Genre Tiener Fictie's 2

2 0 0
                                    

🌟 TIPS NULIS TIENER FICTIE'S 🌟
Dari Wiewien Wintarto

Hari/tanggal: Kamis, 18 Febuari 2021
Fasli Jamilun: A/B
Tim Penyusun:
•⟩ Cheery Vivian
•⟩ Yorasins

PENDAHULUAN
•⟩ Siapa itu Wiwien Wintarto
•⟩ Pendapat Wiwien Wintarto tentang Tiener Ficties
•⟩ Tips Wiwien Wintarto

***

🧐 Siapa itu Wiwien Wintarto? 🧐

•⟩ Wiwien Wintarto adalah seorang penulis yang telah menerbitkan 33 buku cetak dan 4 naskah online, di antaranya novel-novel genre young adult dan new adult, di Elex Media Komputindo dan Gramedia Pustaka Utama.
Kegiatan lain adalah jadi editor dan menggerakkan komunitas Himpena (Himpunan Penulis Indonesia).
Beberapa buku yang telat diterbitkan adalah:
•⟩ Say No To Love
•⟩ Say No To Me
•⟩ Duo Detektif dll.

📍Pendapat Wiwien Wintarto
Tentang haruskah Tiener Fictie's identik dengan kealay(i)an anak muda

Wiwien mengungkapkan bahwa novel TeenFict tidak harus alay.

👉🏻Beliau mengungkapkan bahwa kealayan novel TeenFict lebih kepada konteks tema, bukan terkait struktur dan cara bercerita. Sebagai produk sastra, novel teenlit harus mengacu kepada tata aturan penulisan yang berlaku. Jika saat ini yang berlaku EBI, itulah standar bahasa yang digunakan. Lebih lanjut, Wiwien menjelaskan bahwa kealayan seorang anak remaja bisa dimunculkan pada bagian tertentu, misalnya pada bagian dialog atau komunikasi antar tokoh. Maka, Wiwien menegaskan bahwa hal yang perlu dilatih seorang penulis novel teenlit adalah perihal kelincahan dan ketidakkakuan dalam menulis.

📌Sekarang kita lanjut ke tips-tipsnya!

TIPS DARI WIWIEN WINTARTO

1️⃣ Bagian tersulit dari penulisan novel adalah memulai.
Menemukan ide yang tepat dan kemudian menyusun alur juga sulit. Tapi tetap saja, meski itu sudah ketemu, setengah mati susahnya untuk memulai. Pasti terpikir "kudu nulis apa nih?". Nah di sini akan terkuak trik-trik simpel untuk membuat kita lebih gampang memulai.

2️⃣ Saat terpikir menulis novel, jangan terbebani dengan mutu alias kualitas karya apalagi terpikir harus bisa menghasilkan karya megah nan inspiratif seperti Laskar Pelangi atau Hafalan Shalat Delisa. Why? Karena kebanyakan penerbit mencari barang yang bisa dijual, bukan kurator sastra yang mencari karya tercanggih yang sekali baca, langsung membuat pembaca menangis. Novel standar namun punya potensi pasar bagus akan diakomodasi daripada satu karya yang bernilai tinggi namun kemungkinan hanya bisa dinikmati kalangan kecil. Jadi, apa yang sedang gampang laku di dunia pernovelan saat ini?

3️⃣ Jawabannya adalah novel romance, dengan pasar pembaca perempuan modern perkotaan usia 20-45 berstrata sosial middle up. Nyaris semua penerbit mayor menerbitkan novel jenis ini, sebagian besar laku. At least nggak rugi. Ceritanya pun rata-rata sama. Umumnya tentang dua sahabat cewek-cowok yang akhirnya jatuh cinta namun ragu memulai. Alur seperti ini sudah ratusan kali dipakai, tapi tetap oke. Tidak bakal dikenai tuduhan plagiat atau pembajakan. Cukup dengan memvariasi detail karakter dan kehidupan, novel-novel sudah dianggap berbeda. Tema "gampang" lain yang juga kerap hadir adalah cinta segitiga, seperti di serial Cinta & Rahasia NET.

4️⃣ Untuk latihan, apalagi bagi yang pertama kali bikin novel, tema- tema mudah seperti itu adalah jalan yang pas guna lebih gampang memulai. Jadi tak perlu pusing mencari ide. Sudah ada, tidak perlu mencari lagi. Tinggal dituliskan. Lalu, langkah berikut adalah menulis outline. Bisa dibuat outline per bab dengan kata-kata singkat, dengan kira-kira 15-20 bab untuk panjang satu novel standar.

5️⃣ Agar makin mudah, tulislah adegan tersepele dan teremeh di bab satu sekadar untuk memaksa otak untuk memulai. Sesudah ini rampung ditulis, bab-bab berikut akan lebih lancar dikerjakan. Adegan tergampang yang bisa dipakai untuk mengisi bab satu novel kita adalah adegan bangun tidur. Misal si tokoh bangun, ngecek HP, lalu mandi dan ke meja makan utk sarapan sebelum berangkat sekolah, kuliah, atau kantor. Di situ ia bertemu seluruh anggota keluarganya, maka sekaligus sambil mengenalkan tokoh utama dan kehidupannya.

6️⃣ Adegan ini sekadar cara memulai.
Bila nanti cerita tamat, bab satu nggak bagus atau bahkan nggak nyambung, dia bisa diganti adegan lain. Saya masih sering memakai teknik ini untuk memulai. Seringnya adegan bab satu harus diganti pada saat proses editing. Tapi nggak apa-apa. Ia hanya sekadar langkah gampangan untuk memulai, daripada berjam-jam duduk di depan laptop dan bingung mau nulis apa.

7️⃣ Pada intinya, era milenial sekarang ini, semua harus dibikin mudah dari diri sendiri, agar semua mudah pula dijalani. Cara menerbitkan pun bisa dibuat mudah pula. Andai ditolak penerbit mayor, bisa diterbitkan sendiri. Andai tak punya dana untuk self publishing, bisa dipasang di Wattpad atau Kompasiana. Tetap sama-sama terbit dan dibaca banyak orang. Hal terpenting, menambah banyak teman sesama penulis, baik amatir maupun profesiobal.

***

Tanya-jawab

Nama lengkap: Maria Tania. N. M
Pertanyaan: Cara bercerita dari genre TeenFic itu seperti apa kak?

Jawaban:

Halo!
Terimakasih telah bertanya

Menurut aku, maksud cara bercerita adalah gaya bahasa yang kita pakai. Untuk narasi memang harus baku, tapi diusahakan tetep enjoy. Nah, untuk dialog bebas. Ada bahasa gaul, bahasa alien bahasa anak muda. Karena ini untuk anak muda, remaja, cara bercerita pun harus 'remaja banget'
Alay-nya itu, bisa dari gaya bicara tokoh remaja ceritamu. Misalnya dipadukan dengan bahasa gaul yang terkesan 'remaja alay' banget
Jadi, intinya itu santai dan masukkan percakapan/bahasa alay ala remaja

***

Genre Republik Wattpad TeamTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang