ADAB SHALAT
shalat merupakan rukun Islam kedua setelah syahadat. shalat menjadi ibadah wajib bagi setiap muslim yang mukallaf. shalat pada hakikatnya adalah bentuk komunikasi seorang hamba dengan Allah Swt.. menurut istilah, shalat adalah ibadah yang terdiri atas ucapan dan gerakan, dimulai takbiratul ihram dan diakhiri salam. banyak ayat Al-Qur'an yang memerintahkan umat Islam mengerjakan shalat. Hadist Rasulullah saw. juga menyebutkan tentang perintah dan keutamaan salah serta ancaman bagi orang yang melalaikannya.
واقيموا الصلوة وءاتوت الزكوة وركعوا مع الركعين (٤٣)
Artinya : "dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan ruku'lah beserta orang orang yang ruku." (Q.S. Al-Baqarah [2] : 43)bagaimana cara shalat yang benar? Rasulullah dalam sebuah haidst yang diriwayatkan Imam Bukahri bersabda :
صلوا كما رايموني اصلي.(رواه البخا ري و مسلم)
Artinya : "shalatlah kalian sebagaimana kalian melihatku shalat." (H.R. Bukhari dan MUSLIM)dalam mengerjakan shalat, kita harus memperhatikan adab adab shalat. dengan memperhatikan adab adab shalat dapat menambah serta menyempurnakan ibadah shalat. perhatikan adab adab shalat berikut!
1. mengerjakan shalat tepat waktu. jika waktu sudah masuk, kita bersegera menunaikannya dengan penuh semangat dan tidak menunda nunda, kecuali ada alasan yang dibenarkan oleh syariat. berkenaan dengan orang yang melalaikan shalatnya Allah berfirman yang artinya : "maka kecelakaanlah bagi orang orang yang shalat (yaitu) orang orang yang lalai dari shalatnya." (Q.S. Al-Maun [107] : 4-5 )
orang orang yang lalai dalam shalatnya menurut Ibnu Katsir sebagai berikut.
a. orang tersebut menunda shalat dari awal waktu sehingga ia mengakhirkan sampai habis waktunya, kemudian ia baru mengerjakan di luar waktunya.
b. orang tersebut tidak sempurna dalam melaksanakan rukun dan syarat shalat sebagaimana yang diperintahkan oleh Allah Swt.,dan dicontohkan oleh Rasulullah saw., seperti shalat dengan tidak sempurna wudhunya, tidak tumakninah.
c. irang tersebut tidak khusyuk dalam shalat dan tidak memahami makna bacaan shalat.2. merapikan dan membersihkan tempat shalat, seperti membersihkan dari najis najis yang ada, menyingkirkan gambar, tulisan atau apa pun yang mengganggu kekhusyukan shalat.
3.memakai pakaian yang baik saat hendak mengerjakan shalat. jika memungkinkan, memakai wewangian
4. menyesal serta bersedih jika tidak dapat menunaikan dan menikmati shalat dengan baik dan sempurna.
5. melakuman ibadah dengan khusyuk. beberapa hal yang dapat membuat shalat kita khusyuk sebagai berikut.
a. merasa bahwa shalat yang sedang kita kerjakan itu shalat terakhir.
b. menyadari bahwa ketika shalat, Allah Swt. sedang melihat kita, sedang berhadap hadapan dengan kita.
c. mengikuti cara Nabi Muhammad saw.
d. mengetahui cara dan keuntungan shalat.
e. menjaga tawajuh/konsentrasi di damam empat rukun, yaitu ketika berdiri atau qiyam; rukuk, sujud, dan duduk.
f. ikhlas mengerjakan shalat karena Allah Swt. semata dan tidak karena riya' (ingin dipuji atau dikihat orang lain).#Masyaallah tabarakallah📌
#Hijrah never ending procces😉
KAMU SEDANG MEMBACA
Hijrah never ending procces (END)
RandomFree copy paste, and share for all social media✨️ Berisikan kutipan kutipan islami, quotes, yang diambil dari berbagai macam sumber sebagai penyemangat hijrah🤍 Bismillah semoga bermanfaat untuk kita semua ~Sebarlah kebaikan selagi masih hidup karen...