Meru natap penuh arti pada dua insan yang sedang melakukan akad nikah.
Ya, Meru jadi saksi disini.
Akad nikahnya diadakan di rumah mempelai wanita. Dimana rumah Nana yang jadi tempat buat acara nikahannya. Dan malemnya buat acara resepsi bakalan diadain di sebuah hotel.
Meru disini cuma mewakili papinya. Jefri dan Tyas gak mau dateng ke acara pernikahan yang gak mereka kehendaki.
Seperti yang dibilang Jefri waktu itu. Jefri bakalan nyumbang buat acara nikahannya tapi bukan buat hari setelah pernikahan. Biar Ijen bisa ngerasain gimana beratnya memikul tanggung jawab.
Pernikahan itu bukan sekedar ikrar janji sehidup semati. Tapi pernikahan itu tanggung jawab dunia akhirat. Gak main-main, tanggung jawabnya bukan kaleng-kaleng ini.
"... Bagaimana para saksi? Sah?"
"SAH!!"
"Alhamdulillah..."
Meru hembusin nafasnya panjang. Ketika kata sah sudah dikumandangkan pupus sudah kesempatan Meru buat ngegaet Nana lagi.
Janur kuning udah terlanjur melengkung berarti tiada ada kata buat menikung.
Mau gak mau Meru harus melepaskan walaupun kisahnya belum sempat ia mulai. Meru mencoba ikhlas dan berniat buat memperbaiki hubungannya dengan Hera yang sekarang ini entah ada di belahan bumi bagian mana.
Meru ninggalin tempatnya saat kedua pengantin itu saling tukar cincin dan mamerin buka nikah buat di foto sama fotografer nya.
Meru berdiri di teras dan pandangannya menerawang kearah rumah berpagar putih yang gak jauh dari tempatnya berada. Rumah itu kayak gak ada tanda-tanda kehidupan.
Sepi banget. Cuma ada kucing yang lalu-lalang nerobos pagar rumah itu. Tapi gak lama kemudian ada sebuah mobil berwarna hitam yang berenti didepan rumah itu.
Pemilik mobilnya turun dan ternyata itu hendery, lagi buka gembok pagar dan dibuka lebar-lebar biar mobilnya bisa masuk.
Mata Meru bener-bener gak beralih dari Hendery. Dari Hendery buka gerbang, masuk mobil lagi, keluar lagi sama istrinya, buka pintu belakang buat ngeluarin belanjaannya bahkan sampe hendery nutup gerbangnya lagi.
Segabut itu emang.
Meru hembusin nafasnya panjang. Kata andai terus berputar di kepalanya. Andai dia begini... Andai dia begitu...
Yang jelas kata andai yang bisa bikin kehidupannya berubah drastis.
***
Sah
Ijen udah sah jadi suaminya nana. Ijen natap nana yang cantik dalam balutan kebaya berwarna putih. Tapi sayangnya kayak ada yang kurang gitu.
Ya, yang kurang itu perasaannya ijen.
Perasaannya belum mantap buat mencintai nana seumur hidup. Jujur aja, di lubuk hati yang paling dalam nama hera masih tertancap dalam-dalam disana.
Ijen cinta sama hera, tapi dia juga harus bertanggung jawab sama apa yang udah dia perbuat sama nana.
Kalau ijen gak tanggung jawab dia bakal di penggal sama papinya. Karena laki-laki itu harus mampu mempertanggungjawabkan perkataan dan perbuatannya.
Ijen hembusin nafasnya lega, bukan karena berhasil ngucap akad nikah. Tapi lebih ke tekanan dari pandangan orang-orang di sekitarnya.
Banyak yang terang-terangan ngasih ijen tatapan meremehkan, tatapan merendahkan dan sebagainya.
Buat saat ini ijen emang gak punya apa-apa. Tapi ijen akan berusaha untuk kehidupan mereka berikutnya.
Ijen emang gak cinta sama nana. Tapi ada rasa ingin melindungi yang kuat buat nana. Dan ijen harap itu merupakan awal yang baik buat perasaannya kedepannya.
Tapi ijen tau, langkah yang dia ambil ini banyak menyakiti pihak lain.
Terutama hera dan Meru.
Yang tersakiti karena perasaan mereka satu sama lain.
Ijen natap nana yang sekarang lagi ngobrol sama tante-tante nya dan saudaranya yang lain. Ijen celingukan nyari abangnya ada di mana.
Jadi ijen pamit mau cari abangnya dulu. Mau ngobrolin hal-hal yang penting.
"Bang... "
Dan ijen nemuin Meru ada di ayunan halaman depan. Dari posisinya meru, meru bisa ngeliat rumah dua lantai dengan pagar putih itu. Rumah yang penuh kenangan.
Kenangan yang menyakiti hati hera.
"Ngapain disini?"
Meru noleh dan nemuin ijen yang duduk di sebelahnya. Untung aja ayunan nya cukup panjang. Jadi bisa muat buat dua orang segede bagong ini.
"Nyesel bang?"
Meru hembusin nafasnya panjang "banget"
Ijen nunduk ngeliat kakinya yang terbalut sendal jepit warna ijo "gue juga nyesel bang... Gue juga ikut andil buat ngancurin perasaannya dia"
"Tapi gue yang paling banyak nyakitin dia" saut Meru.
"Kita gak pernah tau apa yang ada didalam hati manusia. Entah dia emang beneran tulus memaafkan, entah cuma mau melupakan atau menyimpan ingatan juga kita gak tau. Mungkin hera emang tulus memaafkan kita, tapi ingatan dia tentang kisah menyakitkan itu gak akan pernah terlupakan"
Meru diem mencerna omongan ijen. Yang tumbenan banget bisa ngomong bijak kayk gini.
"Dia bahkan ngomong ke gue kalo suatu saat kita gak sengaja ketemu dia minta gue buat gak usah nyapa dia. Gak usah menganggap kalo kita pernah saling kenal. Dan itu berarti dia bener-bener mau ngelupain gue. Karena gue adalah sumber rasa sakitnya. Seenggaknya kalo gue jauh dari dia, dia bisa ngobati hatinya walaupun gue gak tau butuh waktu sebanyak apa" tambah ijen.
Perasaan Meru makin gak karuan. Kayak sesek banget dadanya.
"Kalo gitu kita tinggal nungguin karmanya dateng gak sih jen? Gue harap kalo karmanya cepet dateng gue bakalan cepet bisa ketemu dia lagi" harap Meru.
Ijen ngelirik abangnya itu "iya kalo cepet ketemu, kalo lo mati gimana?"
"Ya berarti gue harus nunggu sampe kehidupan berikutnya jen. I'll love her in every universe" kata Meru bersungguh-sungguh.
Dan ijen gak bisa berkata-kata lagi.
(≧(エ)≦ )
Haha gimana nihhh gaessss
Minggu, 19/06/2022
10:33 a.m
KAMU SEDANG MEMBACA
Bear Brand [ MarkHyuck GS ]
FanfictionSejak kecil bersama bukan berarti ketika dewasa mempunyai perasaan yang sama kan? Seo fam! ft Mark MarkHyuck GS! genderswitch area! don't like don't read! 🥑 18/02/2022