.

Sederhananya, Sastra dapat menjadi saksi dan komentator kehidupan manusia.

Pengertian Sastra adalah hal yang tidak berhenti dibicarakan sepanjang masa. Pengertiannya terus diperdebatkan sejalan dengan pendapat para pelaku dan perkembangan zaman. Sehingga, untuk mengetahui perkembangannya, ada baiknya kita mengetahui berbagai pendapat para ahli.

PENGERTIAN SASTRA MENURUT PARA AHLI

Mursal Esten (Esten, 1978: 9) berpendapat bahwa Sastra adalah pengungkapan dari fakta artistik dan imajinatif sebagai manifestasi kehidupan manusia dan masyarakat umumnya, melalui bahasa sebagai medium dan memiliki efek positif terhadap kehidupan manusia.

Menurut Terry Eagleton, Sastra merupakan karya tulisan indah (belle letters) yang mencatatkan sesuatu dalam bentuk bahasa yang dipadatkan, didalamkan, dibelitkan, dipanjangpendekan dan diputarbalikan, dijadikan ganjil atau cara penggubahan estetis lainnya melalui alat bahasa (Eagleton, 2010: 4).

Menurut Panuti Sudjoman, Sastra merupakan karya lisan atau tulisan yang memiliki berbagai ciri keunggulan seperti keorisinalan, keartistikan, keindahan dalam isi dan ungkapanya (1990 : 68)

____________________________________
Nama : Yessi Ramadhani
Pertanyaan : kan kita tahu bahwa zaman terus berkembang, jadi yang ingin saya tanyakan apakah perkembangan zaman akan berpengaruh pada sastra? Jika berpengaruh, bisa jelaskan apa pengaruhnya?

Jawaban: Tentu saja perkembangan zaman sangat berpengaruh pada perkembangan sastra itu sendiri. Karena bisa kita lihat ya perkembangan sastra dari waktu ke waktu, mulai dari pujangga baru, balai pustaka, angkatan tahun 45, 60,70 bahkan sampai angkatan 2000'n.
____________________________________

Nama : Cheery
Pertanyaan : Maksud dari “Sastra dapat menjadi saksi dan komentator kehidupan manusia”, boleh lebih diperjelas?

Jawaban:Maksud dari sastra dapat menjadi saksi dan komentator kehidupan manusia adalah bahwa sastra mempunyai kemampuan untuk merekam pengalaman yang empiris-natural maupun pengalaman yang nonempiris-supernatural.

____________________________________
Nama: Fian
Pertanyaan: Kan di jelaskan bahwa sastra dapat menjadi saksi dan komentator kehidupan, jadi diary itu termaksud karya sastra engga?

Jawaban:Diary tidak dikatakan sebuah karya sastra, karena sebuah karya dikatakan karya sastra apabila menghibur dan memiliki manfaat yang dapat kita ambil. Jika hanya untuk hiburan semata tanpa memiliki manfaat, maka itu tidak dikatakan karya sastra.

____________________________________

Nama : Maulita Nur Apriliana

Pertanyaan : Apa arti kata empiris? Terima kasih🙏🏻🙏🏻

Jawaban:Empiris merupakan suatu keadaan yang berdasarkan pada peristiwa atau kejadian nyata yang pernah dialami serta didapat dengan melalui penelitian, pengamatan ataupun juga eksperimen yang pernah dilakukan.

____________________________________

Nama : Nur Ain
Pertanyaan : Aspek² apa saja yang perlu diperhatikan dlm mnilai krya sastra dlm bntuk bcaan crita?

Jawaban: Aspek-aspek yang perlu diperhatikan dalam menilai sebuah karya sastra dalam bentuk bacaan cerita yaitu; kejelasan bahasa, kejelasan tema, kesederhanaan plot, kejelasan perwatakan, kesederhanaan latar dan kejelasan pusat pengisahan.
____________________________________

Nama : Nur Ain
Prtnyaan : oh ternyta ada jenis sastra non imajinatif, lalu seperti apa tuh contohnya?

Jawaban:Sastra non-imajinatif itu sendiri merupakan sastra yang lebih menonjolkan unsur kefaktualan daripada daya khayalnya dan ditopang dengan penggunaan bahasa yang cenderung denotatif.
Dalam prakteknya jenis sastra non-imajinatif ini terdiri atas karya-karya yang berbentuk esai, kritik, biografi, autobiografi, dan lain sebagainya.

____________________________________

Nama : Reni A
Disitu terbilang jenis sastra non imajinatif, bisa dijelaskan dan contohnya?

Jawaban: Non imajinatif itu contohnya seperti catatan harian, sejarah, biografi.

Soal catatan harian, kamu bisa baca contoh buku berjudul, "Catatan Harian sang penggoda Indonesia"
____________________________________

Nama : Luthfi Aruna H
Pertanyaan : Apa yang di maksud membangkitkan pesona dengan alat bahasa?

Jawaban: Yang dimaksud dengan membangkitkan pesona dengan alat bahasa yaitu ungkapan pribadi manusia yang berupa pengalaman, pemikiran, perasaan, ide, semangat, keyakinan dalam suatu bentuk gambaran kehidupan.
____________________________________

Tugas Sastra, Kamis 20 Januari 2022

Pertanyaan: Apa fungsi sastra dalam kehidupan sehari-hari menurut pendapat temen-temen?

Jawaban:

1. fian⑅9308

Klau bicara fungsi banyak banget malahan, contohnya dapat memotivasi, memberi semangat, bahkan ada yang secara gamblang menampar aku. Seperti buku ibu kartini dengan judul "habis gelap terbitlah terang" yang klau kita ambil kesimpulan secara gampang itu "setiap masalah ada jalan keluarnya, setiap rasa sakit akan tiba masanya bahagia" dan dari buku itu kita mendapatkan pelajaran bahwa dunia ini adil, jika diberi bahagia ya syukuri klau di kasih sedih ya nikmati. Setiap kehidupan ada porsinya masing².

2. Maulita Nur Apriliana

Fungsi sastra dalam kehidupan sehari-hari menurut aku banyak banget. Contoh simpelnya kita bicara, menulis, membaca itu sudah masuk sastra. Jadi, sastra itu berperan penting bagi kita. Fungsinya banyak banget misalkan, kita mampu memahami orang lain, memberi asupan pada otak untuk berimajinasi, melatih daya pikir, dll. Mungkin beberapa orang beranggapan sastra itu tidsk penting tapi salah, sastra sangat penting bagi kita. Setiap perilaku kita saja jika kita maknai dan kaitkan pasti ada saja kaitan dengan sastra. Kesimpulannya sastra sangat penting bagi kehidupan kita.

____________________________________
____________________________________
____________________________________
____________________________________
____________________________________

Genre Republik Wattpad TeamTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang