penggunaan tanda baca (,)

193 11 1
                                    

🌺🌺🌺
Penggunaan Tanda Baca Koma (,)
🌺🌺🌺

  Pada part sebelumnya saya sudah bahas tentang penggunaan tanda baca titik (.) bukan? Nah sekarang saya akan bahas penggunaan tanda baca koma (,) nih!
Gimana sih pemakaian tanda baca koma (,) ? Mari kita simak penjelasan berikut.


🪴°'''°🪴


   Dari sekian banyak tanda baca, koma merupakan salah satu tanda baca yang sering digunakan dalam berbagai macam tulisan. Secara umum, tanda baca koma biasanya digunakan untuk menandai jeda kalimat. Tanda koma sebagai jeda kalimat, umumnya dibaca dengan cara berhenti sejenak untuk mengambil napas lalu diteruskan dengan kata-kata setelahnya.

  Selain sebagai jeda kalimat, terdapat berbagai macam penggunaan tanda koma dalam penulisan yang tidak kalah penting. Mulai dari penggunaan tanda koma dalam penulisan alamat lengkap, nama dan gelar pendidikan seseorang, penulisan tanggal, hingga digunakan setiap penulisan kata dengan arti yang sama.

   Penggunaan tanda koma ini perlu diketahui dan dipahami dengan baik. Sebab, setiap fungsi kegunaan yang berbeda memungkinkan letak tanda koma yang berbeda pula. Jika penggunaan tanda koma tidak diperhatikan dengan baik, bisa mengurangi pemahaman makna dari kalimat yang dituliskan.

🍁

Ada beberapa cara menggunakan tanda baca koma, apa sajakah itu? Ini dia:

1. Diletakkan di Tengah Kalimat

  Tanda koma (,) sangat sering digunakan pada tengah-tengah kalimat. Nah, tanda koma (,) biasanya dipakai dalam suatu perincian atau pun penyebutan bilangan. Untuk penempatannya ada di belakang kata yang mengikutinya.

Contoh:

- Satu, dua, tiga, … mulai!

- Ayah membeli beberapa alat untuk berkebun seperti cangkul, sabit dan juga alat lainnya.


2. Perbandingan Kalimat

  Tanda koma berperan dalam membentuk sebuah kalimat perbandingan. Tanda ini dipakai memisahkan kalimat yang setara yang didahului kata yang menunjukkan perbandingan seperti tetapi, namun, atau melainkan.

Contoh:

   Wahana wisata itu sungguh menyenangkan, namun cukup berbahaya bagi anak-anak.


3. Memisahkan Anak Kalimat dengan Induk Kalimat

  Tanda koma juga dipakai untuk memisahkan anak kalimat dari induk kalimatnya. Dengan catatan, jika anak kalimatnya mendahului induk kalimat.

Contoh:

  Jika tempatnya terlalu sempit, kita tidak akan gunakan tempat itu.


4. Pemisah Partikel

  Tanda koma dipakai untuk memisahkan partikel dengan inti kalimat. Partikel ini bukan seperti partikel di materi IPA ya. Partikel dalam  bahasa Indonesia seperti oh, ya, hmm, wah, aduh, dan bentuk lainnya.

Contoh:

- Wah, ternyata pemandangan di sini tak kalah indahnya!

- Hmm, baiklah kalau seperti itu.


5. Kata Penghubung Antarkalimat

  Kamu wajib meletakkan tanda koma di belakang kata atau ungkapan yang menjadi penghubung antarkalimat. Kata atau ungkapan tersebut misalnya oleh karena itu, namun, akan tetapi, maka dari itu, dan meskipun begitu.

Kepenulisan ( Dasar-dasar Menulis Karya  )Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang