Apasih cermin itu?
Jadi
Fiksi Mini atau Cermin (Cerita Mini) didalam bahasa Inggris fiksi ini disebut Flash Fiction, namun di Indonesia ada beberapa macam sebutan untuk fiksi ini seperti Fiksi mini, Cerita mini atau Cermin, cerpen singkat, bahkan ada pula yang menyebutnya cerita kilat.Cerita Mini merupakan karya fiksi yang lebih singkat dan lebih ringkas dibandingkan dengan cerita pendek atau cerpen. Umumnya cerita mini ini terdiri dari kisaran 250 kata hingga 1.000 kata. Sangat jauh berbeda dengan Cerpen yang biasanya terdiri dari 1.000 hingga 10.000 kata dalam satu cerita. Memang sebenarnya tidak ada patokan jumlah kata dari cerita mini ini, namun justru banyak para penulis yang merasa tertantang untuk menulis cerita mini yang ceritanya kurang dari 250 kata.
Banyak yang beranggapan bahwa justru dalam keterbatasan kata dalam fiksi mini, penulis merasa tertantang untuk menyelesaikan sebuah cerita tanpa ada bagian-bagian yang tertinggal dan tidak terjelaskan.
Walaupun memiliki susunan kata yang singkat, sebuah fiksi mini merupakan satu cerita yang utuh, bukan hanya sekadar penggalan. Fiksi mini harus tetap mengandung unsur pembangun dalam cerita seperti awalan, isi, dan penutup. Fiksi mini juga memiliki unsur-unsur intrinsik karya sastra di dalamnya seperti penokohan, setting atau latar, konflik, serta penyelesaian di bagian akhir.
Lalu apakah letak perbedaan antara fiksi mini dan cerita pendek adalah pada panjang tulisannya? Benar. Biasanya selain panjang tulisan, fiksi mini—apalagi yang kurang dari 250 kata—menggunakan pemilihan kata yang to the point dan tidak bertele-tele. Lagi-lagi hal ini disebabkan karena keterbatasan kata, tidak seperti cerita pendek yang jauh lebih panjang. Fiksi mini biasanya lebih terfokus pada tema dan alur cerita yang sudah mencakup gambaran pertama, konflik, dan penyelesaian. Namun ada juga fiksi mini yang fokus pada pemilihan kata karena penulis suka menggambarkan situasi sehingga pembaca dapat merasa lebih bersatu dengan cerita. Kedua tipe bercerita ini sama-sama diperbolehkan di dalam penulisan fiksi mini, karena bergantung pada kenyamanan penulis sendiri.
KAMU SEDANG MEMBACA
Kepenulisan ( Dasar-dasar Menulis Karya )
RandomBerisikan bermacam macam materi tentang kepenulisan yang diambil dari berbagai sumber. Bagi pemula seperti saya mungkin ini sangat bermsnfaat. #1 in cermin 22 /1 - 12/3-2022 #2 in belajarmenulis 23/8/2022