Rani pov
Aku sudah menghubungi Linda dan Arina buat jemput. Linda sama Arina bener bener kaget sama penampilan aku kali ini. Jadi lebih kalem, gak kaya aku biasanya yang keliatannya galak banget.
"Ini beneran lo kan ran" kata Arina.
"Ini gue rin" kataku. Mereka baru percaya bahwa itu aku setelah aku berbicara.
"Ayo ke ruang guru cewek. Soalnya itu tempat paling deket ke aula sama terjaga juga. Gak akan ada yg berani ngintip" kata Linda.
"Eh masa. Nanti ketemu guru guru dong. Malu gue" kata ku.
"Ada. Hayu ah cepet" kata Linda.
Banyak orang yang liatin aku sekarang. Mereka bener bener pangling sama penampilan aku yang sekarang. Beda banget. Orang yang biasanya tomboy, sekarang anggun dan kalem. Itu bener bener aneh.
RUANG GURU CEWEK.
Aku masuk ke ruang guru. Disana ada beberapa guru juga.
"Ibu pengantin ceweknya udah dateng" kata Linda ke salah satu guru yang ada disana.
"Ya ampun cantik banget" kata salah satu guru favorit ku.
"Nikah beneran aja udah" seling guru lain.
"Gugup banget yah pasti" kata guru yang lain.
Acara adat di luar udah mulai. Aku keluar nanti setelah acara adat penyambutan pengantin laki laki selesai. Aku ditemenin sama anak anak yang lain, soalnya Linda sama Arina jadi ibu calon pengantinnya.
Linda sama Zaidan jadi ortu Aku. Sedangkan Arina sama Ananta jadi ortu Raka. Sumpah mau ngakak aja. Pas latihan pun kita suka gak bener, ketawa terus. Semoga aja mereka hari ini bisa serius.
Aku cuman bisa denger musik khas sunda yang ada di luar dan sudah hafal betul apa yang sedang di lakukan di luar. Tapi, aku tetap penasaran dengan penampilan Raka hari ini.
Musiknya sudah hampir selesai, sebentar lagi aku akan dibawa menuju tempat pernikahan nya. Aku gugup banget cuman ditenangin Cindy yang daritadi ada di sampingku.
Tante Lia sama om Andi juga ada disini. Lagi berbincang hangat dengan guru guru yang lain. Maybe, next time guru guru disini bakal pakai jasa om Andi dan tante Lia. Semoga aja.
Kak Firman sama kak Fahri udah siap siap aja buat ngambil stock shoot nanti pas aku jalan ke tempat pernikahan. Udah briefing juga sama aku tadi. Biar hasilnya bagus.
"Ran, ayo keluar" kata Cindy sesudah di kasih tau lewat HT.
Aku super gugup banget. Cuman aku mencoba ngendaliin perasaan itu. Tante Lia lagi rapihin baju aku supaya ga nyangkut. Om Andi juga liat lagi make upnya mastiin kalo semua nya udah siap.
"Senyum sayang. Hari ini kamu ratunya" kata tante Lia. Dan aku pun tersenyum manis dan sangat percaya diri.
Aku berjalan bersama Cindy menuju tempat pernikahannya. Kak Firman sama kak Fahri udah sibuk foto dan video untuk stock shoot. Saat sampai di depan pintu menuju ruangan, aku meyakinkan diri untuk kesekian kalinya. Untuk bisa masuk ke ruangan itu.
"Ready ran? This is your day" kata Cindy. Aku hanya mengangguk dan menegakkan pandangan ke depan dan yakin.
"Open the door" kata Cindy di HT.
Cindy dan aku pun berjalan masuk ke gedung itu. Banyak sekali orang orang dan ada teman sekelas aku juga. Juga beberapa perwakilan kelas lain dan ibu bapak guru yang sedang menyaksikan.
Bener bener kaya nikah beneran, kaya gak settingan, karena keliatan super duper real banget. Mulai dari foto foto prewed kita yang dipajang dengan lucu. Juga desain dari pelaminan. Yang bakal dipakai foto foto tentunya. Semuanya keliatan real.
Aku pun tertuju pada orang yang sudah duduk di depan sana. Dengan baju adat sunda nya, membuatnya semakin tampan. Padahal baru melihat dari belakang. Semua mata tertuju padaku. Tapi dia yang disana? Menunduk. Apa bener dia segugup itu.
Aku pun melangkahkan kaki menuju tempat pernikahannya. Duduk anggun di samping Raka. Saat aku duduk Raka menoleh sedikit dengan muka gugupnya yang menurut ku itu lucu. Aku pun menepuk nepuk tangan Raka pelan agar dia sedikit tenang.
"Lo bisa rak" bisik ku di dekat Raka.
Skipp.
Akhirnya, ijab kabul pun selesai. Raut lega Raka tergambar jelas di wajahnya. Dia tersenyum menatap ku. Setelah itu dia memasangkan cincin yang dibeli ditoko nenek Raka waktu itu. Kami berdua pun berfoto dengan buku nikah abal abal haha. Itu sangat lucu.
Sekarang waktunya untuk beberapa acara adat sunda mulai dilakukan. Setelah akad kita mulai dengan sungkeman. Disini jujur aku ngerasa sedih banget. Padahal pas latihan kita ketawa ketawa tapi hari ini kaya bener bener sedih banget dan aku sempat menitihkan air mata.
Setelah itu ini acara paling ditunggu anak anak, yaitu saweran. Tau kan gimana ramenya saweran. Bayangin aja anak SMA saling berebut uang pas saweran. Aneh banget emang. Aku sama Raka cuman ketawa aja liatin kelakuan anak kelas yang absurd banget.
Sekarang ada Meuleum Harupat atau membakar lidi. Wah disini tuh lumayan gugup juga haha. Sampe pas matiin lidinya pun aku gugup. Karena arti dari Meuleum Harupat juga dalem. Artinya itu nyala lidi diibaratkan sebagai amarah pria yang dipadam kan oleh kelembutan wanita.
Abis itu, kita ke Nincak endog/nginjek telor. Pengantin pria bakal nginjek telor dan pengantin wanita menbersihkan dengan air dari kendi. Artinya suami bertanggung jawab sebagai kepala keluarga sementara istri mengikuti.
Meupeskeun kendi. Kendi yang tadi dipakai dipecahkan. Sebagai simbol dimulainya pengabdian istri pada suami.
Huap lingkung. Nah biasanya disini tuh orang tua pengantin saling menyuapi anak dan menantunya. Nanti pengantin juga akan saling suap. Artinya orang tua menyayangi anak dan menantu nya sama besar.
Pas bagian aku saling suap sama Raka. Malah jadi konyol gara gara Raka malah nyuapin aku kaya anak kecil. Makanya satu aula pada ketawa.
Pabetot Bakakak Hayam. Nah nanti ada ayam yang akan ditarik oleh pengantin. Yang mendapat bagian lebih banyak harus berbagi kepada yang sedikit, artinya rezeki yang ada harus dinikmati bersama. Bagian ini lucunya adalah ayamnya hampir aja jatuh kelantai. Karena aku megangnya gak bener. Untung ditangkep tuh ayam sama Raka.
Dan pas narik yang dapet paling gede aku, Raka disorakin anak anak gara gara katanya "kurang kuat nariknya weyy. Ngalah mulu lu".
Terakhir ada Ngaleupas Japati atau melepas merpati. Ibu kedua mempelai melepas merpati yang sepasang, maknanya orang tua melepas tanggung jawab karena anaknya sudah bisa mandiri.
Selesai sudah rangkaian acara adat nya sekarang bagian foto fotonya haha. Dan surprise nya ortu Raka sama aku dateng. Padahal mereka awalnya bilang kompakan gak akan dateng.
Pas di foto bareng, malah serasa nikah beneran. Anak kelas pada nyorakin gitu. Malu, seneng, campur aduk banget hari ini. Pas foto keluarga ke-2 anak F4 pada ikutan. Dasar emang pecicilan setelah gaya formal mereka tiba tiba ketengah dan bergaya aneh aneh pokoknya.
Setelah itu kita baru foto foto sama guru, anak anak kelas, juga semua orang yang ada disana. Sukses banget hari ini, sampe 1 kelas semuanya bikin lingkaran dan saling rangkul dan nangis bareng. Aku gak akan lupain moment ini sampe kapanpun.
Pas udah selesai foto foto dan nangis bareng, Raka tiba tiba meluk aku dan bilang "thanks for today, simpen aja cincinnya. Kalo bisa jangan dilepas. Siapa tau kamu jodoh aku hehe".
Disitu aku diam mematung.
Next??
KAMU SEDANG MEMBACA
MARRIED [ON GOING]
Ficção Adolescente"Oke yang keluar nomor 23" kata vina. "Oke nomor 23 adalah raka. Tinggal ceweknya nihh" kata pak galih. 'Semoga jangan aku. Bisa bisa makin ambyar aja rasanya' ucap rani dalam hati "Nomor 26 pak" kata vina. "Lah itu mah cowok lagi. Coba sekali lag...