Asma’ Binti Umais adalah shahabiyah golongan pertama yang dikenal kritis lagi tegas. Asma’ adalah istri dari 3 laki-laki hebat. Yaitu Ja’far bin Abi Thalib yang gugur pada Perang Mu’tah pada 8 H, Abu Bakar as-Shiddiq yang wafat karena sakit pada 13 H, dan Ali bin Abi Thalib yang wafat karena ditikam pada 40 H.
•
Namanya Asma’ Binti Umais bin Ma’ad bin Tamim bin al-Haris bin Ka’ab bin Malik bin Quhafah, dan dipanggil dengan nama Unnu Abdilah.
Asma’ binti Umais dan suaminya, Ja’far bin Abi Thalib merupakan golongan pertama yang memeluk Islam. Mereka hijrah dan dikejar kafir Quraisy hingga hidup di Habasyah (daerah Afrika). Di sana, Asma’ melahirkan ketiga putranya, yaitu Abdullah, Muhammad, dan ‘Aun bin Ja’far bin Abi Thalib.
Pada tahun ke-7 H ketika Rasulullah SAW dan kaum muslim hijrah ke Madinah, Asma’ beserta Ja’far dan ketiga anaknya kembali dan tiba di Madinah bersamaan dengan kemenangan kaum muslimin dalam Perang Khaibar. Rasulullah menyambut kedatangan mereka dengan suka cita.
Kemudian Ja’far ikut berperang dan menjadi panglima menggantikan Zaid bin Haritsah di Perang Mu’tah, yang kemudian gugur seperti Zaid sebagai syahid membela agama Allah SWT. Asma’ sangat sedih saat mendengar kabar itu.
•
Selang beberapa waktu, setelah masa iddah, Asma’ dilamar dan menikah dengan Abu Bakar as-Shiddiq sampai Abu Bakar tutup usia. Satu riwayat menyatakan bahwa Asa’ yang menandikan jenazah Abu Bakar. Bersama Abu Bakar, Asma’ melahirkan seorang putra yang bernama Muhammad.
Tak lama menjanda, Asma’ kembali dilamar dan menikah dengan Ali bin Abi Thalib yang sudah lama menduda karen wafatnya Fatimah putri Rasulullah, Asma’ sendiri sudah mengenal Ali karena Ali adalah adik Ja’far , suami pertamanua. Bersama Ali, Asma’ melahirkan dua orang anak, yaitu Yahya dan ‘Aun bin Abi Thalib. Saat menikahi Asma’, Ali belum menjadi khalifah.Referensi:
https://republika.co.id/berita/dunia-islam/khazanah/15/12/16/nzfgdj301-asma-binti-umais-janda-perang-yang-dimuliakanInstagram : @liaa.fath
Facebook : Yulia Fathmah
KAMU SEDANG MEMBACA
Kisah Wanita Teladan
SpiritualBismillahirrahmanirrahim Assalamualaikum warahmatullahi wabarokaatuh Kisah Shohabiyah teladan bagi para muslimah 💟 Disini saya merepost kisah-kisah inspiratif yang pernah saya baca. Insyaa Allaah bermanfaat bagi semua. Rugi jikalau kita tak tahu ak...