Genre Action

2 0 0
                                    

🍀MATERI GENRE RANDOM🍀

√√√

Tim Penyusun :
1. Maria Tania. N. M
2.Maulita Nur Apriliana
3. Fila Andrea
Hari/tanggal : Senin, 5 Oktober 2021

«««

(Silahkan simak materi dibawah ini -!)

✧ ཻུ۪۪⸙_____________•••___________☪︎⋆

TIPS MENULIS CERITA ACTION

1. Plot

Cerita bergenre action bukan hanya tentang pertarungan, tapi kita juga harus membuat plot keseluruhan berjalan ke depan dan memberikan banyak hint pada cerita. Dari sudut pandang si tokoh, kita ceritakan apa hasil dan hal apa yang harus dipertaruhkan dalam pertarungan tersebut.

2. Pamer kekuatan

Informed abbility atau kekuatan yang cuma disebut saja itu lemah buat plot cerita. Maka salah satu cara untuk menunjukkan kekuatan si tokoh bisa digali lebih dalam lewat adegan pertarungan.

3. Pemetaan pertarungan

Kita harus merencanakan bagaimana agar pembaca ikut merasakan ketegangan dalam cerita. Salah satunya adalah buat karaktermu lemah, buat dia hampir mati atau hampir kena setiap serangan lawan. Buat dia kehabisan pilihan, terdesak dan mulai panik serta ketakutan. Saat itulah karaktermu bisa mengembangkan kekuatan barunya.

4. Pelajari senjata, aliran beladiri, serta kosakata yang digunakan

Ini bukan hal yang wajib, tapi akan sangat berguna jika kamu mengetahui kosakata yang akan kamu gunakan. Misalnya kamu ingin menulis beladiri karate, di dalam karate itu bukan hanya tentang tendangan dan pukulan. Kamu harus riset terlebih dahulu, agar kosakata yang kamu gunakan tidak monoton. Begitupun dengan senjata, apapun jenisnya kamu harus tetap riset.

5. Perdalam karakter lewat adegan pertarungan

Adegan pertarungan yang seru bukan cuma mengedepankan kekerasan dan persenjataan, melainkan juga menunjukkan bagaimana karaktermu yang sesungguhnya.

__________________________________________

Nama: Yessi ramadhani
Pertanyaan : sebagaimana yang telah dijelaskan bahwa salah satu cara untuk menunjukkan kekuatan si tokoh itu bisa digali lebih dalam lewat adegan pertarungan jadi yang ingin saya tanyakan adalah selain lewat adegan pertarungan bagaimana caranya kita menunjukkan kekuatan si tokoh tersebut

Terimakasih telah mengikuti kelas.

__________________
Terimakasih telah bertanya.

Cara lain yang bisa kita lakukan untuk menunjukan kekuatan si tokoh tersebut dalam cerita adalah, selain lewat adegan juga bs lewat pada saat lewat pengenalan awal tokohnya kalian bisa langsung mengenalkan kekuatan si tokoh nya. Kedua, mungkin bisa juga dengan cara cerita atau pada saat dialog dalam cerita nya.

#maaf kalau kurang memuaskan
__________________________________________

Nama: Dheanda  Rani
Pertanyaan : boleh kasih contoh kosakata yang tidak monoton untuk cerita action?

Terimakasih telah mengikuti kelas.

__________________
Terimakasih telah bertanya.

Untuk kalimat nya intinya jangan sampai mengulangi kata atau kalimat yang mempunyai makna yang sama dalm satu kalimat.

Genre Republik Wattpad TeamTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang