18- Ummu Haram binti Milhan

5 0 0
                                    

🌼 Ummu Haram binti Milhan ra., (Wanita Perindu Surga) 🌼

Ummu Haram binti Milhan bin Khalid, seorang wanita Anshar yang berasal dari suku Najjar dan lebih dulu masuk Islam serta berbaiat kepada Rasulullah Saw. Ummu Haram termasuk tokoh wanita terkemuka karena peran-perannya yang sangat besar.

Ia disebut “syahiidatul bahr” (wanita syahid di laut) yang selalu merindukan surga Allah SWT, sehingga Rasulullah saw. memberinya kabar gembira bahwa dia akan mati syahid di jalan Allah “Azza wa Jalla.

Setelah memeluk Islam dan kekuatan iman telah merasuk di dalam lubuk hatinya, Ummu Haram ra. dan semua penduduk Madinah yang sehati dengannya tidak sabar menanti hari kedatangan Rasulullah saw. dari perjalanan hijrahnya ke Madinah untuk menambah suasana semakin semarak dan terang benderang.

Ummu Haram ra. hidup di periode awal Islam di tengah orang-orang yang paling mulia setelah para nabi dan rasul, yakni kalangan sahabat-sahabat Rasulullah saw., baik itu laki-laki maupun perempuan yang telah menunjukkan semua nilai kebaikan.

Hari demi hari terus berlalu. Ummu Haram ra. meniti anak tangga kemuliaan yang terus membuatnya pada posisi yang lebih tinggi, hingga pada suatu hari Allah SWT memberinya anugerah yang sangat besar, yakni menikah dengan seorang laki-laki yang pernah disebut oleh Umar bin Khaththab ra., “Sesungguhnya dia setara dengan seribu tentara.” Laki-laki tersebut adalah Ubadah bin Ash-Shamit ra.

Ummu Haram ra. memiliki keistimewaan-keistimewaan yang mengalirkan berkah dan menunjukkan kemuliaan. Di antaranya adalah dia hafal dan menguasai hadis Rasulullah saw. dengan baik. Ummu Haram ra, meriwayatkan lima hadis.

Masih banyak lagi keistimewaan-keistimewaan Ummu Haram ra., seperti suka memberi dan sangat mengutamakan Rasulullah saw., serta memberi pelayanan yang sangat baik kepada beliau setiap kali beliau berkunjung ke rumahnya.

Sumber :
Kisah Shohabiyah

Instagram : @liaa.fath
Facebook : Yulia Fathmah

Kisah Wanita TeladanTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang