Di dunia ini karakter manusia ada beraneka ragam.
Dan dalam proses pembagiannya hanya ada karakter yang baik dan karakter yang buruk.
Lalu, bagaimana caramu membagikan antara keduanya?
Apa standar pemilihanmu?
Mengapa demikian?Dalam hidup tidak hanya ada hitam dan putih.
Jika kamu masih terpaku pada penerapan hitam dan putih, itu berarti kamu masih terkurung dalam pemikiran kuno.
Baik dan buruknya seseorang tidak bisa dilihat dan dibedakan dengan dua pilihan saja. Sejak dahulu, orang jahat selalu di cap dengan warna hitam, sedangkan orang baik di cap dengan warna putih. Itu pemikiran kuno yang mungkin masih bertahan sampai sekarang ini.
Coba kamu lihat dan perhatikan baik-baik. Dunia ini sudah berubah. Dunia terlihat lebih terang di banding sebelumnya. Ada banyak warna yang bersinar.Yang aku tahu ada empat warna dasar yang ada di dunia ini. Hitam, putih, merah, dan biru. Jika hitam dan putih dicampurkan apakah akan menghasilkan warna yang berbeda? Tentu saja.
Dan apa hasilnya? Coba kamu tebak.Iya, benar. Abu-abu. Kadar pencampurannya pun bisa berubah-ubah. Jika kadarnya lebih banyak warna putih, akan menghasilkan warna abu terang. Lalu, jika kadarnya lebih banyak warna hitam akan berubah menjadi abu tua. Lalu jika kadarnya sama rata 50:50 akan berubah menjadi warna seperti apa? kamu pasti sudah bisa menebaknya kan?
Selain itu jika warna merah dan biru dicampurkan bisa berubah menjadi warna hijau. Kadar pencampurannya bisa disesuaikan sesuai selera. Warna apa yang ingin kamu hasilkan? Kamu bisa mencobanya. Setiap hasil yang diperoleh juga bisa dicampurkan dengan hasil pencampuran warna yang lainnya.
Begitupun dengan sifat manusia.
Setiap individu akan selalu memengaruhi orang lain. Tidak ada seorang pun yang bisa hidup sendirian.
Seperti apa dan bagaimana cara kamu menjalani hidup, itu semua ada di tanganmu sendiri. Hidup memang selalu mengandalkan orang lain, tapi dirimu sendirilah yang memegang kendali atas dirimu, bukan orang lain.Lingkunganmu akan membentukmu. Tindakanmu akan menjadi pilihan di setiap jalanmu. Dan di setiap pertemuanmu dengan orang lain akan selalu menumbuhkan sedikit demi sedikit perasaan yang akan kamu ingat. Entah itu perasaan yang membahagiakan atau kesedihan yang menyakitkan, semua itu akan selalu kamu ingat.
Dan setiap perjalanan hidup yang kamu lalui akan selalu menjadikanmu lebih baik, lebih kuat dari sebelumnya.Bagaimana kamu memandang orang lain?
Bagaimana kamu menilai dirimu sendiri?
Dan apa yang akan kamu lakukan kedepannya.
Bagaimana caramu menentukan pilihan selanjutnya.
Siapa saja orang-orang yang akan kamu percayai nantinya. Itu semua akan selalu menjadi pilihanmu. Itu hakmu untuk memilih, bukan orang lain. Dan dari setiap kejadian yang kamu alami, seperti itulah karaktermu terbentuk.Belajarlah memahami diri sendiri, lalu pahami orang lain. Dan percayai apa yang seharusnya kamu percayai. Karena hidup, tidaklah seburuk yang kamu pikirkan.
KAMU SEDANG MEMBACA
Existence Notion
HumorIni bukan cerpen apalagi novel, bukan juga komik atau artikel. Hanya satu dari beberapa pikiran yang tidak jelas, dan tidak harus anda baca. Namun jika tertarik, silakan berkunjung. kritik dan saran akan diterima. kalau hanya untuk mencela silakan...