✎Tanda Baca (1)

52 9 0
                                    

Tanda baca adalah tanda yang digunakan dalam sistem ejaan. Tanda baca dapat membantu pembaca untuk memahami makna tulisan dengan tepat. Tanda baca sangat penting dalam penulisan, karena membantu untuk memahami makna tulisan tersebut.

Oleh karena itu, mempelajari tata cara penulisan tanda baca yang benar sangat penting. Agar kalimat dalam suatu paragraf mudah dipahami sehingga tidak terjadi kesalahan makna yang hendak disampaikan oleh penulis.

Sesuai dengan Ejaan Bahasa Indonesia Yang Telah Disempurnahkan (EYD), ada lima belas tanda baca yang lazim digunakan dalam penulisan, antara lain:

Tanda Titik (.)
Tanda Koma (,)
Tanda Titik Koma (;)
Tanda Titik Dua (:)
Tanda Hubung (-)
Tanda Pisah (—)
Tanda Tanya (?)
Tanda Seru (!)
Tanda Elipsis (…)
Tanda Petik ("…")
Tanda Petik Tunggal ('…')
Tanda Kurung ((…))
Tanda Kurung Siku ([…])
Tanda Garis Miring (/)
Tanda Penyingkat (')

1. Tanda titik (.)

➪ Tanda titik dipakai pada akhir kalimat pernyataan.

Contohnya:

Mereka duduk di sana.
Denji akan datang pada pertemuan itu.

➪Tanda titik dipakai di belakang angka atau huruf dalam suatu bagan, ikhtisar, atau daftar.

Contohnya:

I. Kondisi Konoha setelah dibantai Kawaki
    A. Bahasa Indonesia
      1. Kedudukan manusia
      2. Fungsi makan nasi
1. Patokan Umum
1.1 Isi Karangan
1.2 Ilustrasi
1.2.1 Gambar Tangan

Catatan:

(1) Tanda titik tidak dipakai pada angka atau huruf yang sudah bertanda kurung dalam suatu perincian.

Contohnya:

Hal yang harus dipersiapkan sebelum berpergian.

1) niat
2) bawa barang yang diperlukan
3) tiket tau kendaraan
4) makanan ....

➪Tanda titik dipakai untuk memisahkan angka jam, menit, dan detik yang menunjukkan waktu atau jangka waktu.

Misalnya:

pukul 01.35.20 (pukul 1 lewat 35 menit 20 detik atau pukul 1, 35 menit, 20 detik)

01.35.20 jam (1 jam, 35 menit, 20 detik)

00.20.30 jam (20 menit, 30 detik)

00.00.30 jam (30 detik)

➪Tanda titik dipakai dalam daftar pustaka di antara nama penulis, tahun, judul tulisan (yang tidak berakhir dengan tanda tanya atau tanda seru), dan tempat terbit.

Contohnya:

Pusat Bahasa, Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Peta Bahasa di Negara Kesatuan Republik Indonesia. Jakarta.
Moeliono, Anton M. 1989. Kembara Bahasa. Jakarta: Gramedia.

➪ Tanda titik dipakai untuk memisahkan bilangan ribuan atau kelipatannya yang menunjukkan jumlah.

Contohnya:

Indonesia memiliki lebih dari 13.000 pulau.

Penduduk kota itu lebih dari 7.000.000 orang.

Anggaran lembaga itu mencapai Rp225.000.000.000,00.
Catatan:

(1) Tanda titik tidak dipakai untuk memisahkan bilangan ribuan atau kelipatannya yang tidak menunjukkan jumlah.

Contohnya:

Pada tahun 1998 telah lahir seorang bayi.

2022 akan diadakan piala dunia FIFA.

Nomor rekeningnya adalah 00187630197.

Buku || Materi FATempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang