Cita-cita dan Cinta

384 35 34
                                    

Waktu kecil Seungyoun nggak pernah punya cita-cita. Setiap ditanya mau jadi apa besar nanti, pasti nggak pernah jauh-jauh dari jadi maling atau rampok.

Nggak paham siapa yang ajari. Mungkin karena keseringan main polisi-maling sama anak-anak sekitar dan dia selalu kebagian jadi si maling yang dikejar-kejar, jadi dia seneng.

Dikira maling sejenis artis mungkin yang banyak pengikutnya.

Itu waktu kecil. Ya kisaran kelas 1 SD lah. Lebih gede dikit, jiwa bandelnya mulai menonjol. Makin nggak ada cita-cita tiap ditanya mama. Menurun dari abangnya yang udah SMP. Sampai pusing mama mereka. Punya anak 2 tiap ditanya kalau besar mau jadi apa, sama semua jawabannya. Batu. Biar nggak usah ngapa-ngapain.

Kena aliran sesat dari mana mereka ini? Kecil di gedein kok gede mau jadi batu. Tau gitu mama kutuk dari bayi merah langsung kan. Nggak rugi ngasih makan sampai belikan susu segala.

Tapi seiring waktu, anak tertuanya mulai nemuin minat mau jadi pro basketball player. Hamdallah.

Nah tinggal si bontot nih yang masih abu-abu. Habis nonton harry potter bilang mau jadi penyihir. NO! Ibu mana yang relain anaknya jadi dukun. Nggak boleh.

Trus ikut ayahnya nonton dokumenter national geograpic bilang mau jadi tukang foto singa.

Ada juga lebaran dibawa ke rumah saudara lihat anak bude jadi dokter bilang mau jadi dokter.

Udah seneng nih mamanya. Akhirnya ini anak ada kemajuan cara berpikir. Tapi besok paginya pulang sekolah nangis bilang nggak mau jadi dokter.

Waktu ditanya kenapa, dia bilang cerita didepan kelas kalau mau jadi dokter. Tapi sama temen-temennya ditanya, kalau pas operasi trus pasiennya mati kamu bunuh orang dong. Nangis kejer semaleman. Sampai abangnya yang cuek harus turun gunung nenangin nih bocil satu.

Mama tiba-tiba sakit kepala. Emang semua dokter bakal ngelakuin tindakan operasi gitu? Emang kalo operasi pasti mati pasiennya? Lah kasian amat. Itu berobat apa nyerahin diri buat dibunuh? Tapi ya udahlah. Namanya juga anak SD. Mana nyampe mikirnya ke sono.

Naik kelas, sekolahnya ngadain kunjungan edukasi ke maskapai penerbangan. Disitu Seungyoun ketemu mbak-mbak pramugari cantik yang kalo jaman sekarang masuk kategori glowing, shimmering, splendid squad. Pokoknya bersinar kaya dewi quan in baru turun ke bumi.

Pulang-pulang bilang ke mama mau jadi pramugari. Mamanya yang udah capek sama cita-cita absurd anaknya iyain aja. Palingan besok juga berubah lagi.

Bener. Nggak sampe seminggu dia ngambek. Kata temennya di kelas jangan jadi pramugari. Nanti mati muda kalau pesawatnya jatuh.

Ya kali tiap hari ada pesawat jatuh. Kasian tim sar sama bnpb-nya bambang.

Sampai akhirnya mama udah nggak peduli anaknya mau jadi apa besar nanti. Yang penting sekolah yang bener aja dulu. Kalau udah pinter, nilai-nilai bagus, banyak peluang karir yang terbuka selama mau berusaha.

Seungyoun itu anak perempuan. Tapi nggak ada feminimnya sama sekali. Temen mainnya banyakan laki. Hobinya balap sepeda. Rambut bondol soalnya kalau udah keringetan rambut basah total. Mana nggak pernah mau keramas kalau mandi sore. Kan kesel. Dikira nggak bau kaos kaki bekas pakai apa itu kepala.

Dan dia selalu tertarik sama buku. Buku apa aja dia baca. Bahkan kumpulan puisi yang dia aja sebenernya selalu gagal di pelajaran menyusun prosa. Tapi minatnya yang satu ini patut diacungi jempol lah ya.

Dia juga cepat dan pandai membaca situasi.

Kalau main petak umpet biar nggak cepet ketahuan yang jaga, Seungyoun selalu ajak temennya tukeran baju di balik semak-semak. Jadi yang jaga selalu terkecoh dan dia nggak cepet mati di permainan.

Serendipity _ Ryeonseung GSTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang