Genre Songlit

10 1 1
                                    

✨MATERI GENRE RANDOM✨
(Genre Songlit)

Tim Penyusun:
☆ Maulita Nur Apriliana
☆ Maria Tania N.M

APA ITU SONGLIT?

🌍Pengertian:

☆Songlit adalah genre novel yang mengubah sebuah lagu menjadi novel. Lirik lagu tersebut menjadi judulnya, dan isi lagu tersebut menjadi keseluruhan jalan cerita novelnya.
Dapat disimpulkan bahwa genre songlit secara keseluruhan ide dan kreatifitasnya berada dalam sebuah lagu. Seseorang yang membuat novel bergenre songlit akan mempelajari lebih dalam mengenai lagu yang akan dibuatnya lalu mengembangkannya ke dalam sebuah paragraf-paragraf yang pada intinya menyuratkan dari isi lagu.
Songlit sendiri diambil berdasarkan isi dan tokoh di dalam novel tersebut.

🌍Unsur yang digunakan:

☆ Pada novel bergenre songlit, unsur yang digunakan tetap sama dengan genre-genre lain.
》Tokoh dan penokohan
》Latar
》Tema
》Alur
》Sudut pandang
》Amanat

🌍Contoh novel songlit:

☆Lelaki Buaya Darat.
☆Ruang Rindu.
☆Sebelum Cahaya.

====================================

*FORMAT TANYA*

NAMA: Mustika Mila Saru

PERTANYAAN: apakah jika membuat cerita ber-genre songlit seluruh isi cerita harus sama seperti lagu tersebut?

__________________
Terimakasih telah bertanya.

sesuai dengan materi yang sudah diberikan diatas tadi, bahwa Genre Songlit, menggunakan lirik lagu menjadi sebuah novel, dan lirik lagu tersebut akan menjadi judulnya dan isi lagu tersebut menjadi keseluruhan jalan cerita novel nya.

jadi, itu bagaimana kreatifitas seorang penulis untuk mengubah lagu jadi novel.

seluruh isi cerita harus sesuai dengan lagu yang kita pakai, jangan sampai melebihkan;boleh tambahin lagi cuman jangan keluar dr lagunya.

#maaf kalau kurang memuaskan

====================================

*FORMAT TANYA*

NAMA:
Sifatul Ulya

PERTANYAAN:
Yang harus bener" diperhatiin pas buat cerita dengan genre ini tuh apa aja sih?
Dan kemungkinan buat cerita dg genre songlit, banyak nggak sih ide yang mungkin hampir sama (maksudnya bukan plagiat tapi bisa  ada kemiripan secara enggak di sengaja) itu banyak nggak?

__________________
terimakasih telah bertanya.

jadi, yang harus benar benar diperhatikan dalam membuat novel atau cerita genre songlit yaitu, - keselarasan antar lagu (lirik) dengan isi cerita kita atau alur cerita.
- alur nya sesuai dengan lagu nya.
- kalau genre boleh ikut genre musik boleh enggak.
- diksi
- tema cerita nya jangan lupa, penting itu.

kalau menurut ku, mungkin ada yang sama ada yang enggak ya nggak semua pasti punya cerita yang sama, mungkin alur nya sama atau tema tapi bisa saja isi dalam nya berbeda. Bisa 1 satu dibuat bisa sampai 2 cerita dalam novel.

#maaf kalau kurang memuaskan.

====================================

*FORMAT TANYA*

NAMA: Nur Ain

PERTANYAAN: Apa aja karakteristik nya?

__________________

Jawab:

terimakasih telah bertanya.

karakteristik genre songlit :
- ada nya unsur musik atau lagu yang dipilih untuk dijadikan imajinasi penulis.
- alur cerita nya sesuai dengan musik atau lagu yang dipilih
- tema nya juga berbeda. jarang orang membuat novel atau cerita dengan genre songlit.
- lebih banyak butuh imajinasi.
- dikembangkan cerita novel nya dengan lirik lirik lagu yang dipilih.

Genre Republik Wattpad TeamTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang