Hari kelulusan adalah hal yang dinantikan setiap siswa tingkat akhir. Hari yang biasanya dipenuhi coretan di seragam, sorakan di lapangan, air mata saat sesi pidato kepala sekolah dan guru guru yang telah mengajar selama belajar di SMA, dan prom party.
2 jam sudah pidato pidato dari kepala sekolah dan guru guru bergema di seluruh aula. Bersaut sautan dengan suara isak tangis dari murid murid yang hadir di tempat. Kecuali Kayra.
Bukan karena ga terharu, cuma orang di sebelahnya tiba tiba nangis kenceng bikin dia ga jadi nangis dan sekarang nahan ketawa sambil nutupin mulutnya biar ga kelepasan.
Dosamu numpuknya makin banyak Kayra.
---
Setelah pidato kepala sekolah dan guru guru selesai, murid murid pun membubarkan diri. Ada yang main coret seragam, ada yang nonton band di lapangan, ada yang ngungsi ke kantin buat ngerumpi, ada yang lagi berdua duaan sama pacarnya, dan ada yang lagi gabut.
Yap, Kayra lagi gabut, duduk di pinggir lapangan sambil ngeliatin kerumunan orang. Kenapa sih setiap kelulusan Kayra akhirnya sendiri lagi sendiri lagi, bosen tau sendirian.
Dan karena Kayra ga tau mau ngapain lagi, akhirnya dia ngeluarin surat "congratulation" yang kemarin dia dapet. Dipandangin sampe ga sadar Kayra malah ngelamun sambil senyum senyum.
Dan karena saking fokusnya ngelamun Kayra ga sadar kalo dari tadi ada yang ngeliatin dia. Dan orang itu adalah... Mira. Jadi tadi itu Mira sama temen kelasnya main coret coret seragam, dan ga sengaja ngeliat Kayra yang lagi duduk sendirian di pinggir lapangan kaya anak hilang.
"Kay... Kayra... Kaykay... Rara... Heh! Kamu mau ngelamun sampe kapan sih?" Mira pun ngomong setelah 10 menit ngeliatin Kayra.
"Hmm? Loh kok kamu disini Mir? Dari kapan?" Mira cemberut.
"Menurutmu dari kapan aku disini? Daritadi tau ga. Lagian kamu ngelamunin apaan sih?" Kayra mangut mangut, habis itu langsung nunjukin senyum jahil yang kalo kata Mira cuma bikin sakit mata.
"Mira kepo ya..." Mira pengen makan Kayra rasanya. Sambil melotot Mira nunjuk muka Kayra pake jari telunjuknya.
"Hm... Hm... Jadi gini, liat deh ini." Kayra nunjukin surat yang dia pegang daritadi, Mira naikin sebelah alisnya.
"Kemaren aku dapet ini." Kayra senyum senyum sambil goyang goyangin tangan Mira.
"Terus?" Mira ga paham apa yang bikin Kayra sampe seseneng ini Cuma karena dapet surat.
"Siapa tau kan ini surat yang ngasiin Raehan gitu hehe..." Kayra cekikikan malu malu, Mira ngeliatin Kayra seolah olah Kayra adalah botol plastik yang di masukin ke tong sampah organik.
"kamu ngomong apasih, ngayal mulu. Ini tuh aku yang naro di atas meja kamu. Masa kamu ga ngenalin kalo ini tulisanku? " senyum Kayra hilang seketika. Sekarang giliran Mira yang ketawa ngeliat muka Kayra yang kecewa.
---
jam 5 sore, lapangan sekolah yang tadinya rame sekarang udah sepi, kenapa? Ya karena murid murid dan guru sekalian udah pada bubar dari beberapa menit yang lalu. Ada yang pulang, ada yang masih nunggu bus, ada yang langsung pergi ke mall buat nyalon, ada yang lagi ngerumpi, dan ada yang lagi lagi ga tau mau ngapain.
Disini Kayra dan Mira lagi nunggu mama Kayra buat ngejemput dia. Sebenernya Mira bisa pulang daritadi karena dia bawa motor sendiri, tapi karena kasian sama Kayra yang harus nunggu sendiri Mira pun berbaik hati buat nemenin Kayra sampa mamanya dateng.
"Kay, tadi aku ngeliat anak kelasmu coret coret seragam, kok kamu ga ikutan?" Mira nanya karena daritadi mereka Cuma diem dieman karena Kayra ngambek.
"Bakal disumbangin." Mira ngangkat sebelah alisnya lagi.
"hah?" Kayra ngehela nafas.
"Seragamnya mau disumbangin sama mama. Baju aku masih bagus, sayang kalo dicoret, jadi mau dikasiin keorang yang semisalnya butuh."
"Wow. Tante Karin emang deh ibu peri banget. Udah cantik, baik, berpikir ke depan lagi. kok bisa sih anaknya beda banget." Kayra ga nanggepin Mira lagi.
"Tapi ya Kay, kok bisa sama sih kaya Raehan." Mata Kayra otomatis natap Mira minta penjelasan.
"Tadi tuh anak kelas pada ngajakin dia buat nyoretin seragam gitukan, ditolak sama dia. Pas ditanya kenapa, katanya mau disumbangin." Ngedenger apa yang Mira bilang Kayra tiba tiba inget kata kata mamanya semalem.
-flashback-
"Kay ini seragammu masih bagus, besok jangan dicoretin ya. Mama mau sumbangin ke panti asuhan. Tante Ratna juga mau sumbangin seragamnya Rere." Kayra yang lagi tiduran sambil main handphone di kasur cuma mangut.
"Kamu mau ikut ga?" Kayra ngeliat ke mamanya.
"bertiga doang perginya?" Mama Kayra ngangguk.
"Ga deh ma. Mama pergi aja sama Tante Ratna berdua."
-end of flashback-
Kayra ngerasa ada yang aneh disini tapi karena terlalu males buat mikirin lebih lanjut akhirnya Kayra milih buat ga peduli, bodo amat, dan saudaranya.
Lagian yang milih buat nyumbangin seragam ga cuma mereka doang. Jadi kenapa, perihal Kayra yang bakal nyumbangin seragamnya harus berhubungan sama Raehan yang juga nyumbangin seragamnya.
Udahlah Kayra males.
---
KAMU SEDANG MEMBACA
My 10 Years Love
Teen FictionCerita klasik Tentang Kayra yang memendam rasa pada Raehan. Hingga 10 tahun kemudian, akankah perasaan itu tersampaikan? cerita ini ditulis dengan semi-baku alurnya tidak semulus pantat bayi dan beberapa bagian tidak jelas untuk hiburan