Ararinda Griswalda, perempuan gigih berani dari hutan kelabu. Persis seperti makna namanya, ia tumbuh di tengah kehidupan yang memaksanya untuk membungkam trauma mengerikan yang ia alami sejak ia beranjak menjadi gadis remaja. Bersama mimpi buruk yang kerap hadir di tengah tidur, kerap pula ia hampir mengakhiri hidupnya sendiri. Rasa marah yang belasan tahun ia pendam sendirian, kesedihan yang ia peluk sendirian, dan keputusasaannya pada hidup membunuhnya pelan-pelan.
Satu-satunya alasan Ararinda bertahan hidup adalah karena kebaikan-kebaikan kecil yang dia temui sepanjang jalan dari orang-orang asing yang membuatnya percaya, "aku tidak pernah memiliki rumah tapi perjalanan selalu membuat aku merasa pulang."
Dan untuk pertamakalinya dalam hidup, semesta mengirim satu manusia yang meminta Ararinda untuk tidak mati. Manusia yang mengantarkan Ararinda pada kehidupan yang membuatnya hidup, melihat warna-warna cantik selain hitam dan abu-abu, dan yang membuatnya bernyawa untuk menikmati semesta.
"Pecahan-pecahan kaca di dalam kamarmu dibuang, ya. Kamu orang baik, jangan mati dulu."
Ararinda menemukan rumah tempatnya sembunyi dari dunia kecilnya yang penuh bentakan, makian, dan kekerasan. Rumah tempat ia menikmati malam tanpa mimpi buruk yang membuatnya hampir kehabisan nafas, rumah tempat ia menikmati teh jahe hangat setelah terlalu lama merasa dingin karena sepi, dan rumah tempat ia bisa menunjukkan tangisnya pada manusia lain setelah sepanjang hidup ia ratapi sendirian.
Sampai akhirnya di salah satu hari dimana matahari terbenam lebih lama, yang sinarnya menyirami kota mengubah semua menjadi warna jingga keemasan, semesta berbisik pelan,
"Waktunya pulang, Ararinda."
A B O UT
Writing : June 2022
Status : On going
P L A Y L I S T
Isn't It Strange - Api & Sarah Hemi
Seafret - Oceans
Stop Crying Your Heart Out - Oasis
Home - Reese Lansangan
The Only Exception - Paramore
Live and Do - Scaller
Runaway - Aurora
Half the world away - Oasis
Membasuh - Hindia
Anything You Want - Reality Club
Do I Wanna Know - Arctic Monkeys
505 - Arctic Monkeys
Metamodernity - Vansire
What If I Never Get Over You - Lady A
Hati - Hati di Jalan - Tulus
It'll be Okay - Shawn Mendes
Based on true story.
KAMU SEDANG MEMBACA
Menuju Bandung
Teen FictionNamanya Ararinda Griswalda, perempuan gigih berani dari hutan kelabu. Setapak demi setapak hidup yang ia jalani membuatnya sampai pada rasa 'hilang'. Ararinda menyukai perjalanan seorang diri, di stasiun, ruang tunggu pesawat, halte busway, taman k...