Masa Ta'aruf Santri Baru (MATASBA)part 2

228 9 2
                                    

Hari ini adalah hari ke 2 MATASBA, Sebelumnya mereka sudah diberi tahu bahwa pagi harinya akan diadakan senam dan games.

"Nis,tungguin ya aku mau mandi dulu,gak lama kok cepet" ucap Salsa

"Cepetan ya,ini udah mau berangkat lho,jangan lama lama" jawab Nisa

"Iya,ini mandinya mandi bebek kok,pokoknya tungguin"

"Tuh bocah Napa?masak baru mandi jam segini?" Tanya Yanti.

"ya gitu deh,tadi dapet antrian setelah gue katanya nanti masih ngantuk,sekarang giliran mau berangkat malah mandi" timpal Bila yang lumayan jengkel dengan teman sekamarnya itu.

"sudah sudah,kita tunggu aja katanya kan gak lama" ucap Fitri.

diantara mereka hanya Fitri lah orang yang paling sabar dan kalem.mungkin karna di sudah nyantri sejak kecil,jadi sudah banyak ilmu yang dia dapat.atau mungkin memang sifatnya memang begitu.kalem!

"Ayo kamar 11,kenapa kalian masih dikamar,cepat berangkat!jika 5 menit lagi masih belum berangkat akan ada konsekuensinya" ucap mbak mbak pengurus bidang Kegiatan.

"Iya mbak" jawab mereka bersama.

"aduh maaf ya,belum telat kan?aku pakek jilbab dulu" ucap Salsa

"Cepetan gih,udah ditunggu sama mbak mbak pengurus di depan" ucap Yanti jengkel.

"Ini udah kok,Ayo"

Mereka bergegas keluar kamar dan menuju ke halaman,untung saja mereka tidak telat jika telat tentu saja mendapat konsekuensi.

"Marilah kegiatan senam pada pagi hari ini,kita buka dengan bacaan Basmalah bersama sama" ucap Mbak Nurul selaku koordinator bidang kegiatan.

Bismillahirrahmanirrahim

senam pun berlangsung selama 25 menit dan dilanjutkan dengan game yang sudah disiapkan oleh Pengurus Asrama.hal ini dilakukan untuk melatih kekompakan dan tentunya agar mereka saling mengenal satu sama lain.

"Hai aku Nisa,kamar 11" ucap Nisa memulai perkenalan dengan salah satu santri yang satu kelompok dengannya.

"Aku Reni kamar 2,kamu santri baru ya?"tanyanya

"Iya"

"Selamat bergabung ya,aku mondok disini 3 tahun" ucapnya

" Iya, terimakasih"

Nisa memang tidak satu kelompok dengan teman sekamarnya.namun ia senang ia bisa berkenalan dengan banyak santri yang lainnya.

Setelah kegiatan senam dan Game berakhir,kini mereka beristirahat dan melanjutkan kegiatan Seminar Kewanitaan ba'da Dzuhur bersama Ustadzah Alifani Syahidah S.Pd,M.Pd

                             ...........

"ampun deh,gue capek banget,tapi gue seneng dapet juara 1 dong" ucap bila yang bangga dengan hasil bermain game tadi.

"Aku juga dong" ucap Salsa

"Ya iyalah,orang kalian berdua satu kelompok" ucap Nisa dan hanya dibalas kekehan mereka berdua.

"Oke man teman,Diandra mau bobok ciank dulu,capek mau istirahat"

"enaknya yang lagi dapet,pules deh tuh boboknya,lah kita..!mau tidur tapi dah mau adzan,nanggung!!" Ucap Yanti pada Diandra yang sedang kedatangan tamu bulanan.

"Suka suka Dian dong" ucapnya sambil menggelar karpet untuknya tidur

                                ..........

Setelah Ba'da Dzuhur mereka mengikuti Seminar Kewanitaan bersama Ustadzah Alifani Syahidah S.Pd,M.Pd.

Beliau adalah ustadzah yang mengampu mata pelajaran Fiqih,dan kali ini yang akan dibahas pun tentang Fiqih Kewanitaan.mulai dari tata cara bersuci,Sholat,Haid dan Nifas hingga Mandi wajib.semuanya dibahas tuntas pada seminar kali ini.

Ini adalah pengalaman baru bagi Nisa,karna sebelumnya ia belum tau secara mendalam tentang ini.ia jadi paham dan ingin terus belajar lebih dalam lagi.

bukan hanya Nisa tapi juga santri santri yang lain juga begitu.mereka beruntung bisa mengikuti seminar ini karna mendapat ilmu baru yang insyaallah bermanfaat.

Segala kegiatan di Pesantren ini membuat Nisa lupa dengan kesedihannya ditinggal orang tua,ia hanya Fokus untuk kegiatan yang sudah menantinya.ia juga sangat bersemangat mengikuti MATASBA ini dengan sebaik baiknya apalagi ia sudah memiliki teman yang akrab dengannya.

Di malam harinya adalah NOBAR FILM, eits....tapi filmnya beda.Film yang ditampilkan adalah Film karya santri santri Pondok ini.dan Filmnya adalah Film berbahasa Arab.
Tujuannya adalah memperkenalkan Bahasa Arab kepada santri baru dan juga memperkenalkan YouTube Pondok Pesantren.

Pada awalnya mereka memang tidak terlalu paham dengan alur ceritanya Karan bahasanya yang menggunakan bahasa Arab.namun mereka tetap menikmatinya dan mencoba mengira ngira isi dari Film tersebut.

"Film ini tuh,bercerita tentang perjuangan seorang santri yang sudah  tidak memiliki ayah dan ibu" ucap Fitri

Sedangkan Nisa,Bila,Diandra,Yanti, dan salsa hanya ber'oh' saja.

"Nah,itu dia Ustadz Amir,dia Ustadz yang menolong santri tersebut" Fitri menjelaskan kembali tentang Film tersebut dan mereka berlima hanya mendengarkan sambil menikmati filmnya.

"bagus ya ceritanya" ucap Nisa

"aku sampai nangis tau gak sih" ucap Diandra lebay bin alay

"Lo jago bahasa Arab ya Fit?Sampek semuanya Lo terjemahin?" Tanya Bila kepada Fitri.memang dari awal ia menerjemahkan maksud dari ucapan dalam film tersebut.

"nggak lah,biasa aja,mungkin karna aku udah belajar bahasa Arab dari MI jadinya dikit dikit bisa,sama kaya kalian yang pinter Bahasa Inggris,kalau aku sih nggak bisa" jawab Fitri

"iya juga sih,kalau kita belajar bahasa Inggris dari SD,jadi dikit dikit ngerti,nah kalau Fitri belajar bahasa Arab dari MI makanya dikit dikit ngerti" Nisa menyimpulkan perkataan Fitri dan diangguki oleh kelima temannya

"Tapi keren kamu Fit,harusnya kamu masuk di pondok yang lebih besar dari ini,kan kemampuan kamu bisa terasah" ucap Yanti

"Di pondok manapun sama saja,ilmu yang didapat juga sama saja,bedanya tergantung pada diri kita,mau berusaha apa tidak?mau tekun apa tidak?" Jawab Fitri

"salut gue Ama Lo Fit,kayanya Lo dari keluarga yang ahli agama ya?"tanya Bila.

"ah biasa aja kok,Abi sama Umi dulu juga santri makanya anak anaknya juga harus nyantri, kakak saya tiga tiganya juga nyantri" jelasnya

"Kamu punya kakak?sama dong aku juga,sekarang juga masih nyantri,kalau kakakku yang paling tua sekarang kuliah di Yordania" ucap Nisa

"oh ya?sama dong,Mas Umar sudah berkeluarga tapi dulu juga nyantri di Pasuruan,kalau Mas Huda masih Nyantri Di Jombang sama Mbak Arum" Jelas Fitri

"wah wah,enaknya yang punya mas,gua punya adek kembar aja disuruh mondok nunggu gede dulu baru mau" ucap Yanti

"jangan bahas keluarga dong,Jadi rindu nih"ucap Salsa

"Udah udah jangan baper dong,kan cuma cerita doang,biar lebih Deket kitanya" ucap Nisa

"Udah deh,dari pada baper gak ada ujungnya mending kita ke kamar aja,noh dah pada bubar yang lain" tunjuk bila

merekapun kembali kekamar karna kegiatan sudah berakhir.santri disini waktu untuk istirahat pun dibatasi seperti ketika malam pukul 23.00 harus wajib tidur dan tidak ada aktivitas lainnya seperti belajar,makan ataupun yang lain.

Bersambung...

About SantriTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang