[Kalian sangat diperbolehkan kalau ingin membaca bagian ini, tapi tidak masalah kalau mau dilewati, silakan^^]
Ini bukan bagian dari cerita, tapi saya hanya ingin berbagi sedikit tentang reinkarnasi. Sebagian besar dari kita mungkin tahu apa itu reinkarnasi. Kita akan membahasnya secara umum, dalam konsep agama Hindu dan Buddha.
Dalam agama Hindu, reinkarnasi terjadi karena sebuah jiwa harus menghadapi hasil atas segala perbuatan yang dilakukan di kehidupan sebelumnya. Kalau manusia tidak dapat menikmati hasil dari kehidupanya, mereka akan diberi kesempatan untuk menikmatinya di kehidupan selanjutnya. Oleh karena itu, dengan munculnya proses reinkarnasi diharapkan sebuah jiwa dapat menikmati hasil hidupnya yang belum terpuaskan. Sebagai tambahan, selain diberikan kesempatan untuk menikmati hidup, manusia juga diberikan kesempatan untuk meningkatkan kualitas hidupnya.
Dalam ajaran agama Hindu, ada sesuatu yang disebut 'jiwatman' yang artinya 'yang membawa manusia ke dalam hidup.' Jiwatman ini mempunyai memori untuk merekam dan mengingat kejadian atau pengalaman yang terjadi dalam hidup selama masih menyatu dengan tubuh mereka. Memori itu menghasilkan penjelasan berkelanjutan tentang dunia meskipun kematian sudah memisahkan jiwatman dengan tubuh mereka.
Mengutip dari buku yang pernah say abaca, yang berjudul Soul Awareness: Menyingkap Rahasia Roh dan Reinkarnasi, karya Anand Krishna, dalam medan perang Kurukshetra, Shri Krishna mengatakan
"Sebagaimana setelah meninggalkan baju lama,
seseorang memakai baju baru.
Demikian pula setelah meninggalkan tubuh lama,
jiwa yang menghidupinya menemukan tubuh baru."
- Bhagavadgita 2:22
Pada saat sebuah jiwa lahir kembali, rohnya abadi, sedangkan tubuhnya tidak. Jadi, jiwanya harus pindah ke tubuh yang baru dan menikmati hasil selama hidupnya. Pada saat memasuki tubuh yang baru, pada prinsipnya, roh membawa hasil dari kehidupan sebelumnya, yang akan menghasilkan takdir baik atau takdir buruk. Roh dan jiwa yang telah berinkarnasi tidak akan mengingat kehidupan sebelumnya agar tidak mengingat duka yang merundunginya di masa lalu. Namun, beberapa sumber mengatakan bahwa jiwa yang telah bereinkarnasi akan mengalami déjà vu, dan beberapa orang percaya bahwa itu akan mengungkap pengalaman yang terjadi di kehidupan sebelumnya.
Proses reinkarnasi akan terus berlanjut selama jiwa masih terikat dengan hasil dari perbuatannya. Namun, jika tubuhnya tidak lagi terikat dengan ikatan duniawi dan jiwanya telah memahami arti hidup yang sebenarnya, maka perasaan duka dan jiwa yang bersangkutan akan terlepas dari siklus kelahiran kembali. Dalam hal ini, jiwa tersebut telah bersatu dengan Tuhan.
Dalam agama Buddha, kelahiran kembali disebut Punabbhava. Semua makhluk hidup di alam semesta ini akan terus hidup selama makhluk tersebut belum mencapai derajat kesucian Arahat/Arhat. Arahat berasal dari bahasa Pali (arahati), sementara Arhat berasal dari bahasa Sansekerta (arhati). Keduanya memiliki arti 'yang telah bangkit'. Sehingga, Arahat/Arhat adalah nama untuk mereka yang telah terlepas dari ikatan hawa nafsu (tanha), dengan mencapai pencerahan yang sempurna.
Catatan penulis:
Saya menambahkan bagian ini murni dengan tujuanuntuk menambah pengetahuan, terutama tentang konsep yang mungkin tidak semuadari kita mengetahuinya. Saya menulis bagian ini dengan berdasar kepada beberapa sumber yang saya baca. Apa kalian membaca bagian ini? Saya berharap ini dapat membantu kalian untuk mempelajari sesuatu yang baru~^^ Saya sangat terbuka bagi siapapun yang ingin berbagi atau berdiskusi mengenai topik terkait. Terima kasih.
KAMU SEDANG MEMBACA
Dilwale 2: RE[AL]INCARNATION (✔)
Romance[Versi bahasa Indonesia] Setiap makhluk hidup pasti mati, namun― "Beberapa kisah cinta tidak pernah berakhir..." Dimulai dari akhir sebuah film, Dilwale, cerita ini akan membawamu ke dalam kehidupan mereka dan memberi tahumu bagaimana perjalanan hub...