FANFICTION/FIKSI PENGGEMAR
Fanfiction atau yang lebih dikenal dengan sebutan 'FF' atau 'fanfic' adalah cerita fiksi yang dibuat oleh penggemar. Setiap karya yang dibuat merupakan cerita tentang para tokoh nyata (aktor/aktris, penyanyi, idol, dan karakter terkenal lainnya) maupun dari tokoh fiksi (diambil dari cerita pendek, novel, film, dan sebagainya).
Sedangkan latar yang digunakan bisa diambil dari dunia nyata (RL-real life) maupun tidak nyata alias dibuat sendiri oleh penggemar, atau di luar dari latar yang dibuat dari sang pembuat karya asli (AU-Alternative Universe).
Namun, perlu digaris bawahi bahwa penulisan fanfiction jarang diberi kuasa oleh pemilik karya asli, pembuat, penerbit (jika tokohnya merupakan tokoh fiksi) ataupun oleh pemilik nama yang digunakan dalam cerita (jika tokohnya merupakan individu dalam kehidupan nyata).
Cerita-cerita yang dibuat juga hampir tidak pernah dipublikasikan secara profesional dan hanya dipublikasikan di internet. Karenanya, untuk menghindari tuntutan mengenai hak cipta, terdapat terms and conditions pada setiap fanfiction yang akan diterbitkan di internet di mana harus menambahkan sebuah pernyataan yang menyatakan bahwa penulis fanfiction tidak memiliki hak atas tokoh-tokoh yang ada dalam cerita yang dibuatnya atau yang biasa disebut disclaimer.
Selain menambahkan disclaimer-semacam pengakuan hak cipta untuk penulis aslinya-para penulis fanfiction juga dapat menghindari protes atau pertanyaan dari para fans lain dan para pembaca dengan memberikan catatan-catatan 'peringatan' atas cerita yang mereka buat ataupun improvisasi yang mereka gunakan dalam karya-karyanya.
Banyak pula dari mereka yang mengubah sebagian besar atau keseluruhan isi cerita dari sebuah film, novel, cerita pendek, dan sebagainya demi kepentingan cerita.
Pasalnya, tak jarang para penulis fanfiction menyertakan tokoh karangan buatan sendiri sebagai salah satu karakter untuk menjadi bagian dalam cerita (OC-Original Character) di dalam fanfiction mereka. Akan tetapi, ada pula yang tidak menyertakan tokoh OC dan hanya menggunakan tokoh-tokoh yang sudah ada.
Fanfiction merupakan sebuah art-project yang menyenangkan bagi para fans yang berhubungan dengan karakter ataupun selebritis pujaan mereka. Karena tak jarang para penggemar kecewa dengan cerita yang dibuat oleh penulis asli atau kehidupan yang dijalani oleh karakter favorit mereka. Sehingga, dengan menulis fanfiction, para penggemar bisa dengan bebas mengekspos imajinasi mereka dan membuat cerita tentang karakter atau selebritis kesayangan mereka dalam versi mereka sendiri.
➪ Berikut Merupakan Beberapa Istilah Dalam Genre Fanfiction.
1. Rating
Rating adalah klasifikasi berdasarkan adegan-adegan, penggunaan bahasa, dan unsur-unsur lain yang berada dalam sebuah fanfiction. Para penulis fanfiction diharuskan menulis tahapan usia yang sesuai untuk membaca karya mereka. Biasanya didasarkan pada MPAA Rating atau Motion Picture Association of America yang digunakan dalam rating film.
Rating terdiri atas:
• G — General Audience
Kontennya tidak akan mengganggu siapa pun, dan cocok untuk segala usia.
• PG — Parental Guidance Suggested
Beberapa hal mungkin tidak sesuai untuk anak sehingga membutuhkan bimbingan dari orang tua.
KAMU SEDANG MEMBACA
Buku || Materi FA
Random┌──── " 💭 „ └➤ Buku || Materi FA 。✑ ─────┐ ❝ Secuil ilmu sebagai penerangan di tengah kegelapan. Sebab khayal berkembang tanpa belajar. ❞ Kepada kalian yang ingin berkembang, buku ini menampung ilmu kepenulisan yang bisa kalian timba isinya! ©Fanf...