Dalam kesempatan kali ini kami akan menyampaikan materi tentang dialog tag. Karena dialog tag itu adalah dasar yang harus dikuasai. Mungkin selama penyampaian materi ini, akan ada kekurangannya. Jadi mohon dimaklumi.
Kita semua sama-sama belajar di sini!
So, sebelumnya apakah kalian sudah tahu dialog tag itu apa?
Q: Apa itu dialog tag?
A: Dialog tag adalah frasa yang mengikuti dialog, yang menginformasikan identitas si pengucap dialog.Frasa: adalah gabungan dua kata atau lebih yang memiliki makna.
Jelasnya, dialog tag adalah sebuah kata yang masih menyambung dengan kalimat setelah tanda baca ("). Umumnya dialog tag ditandai dengan kata "ujar", "ucap", "kata".
Contohnya?
A) "Shin membenciku," ujar Alva.
B) Yara berkata, "Mereka kasar."Jika dialog tag-nya ada di akhir, maka akhiri dialog dengan tanda baca koma seperti contoh (A).
Dan jika dialog tag-nya berada di awal seperti contoh (B), maka akhiri dialog tag-nya dengan tanda koma dan akhiri dialog dengan tanda titik atau tanda tanya/seru (jika dialognya berupa kalimat tanya atau sebuah seruan.)
Tapi, kita juga perlu memperhatikan mana yang merupakan dialog tag atau bukan dari contoh (B).
Seperti contohnya.
C) "Kemarin aku melihat Toji mengemis." Kai menatap Mela dengan serius.
D) Mata Sheina menatap Syasya malas. "Kemarin aku melihat Nanami bermain seluncuran bersama Mahito."
Nah, untuk contoh (C) dan (D) tidak termasuk ke dalam dialog tag melainkan sudah masuk ke dalam dialog aksi.
Namun, dari contoh (C) dan (D) yang sudah dilampirkan di atas, bisa juga termasuk ke dalam dialog tag jika, diikuti dengan kata-kata yang menunjukkan bahwa itu adalah dialoh tag.
Contohnya.
E) Gita terkekeh kemudian berucap, "Kasihan sekali Levi kena kecap."
Kemudian, apa-apa saja kata-kata yang menunjukkan jika kata itu adalah dialog tag?
1. Dialog tag Netral
-ujar
-salam
-celetuk
-ucap
-desak
-kata
-pamit
-tanya
-pungkas
-tegasContohnya:
F) "Sudahkah kamu berhalu hari ini teman?" tanya Aini.
G) Dina menyeletuk, "Dia tidak nyata."
2. Dialog tag Netral sebagai respon
-sahut
-lanjut
-jawab
-tawar
-tolak
-sambut
-sanggah
-imbuh
-balas
-bantahContoh:
H) Teresa menjawab, "Aku lupa jika hari ini adalah jadwalku untuk galauin mas Hae."
I) "Saya tidak pernah cepu!" bantah Coco tegas.
3. Dialog tag Ada Emosi
-sindir
-hina
-gerutu
-sungut
-rengek
-tekad
-resah
-cemooh
-ejek
-candaContoh:
J) "Bakugo itu kalem," canda Lia.
K) Rei menggerutu, "Naoya selalu seperti itu."
4. Dialog tag Emosi Bernada Rendah
-bisik
-gumam
-decak
-desah
-rintih
-desis
-sesal
-ulang
-lirih
-racauL) "Pacarmu gepeng," bisik Berry.
5. Dialog tag Emosi Bernada Tinggi
-jerit
-geram
-usir
-bentak
-berang
-hardik
-teriak
-tuduhM) "AKU TIDAK PEDULI!" teriak Shasya.
N) "Kurasa Alva pelakunya!" tuduh Laili.
Jadi, apakah sekarang kalian sudah paham mengenai dialog tag? Jika sudah, itu bagus sekali!
KAMU SEDANG MEMBACA
Buku || Materi FA
Random┌──── " 💭 „ └➤ Buku || Materi FA 。✑ ─────┐ ❝ Secuil ilmu sebagai penerangan di tengah kegelapan. Sebab khayal berkembang tanpa belajar. ❞ Kepada kalian yang ingin berkembang, buku ini menampung ilmu kepenulisan yang bisa kalian timba isinya! ©Fanf...