🌻🍓HURUF KAPITAL🍓🌻
🌷🌿 Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama awal kalimat.
Misalnya: Apa maksudnya?
🌿🌷 Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama unsur nama orang, termasuk julukan.
Misalnya:
Amir Hamzah
Jenderal Sapi
Dewi Asmara
Alessandro VoltaCatatan:
(1) Huruf kapital tidak dipakai sebagai huruf pertama nama orang yang merupakan nama jenis atau satuan ukuran. Misalnya: ikan mujair, mesin diesel.
(2) Huruf kapital tidak dipakai untuk menuliskan huruf pertama kata yang bermakna 'anak dari'.
Misalnya:
Cinta binti Almira
Charles van Ophuijsen
Ayam Jantan dari Timur🌷🌿 Huruf kapital dipakai pada awal kalimat dalam petikan langsung.
Misalnya:
Adik bertanya, "Kapan kita pulang?"
"Besok pagi," katanya, "mereka akan pulang."🌷🌿 Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama setiap kata nama agama, kitab suci, dan Tuhan.
Misalnya:
Islam
Buddha
Allah akan menunjukkan jalan kepada hamba-Nya.
Ya, Tuhan, bimbinglah hamba-Mu ke jalan yang Engkau beri berkah.🌷🌿 (a) Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama unsur nama gelar kehormatan, keturunan, keagamaan, atau akademik.
Misalnya:
Sultan Hasanuddin
Mahaputra Yakin
Haji Salamah
Imam Hambali
Nabi Adam
Raden Ajeng Kartini
Vina Panduwinata, Magister Humaniora🌷🌿 (b) Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama unsur nama gelar kehormatan, keturunan, keagamaan, profesi, serta nama jabatan yang dipakai sebagai sapaan.
Misalnya:
Selamat datang, Yang Mulia
🌷🌿 Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama unsur nama jabatan dan pangkat yang diikuti nama orang atau yang dipakai sebagai pengganti nama orang tertentu, nama instansi, dan nama tempat.
Misalnya:
Wakil Presiden Adam Malik
Laksamana Muda Udara Husein Sastranegara
Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan🌿🌷 Huruf pertama nama bangsa, suku bangsa, dan bahasa.
Misalnya:
bangsa Indonesia
suku Asmat
bahasa JepangCatatan: Nama bangsa, suku bangsa, dan bahas yang dipakai sebagai bentuk dasar kata turunan tidak ditulis dengan huruf kapital.
Misalnya:
pengindonesiaan kata asing
kejawa-jawaan🌿🌷 (a) Huruf pertama nama tahun, bulan, hari, dan hari raya.
Misalnya:
tahun Masehi
bulan Desember
hari Senin
hari Valentine🌷🌿(b) Huruf pertama unsur nama peristiwa sejarah.
Misalnya:
Konferensi Meja Bundar
Perang Dunia I
Proklamasi Kemerdekaan IndonesiaCatatan: Huruf pertama peristiwa sejarah yang tidak dipakai sebagai nama tidak ditulis dengan huruf kapital.
Misalnya:
Perlombaan senjata membawa risiko pecahnya perang dunia.
Soekarno dan Hatta memproklamasikan kemerdekaan.🌻🍓 Huruf pertama nama geografi.
Misalnya:
Surabaya
Depok
Tokyo
Bukit Barisan
Gunung Fuji
Teluk Alaska
Asia Selatan
Lembah Hitam
KAMU SEDANG MEMBACA
Kodomo Bagi-Bagi Ilmu Kepenulisan
RandomKodomo Literacy Academy atau yang kerap disapa DOMOLIT akan membagikan pembahasan dan ilmu tentang dunia kepenulisan serta literasi, yang tentunya sangat bermanfaat untuk kita semua yang mau belajar lebih jauh lagi. Penasaran? Yuk, disimak baik-baik...