🌸KELAS GENRE ROMANCE🌸
✨ TIPS DAN TRIK MENULIS NOVEL ROMANCE✨
~~~
1. Pikiran Tokoh
Khususnya dua tokoh utama yang merupakan bintang novel Kamu. Pikirkan masa lalu yang mungkin berdampak pada kedua tokoh. Apa kelemahan dan kelebihan mereka? Apakah mereka punya cinta masa lalu? Kenali seluk-beluk tokoh yang Kamu ciptakan.
Tokoh adalah bagian penting dalam novel roman. Supaya tokoh utama tampak "realistis" Kamu harus memberi mereka kekurangan. Tidak ada orang yang sempurna. Jadi, kenapa harus membuat tokoh yang sempurna? (Namun, menciptakan dua tokoh yang sempurna bagi satu sama lain boleh saja asalkan mereka juga punya kekurangan dan kelebihannya.)
Jangan membuat tokoh utama yang hanya terobsesi dengan satu hal atau satu orang. Pembaca harus bisa mengenal mereka di luar kehidupan cinta.
2. Pilih usia tokoh
Tentukan usia tokoh, tergantung kelompok pembaca yang Kamu targetkan. Di sini penulis harus memahami bagaimana menulis novel roman yang dapat dipahami pembaca, sehingga novel roman dewasa yang berpusat pada usia 15 tahun tidak akan sukses.
Begitu juga sebaliknya, jika Kam menulis novel remaja, usahakan tidak menciptakan tokoh utama berusia 40-an atau bahkan 30-an karena itu adalah usia orang tua remaja yang akan membaca novel Kamh.
Remaja dan orang muda usia 20-an awal lebih menyukai novel roman sehingga alangkah baiknya jika tokoh Kamu berusia antara 18 dan 24 tahun. Sesuaikan usia tokoh dengan kelompok usia orang yang menjadi target pembaca.
3. Tentukan latar
Jika Kamu memilih masa depan, situasinya tidak akan terlihat seperti zaman sekarang. Jika Kamh menulis roman paranormal, cobalah menciptakan dunia sendiri. Dasarkan latar pada sub-genre roman.
Tidak perlu menciptakan latar yang spesifik sampai ke detail terkecil jika Kamu tidak mau, tetapi pembaca akan lebih mudah memvisualisasikan cerita jika mereka dapat membayangkan latarnya. Selain itu, latar dapat membantu membangun tokoh.
Jika latar cerita Kamu selalu bermandikan matahari, mungkin si tokoh bercita-cita untuk tinggal di tempat yang disirami hujan.
4. Pikirkan peristiwa agar cerita kamu jadi roman
Masukkan peristiwa yang berhubungan dengan cinta, seperti kencan dan patah hati. Pikirkan ide menarik yang berbeda dengan ide yang sudah digunakan dalam cerita lain. Misalnya, salah satu mantan tokoh cemburu dan ingin kembali, atau orang tua tidak setuju pada pilihan si tokoh dan memilihkan calon lain.
Jangan lupa memasukkan tokoh lain, seperti mantan, orang tua (jika ceritanya tentang remaja), dan teman-teman. Jangan selalu menciptakan adegan "piknik di taman dengan kupu-kupu beterbangan" atau rangkaian "menikah, cerai, berpacaran, selingkuh, putus". Buatlah novel roman yang berbeda.
Berikan kesulitan pada tokoh di dalam cerita. Buatlah Ide menarik, contohnya "laki-laki bertemu perempuan dan jatuh cinta lalu hidup bahagia selamanya" sudah terlalu biasa. Buat ide menarik, misalnya, "laki-laki bertemu perempuan dan mereka saling membenci sampai si laki-laki itu melihat si perempuan menggila di pesta dan mengajaknya kencan dan perempuan itu menyadari kencannya payah."
Ya, skenarionya memang panjang, tetapi jauh lebih kompleks. Ciptakan masalah berbeda yang sesuai dengan jenis roman yang sering ditulis. Misalnya, tokoh perempuan adalah hantu, tokoh laki-laki 10 tahun lebih tua dan keluarga si perempuan tidak setuju, tokoh perempuan cacat, atau tokoh laki-laki berasal dari masa depan.
KAMU SEDANG MEMBACA
Genre Republik Wattpad Team
SachbücherBelum paham mengenai dunia 'Kepenulisan'? Di sini kami hadir membawakan sebuah materi berkaitan dengan genre-genre pada cerita. Yakin mau ketinggalan? Yuk belajar bersama kami. Jangan ketinggalan yah, sampai ketemu di halaman selanjutnya👋