19- Ummu Sulaim binti Milhan

3 0 0
                                    

🌼Ummu Sulaim binti Milhan🌼

Biografi singkat:
- Nama asli beliau adl Rumaysho.
- Beliau termasuk kalangan sahabat wanita Rasulullah SAW
- Merupakan ibu dari sahabat mulia yaitu Anas bin Malik
- Suami pertama beliau bernama Malik, kemudian menikah dengan Abu Tholhah.

Hikmah:
Beliau dikenal sbg wanita yg sangat penyabar, terutama krn sikap beliau dlm menghadapi kematian putranya.
Kala itu, ketika beliau mengetahui putranya meninggal ia tidak tenggelam dlm kesedihan dan tidak langsung memberitahu suaminya, Abu Thalhah.
.
Sebelum mengabari kabar pahit tsb, beliau berdandan dan menjamu suaminya dgn hidangan makan malam terbaik, kemudian melakukan hubungan suami-istri. Setelah selesai, beliau mengabarkan berita kematian putra mereka dgn cara yg sangat bijak dan perkataan yg mulia.
.
"Bagaimana pendapatmu jika ada suatu kaum meminjamkan sesuatu kepada salah satu keluarga, lalu mereka meminta pinjaman mereka lagi, apakah tidak dibolehkan untuk diambil?" Abu Tholhah menjawab, "Tidak." Ummu Sulaim, "Bersabarlah dan berusaha raih pahala karena kematian puteramu."
.
Hakikat bahwa segala sesuatu yg kita miliki termasuk diri kita adl titipan Allah, merupakan poin yg sangat penting untuk diingat. Sehingga, dlm menghadapi kerugian dan kehilangan, kita bisa mengambil sikap terbaik.
.
Belajar dari kisah singkat beliau, semoga kita bisa belajar lebih lapang dada dan tidak tenggelam dlm kesedihan apabila mengalami kehilangan, serta tidak lelah dalam berprasangka baik pada Rabb kita. amiiin.

Sumber :
Kisah Shohabiyah

Instagram : @liaa.fath
Facebook : Yulia Fathmah

Kisah Wanita TeladanTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang