🌺 Trik menulis dengan menargetkan waktu 🌺
Kebanyakan penulis pemula sering kesulitan untuk makan nbagi waktunya bukan!
Sayapun juga begitu, tapi saya sadar jika saya tidak bertindak saya tidak akan maju! benar tidak?
Maka dari itu saya mulai menggunakan 4 trik ini untuk menulis.1. Manfaatkan waktu saat menunggu
Dalam kehidupan sehari-hari paski kita semua sering menunggu bukan? menunggu apapun itu. Misal: menunggu jam pelajaran , _fotocopy-an_, menunggu antrian, menunggu jemputan, menunggu hidangan, menunggu doi peka(^.^) ataupun menunggu sang jodoh datang. Uppsss keceplosan_-.
Kalau kata Zivilia, menunggu adalah sesuatu yang sangat menyebalkan. Iya, bukan?
Nah, maka dari itu isilah waktu yang menyebalkan itu untuk menulis. Tulis apa saja yang ada di otak, seperti: pengalaman harian atau pribadi, pengamatan kita, quotes, puisi, bahkan curahan hati kita sendiri. Dijamin, saat-saat menunggumu tidak menyebalkan lagi kaya ketemu mantan tersayang jalan sama pacar_-. Wkekwkw menunggu memang tidak enak bukan😊2. Curi Waktu yang Kamu Gunakan untuk Dunia Maya
Jaman sekarang siapa coba yang tidak memiliki media sosial ? Banyak bukan waktu yang terbuang hanya untuk aplikasi- aplikasi tersebut? Bahkan mungkin ada yang sampai belasan jam hanya untuk chatingan ataupun hanya melihat-lihat tren jaman kekinian.
Kan kan, daripada gak jelas gitu mending waktunya digunakan untuk menulis bukan lebih bermanfaat dan juga lebih memperdalam ilmu kepenulisan kita. Coba bandingin sama kita nge-stalk mantan, liatin mimi peri curhat, liatin oppa-oppa lagi joget (walau sesekali ku juga liatin oppa) dengan kita menulis. Liat perbedaannya semua itu pakai modal kuota broo sedangkan menulis kan free. Jadi bisa lah di kurangin waktunya buat nulis biar hemat_-.
wkwkw3. Membuat Jadwal Harian
Ini paling cocok buat kita yang memang sudah jelas jadwal kesehariannya seperti kerja, sekolah, belajar, dan santai-santai sama istri/suami.
Jadi kita bisa menyelipkan sepenggal waktu untuk menulis titengah-tengah padatnya jadwal kita sehari-hari.
Contohnya:
4:45 = Salat subuh
5:00 = Menulis
5:30 = Beres-beres
6:00 = mandi dan bersiap sekolah
6:45 = sekolah
Dst.4. Membuat Target dalam Menulis.
Saya mempunyai dua cara untuk membuat target:
Yang pertama: Kita membuat sebuah penargetan waktu dalam sehari. Maksudnya gini kita memiliki 24 jam waktu normal dalam sehari, dan kita menargetkan 1-2 jam sehari. Waktu itu bisa dibagi-bagi saat kita senggang misal saat istirahat atau apapun itu bisa dibagi 30 menit setiap istirahatnya atau 1 jam setiap istirahatnya.
Yang Kedua: kita beri target seberapa banyak tulisan yang akan kita buat. Misalnya, tiga lembar dalam sehari.
Dan itu jangan dilanggar alias wajib untuk menjaga konsisten diri sendiri.Jangan takut untuk menentukan hukuman buat diri sendiri jikalau melanggar apa yang sudah ditetapkan. Agar semua berjalan lancar dengan tentunya membuat diri sendiri lebih bertanggung jawab.
Nah, itu dia 4 Trik menulis dengan menciptakan waktu
Segitu aja yang saya bisa jelaskan jika ada salah kata atau banyak kekutangan saya sebagai Author meminta maaf.
Jika ada kesamaan materi tolong dimaklumkan warna saya juga masih ndapatkannya dari internet dan saya ganti kata-katanya supaya lebih gampang dimengerti.
Sekian terimakasih
Jumpa lagi di materi selanjutnya
KAMU SEDANG MEMBACA
Kepenulisan ( Dasar-dasar Menulis Karya )
RandomBerisikan bermacam macam materi tentang kepenulisan yang diambil dari berbagai sumber. Bagi pemula seperti saya mungkin ini sangat bermsnfaat. #1 in cermin 22 /1 - 12/3-2022 #2 in belajarmenulis 23/8/2022