✎Dialog Aksi

82 13 0
                                    

Dialog aksi adalah dialog yang diikuti dengan aktivitas atau melakukan sebuah aksi. Penulisan dialog aksi dapat dilakukan di awal kalimat maupun di akhir kalimat.

Contohnya:

A) Gojo mengambil sumpit lalu menatap balik lawan bicaranya. "Kita sudah membahas ini berapa kali? Aku sampai bosan sendiri asal kau tahu." (Aksi yang terjadi adalah mengambil sumpit dan menatap balik lawan bicara).

B) "Pembicaraan kita belum selesai." Geto bangkit dari duduknya seraya menjawab pertanyaan Gojo. (Aksi yang dilakukan adalah bangkit dari duduk).

Lalu, bagaimana cara penulisan dialog aksi yang benar?

Penulisan dialog aksi tidak jauh berbeda dengan penulian dialog tag. Hanya ada beberapa hal yang membedakan yaitu:

• Jika dialog aksi ditulis pada awal kalimat, maka setelah narasi diakhiri dengan tanda titik (.) seperti contoh A.

• Jika dialog aksi terletak di akhir paragraf, maka tanda titik (.) terletak pada akhir dialog sebelum tanda kutip(") seperti contoh B.

Jadi, yang membedakan penggunaan dilog tag dengan dialog aksi adalah pada penandanya. pada dialog tag menggunakan tanda koma(,) sedangkan pada dialog aksi menggunakan tanda titik(.) Selain itu, dialog aksi juga merupakan penjelasan aksi dari pengucap dialog.

Sekarang, sudahkah kamu mengerti mengenai dialog tag?

Buku || Materi FATempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang